Cara Cerdas Mengelola Laba Bisnis!

Cara Cerdas Mengelola Laba Bisnis!
Keinginan dari sebuah bisnis yang berjalan adalah mendapatkan keuntungan atau laba. Mendapatkan keuntungan atau laba bahkan dapat menjadi motivasi Anda membangun sebuah bisnis.

Cara Cerdas Mengelola Laba Bisnis! – Namun Anda harus bijak dalam mengelola  keuntungan. Terlebih lagi jika Anda ingin usaha Anda bertahan lama. Maka Anda harus bijak dalam mengelola keuntungan yang Anda dapatkan.

Banyak pelaku bisnis yang pada akhirnya gulung tikar bukan karena kualitas produk yang tidak dapat bersaing dengan kompetitor. Namun karena pelaku bisnis tersebut tidak dapat mengelola laba bisnis dengan baik.

Sangat penting untuk mengelola laba bisnis. Salah satu cara yang paling mudah untuk dapat mengelola keuangan dengan benar adalah dengan membuat buku rekaning terpisah antara buku rekaning pribadi dengan buku rekening bisnis.

Dengan begitu keuangan masuk keluar bisnis kamu akan dengan mudah terlihat. Kamu juga tidak dapat menggunakan keuangan bisnis untuk kepentingan pribadi.

Baca juga :  4 Alasan Bisnis Online Lebih Menguntungkan

Hal ini dilakukan sebab keuntungan yang Anda dapatkan merupakan hasil kerja keras Anda.  Jika tidak mengelola keuntungan dengan baik, bukan tidak mungkin kerja keras Anda selama ini menjadi sia-sia. Agar laba yang Anda dapatkan maksimal. Berikut ini cara cerdas mengelola laba bisnis.

1. Menyisihkan Laba Bersih Sebagai Cadangan Dana Darurat

Cara Cerdas Mengelola Laba Bisnis!

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyisihkan laba bersih sebagai cadangan dana darurat. Setidaknya Anda perlu menyiapkan 20% laba yang Anda dapatkan sebagai dana darurat atau investasi. Dana darurat ini di gunakan pada saat situasi yang mendesak saja.

Anda juga dapat menyisihkan menyisihkan dana darurat sebagai investasi. Misalnya untuk investasi properti, emas, deposito, tabungan dan lain sebagainya.

Namun ketika Anda hendak menyisihkan 20% dari keuntungan yang di dapatkan pastikan keuntungan tersebut merupakan keuntungan bersih tanpa adanya potongan apapun. Dengan begitu kamu memiliki dana darurat yang dapat kamu gunakan pada saat waktu tertentu.

Sebab kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa yang akan mendatang. Bisa saja bisnis kamu mengalami penurunan sehingga kamu membutuhkan dana darurat agar bisnis kamu dapat bertahan.

2. Menyisihkan Laba Untuk Mengembangkan Usaha

Selain menyishkan laba sebagai cadangan dana darurat. 10% dari laba yang Anda dapatkan adalah untuk mengembangkan bisnis Anda. Setiap 10% yang anda dapatkan dari keuntungan dapat di manfaatkan sebagai pembangan infrastuktur usaha, meningkatkan kinerja SDM, sistem IT atau perluasan usaha.

Dengan menyisihkan laba untuk mengembangkan usaha maka kualitas usaha Anda menjadi semakin meningkat. Konsumen juga akan lebih mempercayai bisnis Anda jika Anda selalu melakukan perbaikan dalam kerja Anda.

Baca juga :  Tips Video Produk untuk Memikat Pembeli

Kamu tentunya ingin bisnis kamu bertahan lama bukan. Nah salah satu caranya agar bisnis kamu dapat bertahan lama adalah dengan selalu update bisnis kamu.

Terlebih lagi jika bisnis kamu seperti cafee. Kamu pasti membutuhkan aksesoris tambahan untuk mempercantik cafee kamu bukan. Nah kamu dapat menggunakan uang dari hasil menyisihkan laba untuk mengembangkan bisnis kamu.

3. Menyisihkan Laba untuk Aksi Sosial

Cara Cerdas Mengelola Laba Bisnis!

Menjadi seorang pengusaha merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Tidak semua orang dapat menjadi seoarang pengusaha. Namun menjadi pengusaha bukan berarti menjadikan diri Anda menjadi sombong, apalagai sampai tidak peduli dengan lingkungan sosial. Sebagai pengusaha yang bijak anda dapat menysihkan laba untuk aksi sosial.

Terlebih lagi jika usaha Anda merupakan usaha yang besar dan menghasilka banyak keuntungan. Anda wajib untuk berbagi dengan sesama.  Anda dapat menyisihkan sebagian laba untuk berdonasi.

Dengan anda melakukan donasi, maka akan membawa keberkahan tersendiri bagi bisnis Anda. Selain itu sebagai pengusaha, Anda juga akan tetep rendah hati untuk dapat membantu sesama.

4. Gunakan Laba Sebagai Reward

Cara Cerdas Mengelola Laba Bisnis!

Keuntungan yang Anda dapatkan tentunya di peroleh dari hasil kerja keras Anda selama ini. Oleh karena itu Anda dapat menyisihkan 10 % keuntungan yang Anda dapatkan sebagai reward untuk diri Anda sendiri.  Anda dapat menggunakan keuntungan tersebut untuk kebutuhan pribadi atau kebutuhan keluarga.

Atau kamu juga memberikan reward kepada karyawan kamu. Rewerd ini diberikan sebagai penghargaan bagi karyawan yang paling rajin. Sehingga mereka akan selalu meningkatkan kinerjanya.

Baca juga : 5 Tanda Anda Cocok Menjadi Seorang Entrepreneur

Dalam menghitung laba, Anda harus mencatat setiap transaksi yang masuk. Namun menghitung transaksi yang masuk pada setiap akhir bulan tentu sangat melelahkan. Belum lagi potensi kekeliruan pada saat menghitung kemungkinan besar terjadi, jika Anda masih mencatat transaksi secara manual.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat menjual barang dengan harga grosir maupun harga ecer.

Kamu gak perlu khawatir lagi untuk dapat kehabisan ruang penyimpanan ketika menggunakan Aplikasir. Sebab, aplikasir merupakan aplikasir yang ringan, sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, pembayaran, bahkan kepegawaian. Kamu juga dapat menjual barang dengan harga ecer maupun harga grosir.  Kamu bahkan dapat mengirim struk pembayaran langsung kepada konsumen melalui pesan whatsapps.

Cara Cerdas Mengelola Laba Bisnis! – Pastikan sebelum kamu mengirim struk pembayaran melalui pesan whatsapp, nomor pelanggan sudah kamu catat dalam fitur pelanggan. Sebab jika data pelanggan belum ada, maka kamu tidak dapat mengirim pesan whatsapps kepada pelanggan yang bersangkutan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Sebelum kamu mengirim struk ke pelanggan. Pastikan data pelanggan termasuk nomor whatsapp sudah ada difitur pelanggan.

Aplikasir dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis. Mulai dari bisnis online shop, mini market, UMKM, toko retail, toko baju, rumah makan atau restoran dan lain sebagainya.

Kini Aplikasir juga dapat digunakan digunakan dalam mode offline. Penggunaan mode offline hanya dapat digunakan pada handphone. Namun, mode offline ini dapat digunakan pada saat hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasir sangat cocok digunakan untuk berbagai kepentingan bisnis. Misalnya, online shop, mini market, toko retail, toko pakaian, rumah makan atau restoran dan lain sebagainya.

Kini Anda sudah tidak perlu pusing lagi. Karena Aplikasir dapat menjawab segala persoalan Anda. Dengan menggunakan Aplikasir segala transaksi dapat terdata secara rapi. Anda juga dapat melihat laba, stok barang tanpa harus pergi ke toko. Cukup dengan Aplikasir segala permasalahan bisnis Anda akan teratasi. Jadi tunggu apa lagi, buruan dwonload Aplikasir sekarang juga dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Harus Anda Miliki

Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Harus Anda Miliki

Memilih menjadi seorang wirausaha merupakan keputusan yang berani. Bagi pelaku wirausaha, membangun usaha atau bisnis tidak hanya mampu membuat usaha dan menjalankannya. Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Harus Anda Miliki –…
Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Dalam bisnis, customer merupakan faktor yang paling penting untuk membuat suatu bisnis dapat berkembang. Maka dari itu banyak cara yang di lakukan baik perusahaan besar maupun pembisnis kecil untuk dapat manarik…
Manfaat Penting Blog Bagi Bisnis

Manfaat Penting Blog Bagi Bisnis

Pada saat ini banyak pembisnis di Indonesia yang belum menyadari pentingnya keberadaan blog bagi bisnis mereka. Pada umumnya strategi blog ini hanya di gunakan oleh mereka yang memiliki bisnis besar.…
7 Peluang Bisnis Berpotensi Besar di Tahun 2021

7 Peluang Bisnis Berpotensi Besar di Tahun 2021

Banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dengan terdapatnya pandemi COVID- 19 di tahun 2020 ini. Hal ini membuat kita berpikir mengenai peluang usaha yang berpotensi besar di tahun 2021.…