Tips Mengatur Gaji Agar Dapat Menabung dan Investasi

5 Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online
Pada saat ini banyak orang tidak dapat mengelola keuangannya. Hal ini menyebabkan banyak anak muda yang hidup boros.

Tips Mengatur Gaji Agar Dapat Menabung dan Investasi – Pada awal gajian, kamu dapat menikmati hidup kamu. Makan di restoran yang enak, dapat membeli barang yang kamu suka, kamu juga dapat jalan-jalan ke tempat yang ingin kamu kunjungi.

Sebenarnya kamu boleh-boleh menggunakan uang kamu. Namun, jika kamu tidak dapat mengelola uang dengan baik, bisa-bisa pada akhir bulan kamu sudah kehabisan uang.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tentunya kamu malah terpaksa meminjam uang kepada teman kamu. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada diri kamu bukan.

Oleh karena itu, kamu harus dapat mengelola keuangan dengan baik.Mengelola keuangan dengan baik akan membuat kamu untuk memenuhi kebutuhan setiap bulannya.

Baca juga :  Tips Mengatur dan Mengoptimalkan Stok Barang

Jika kamu dapat mengelola keuangan dengan baik, maka kamu juga akan terbebas dari pinjaman uang. Kamu sudah tidak perlu meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Seiring dengan berjalannya waktu, usia kamu akan bertambah. Pada masa usia muda saat ini, kamu harus pintar-pintar mengelola keuangan. Selain untuk memenuhi kebutuhan pada masa kini, kamu juga harus berpikir bagaimana cara untuk untuk menabung.

Tabungan ini sangat penting bagi kehidupan pada yang akan mendatang. Sebab kamu tidak akan mengetahui apa yang terjadi pada masa depan. Misalnya, seperti pandemi kemarin.

Tidak ada yang mengetahui bahwa akan terjadi wabah penyakit. Banyak karyawan yang terdampak dari situasi ini. Banyak pelaku bisnis yang  melakukan PHK pada karyawannya.

Jika hal ini terjadi pada diri kamu, setidaknya kamu sudah memiliki tabungan. Lantas bagaimana cara mengatur keuangan. Berikut ini Tips Mengatur Gaji Agar Dapat Menabung dan Investasi.

1. Membuat Dua Rekening untuk Kebutuhan Sehari-hari dan Tabungan

Tips Mengatur Gaji Agar Dapat Menabung dan Investasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk dapat mengelola gaji adalah membuat dua rekening yang berbeda untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan. Tujuannya adalah menghindari kamu menggunakan uang tabungan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan membuat rekening yang terpisah kamu juga dapat memperkiraan berapa uang yang kamu butuhkan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini juga akan menghindari kamu dari belanja barang-barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan.

Banyak orang yang lebih banyak mengeluarkan uangnya untuk membutuhkan barang yang mereka inginkan bukan yang mereke butuhkan. Karena tidak ada prioritas dan tidak memisahkan tabungan ini membuat uang kamu menjadi terkuras.

2. Tidak Menunda Pelunasan

Tips Mengatur Gaji Agar Dapat Menabung dan Investasi

Jika kamu memiliki cicilan maka kamu harus berkomitmen untuk tidak menunda pelunasan. Kamu juga harus menyiapkan anggaran tersendiri agar tidak menunda pelunasan.

Jangan sampai kamu menunda pelunasan kemudian berdampak pada pemblokiran. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki penghasilan untuk membayar cicilan tersebut.

Baca juga : 5 Alasan Anda Membutuhkan Aplikasi Kasir Pintar untuk Bisnis Anda

Usahakan untuk tidak menggunakan uang tabungan atau investasi untuk membayar cicilan tersebut. Kamu harus memiliki alokasi dana khusus untuk membayar pelunasan tersebut.

Maka dari itu, pikirkan terlebih dahulu sebelum kamu mengambil pinjaman. Jika penghasilan kamu belum cukup untuk  membayar cicilan, lebih baik kamu tidak mengambil cicilan tersebut.

3. Menyiapkan Uang Tunai Secukupnya

Tips Mengatur Gaji Agar Dapat Menabung dan Investasi

Siapkan uang tunai secukupnya jangan terlalu banyak maupun sedikit. Dengan menyiapkan uang tunai secukupnya kamu tidak akan tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Membawa uang tunai secukupnya sangat disarankan pada saat kamu belanja. Kamu akan mengutamakan kebutuhan pokok.

Selain itu, pada saat belanja kamu dapat menggunakan catatan belanja. Catatan belanja ini akan membantu kamu untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari agar tidak ada yang tertinggal.

4. Mencatat Pengeluaran Harian

Tipe Kasir yang Banyak Dibutuhkan

Mencatat pengeluaran harian dapat  membantu kamu untuk mengevaluasi pengeluaran. Dengan mencatat pengeluaran harian kamu dapat mengetahui pengeluaran apa saja yang sudah terjadi.

Kamu juga dapat mengetahui pengeluaran apa saja yang sebenarnya tidak kamu perlukan dan tidak kamu perlukan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa mencatat pengeluaran harian perlu kamu lakukan dengan disiplin.

Pada setiap harinya kamu wajib untuk untuk mencatat semua pengeluaran kamu. Jangan sampai ada yang terlewatkan, oleh kerena itu butuh konsistensi dan dispilin untuk mencatat pengeluaran harian.

5. Menggunakan Sistem Alokasi 50% 30% dan 20%

Memulihkan Dompet Pasca Lebaran, Berikut Ini Tipsnya

Pada setiap bulannya kamu harus dapat membagi gaji kamu untuk kebutuhan sehari-hari, menabung atau investasi dan hobi. Oleh karena itu kamu dapat menggunakan sistem alokasi 50% 30% dan 20%.

Alokasi 50% dapat kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan sehari-hari kamu sangat banyak sehingga tidak ada salahnya menyisihkan setengah dari penghasilan kamu digunakan untuk kebutuhan kamu sehari-hari seperti tempat tinggal, biaya transportasi, makanan, minuman dan lain sebagainya.

Alokasi 30% dapat kamu gunakan untuk hobi. Kamu juga dapat menggunakan 30% dari gaji kamu untuk keinginan kamu misalnya untuk membeli baju baru, tas baru dan lain sebagainya.

Alokasi 20% dapat kamu gunakan untuk menabung atau investasi. Meskipun hanya 20% dari alokasi gaji kamu, dengan alokasi yang kecil ini kamu dapat konsisten untuk terus menerus menabung.

Pada saat ini kamu dapat membuka bisnis untuk menambah penghasilan. Ada banyak bisnis  yang tergolong mudah saat ini untuk kamu jalankan.

Dalam mengelola bisnis, Anda juga membutuhkan strategi marketing yang baik. Strategi yang banyak digunakan saat ini adalah dengan menggunakan media sosial dan website. Untuk membuat akun media sosial cukup mudah, Anda cukup mendwonload platfrom media sosial di playstore kemudian Anda hanya tinggal mendaftarkan akun secara gratis.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan, pembelian hingga kepegawaian. Aplikasir dapat digunakan dihandphone, laptop maupun komputer. Kamu gak usah takut lagi bakalan kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir.

Tips Mengatur Gaji Agar Dapat Menabung dan Investasi – Sebab Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyempanan lagi. Salain itu Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Namun, penggunaan mode offline hanya dapat digunakan dihandphone.

Sebaiknya kamu hanya menggunakan mode offline hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data. Mode offline Aplikasir hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone.

Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.
Gak usah takut lagi untuk lagi kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan untuk digunakan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Dalam mengelola bisnis Anda juga membutuhkan sofware aplikasi kasir pintar. Aplikasir merupakan solusi untuk bisnis Anda. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online. Dengan menggunakan Aplikasir membantu banyak pekerjaaan kasir dalam transaksi, mengelola stok barang dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apa lagi buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore Anda. Nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Alasan Penting Strategi Produk Untuk Bisnis!

Alasan Penting Strategi Produk Untuk Bisnis!

Dalam membuat produk yang dapat mudah di terima oleh masyarakat. Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan, mulai dari perencanaan produk, riset kebutuhan masyarakat dan lain sebagainya. Alasan Penting Strategi Produk…
4 Tips Bisnis Hijab Merek Sendiri

4 Tips Bisnis Hijab Merek Sendiri

Hijab tidak lepas dari bagian muslimah Indonesia. Pada saat ini banyak muslimah yang membutuhkan hijab untuk aktivitas sehari-hari mulai dari sekolah, kerja dan lain sebagainya. 4 Tips Bisnis Hijab Merek…
Tips Usaha Jual Beras Bagi Pemula

Tips Usaha Jual Beras Bagi Pemula

Beras merupakan makanan pokok warga Indonesia.  Oleh sebab itu banyak orang yang tertarik untuk berjualan beras. Tips Usaha Jual Beras Bagi Pemula – Banyak pelaku usaha yang berminat untuk membuka…
Simak Penyebab Kekurangan Stok Barang!

Menguak Keuntungan Bisnis Resseller

Dunia bisnis selalu mengalami perkembangan semakin harinya. Akan ada sistem yang membantu banyak orang untuk berbisnis. Salah satunya adalah sistem reseller. Menguak Keuntungan Bisnis Resseller – Saat ini banyak orang…