Kendalikan Keuangan Dengan Cara Berikut Ini

Kendalikan Keuangan Dengan Cara Berikut Ini
Memiliki sumber penghasilan sendiri membuat diri kamu untuk belajar mengatur keuangan sendiri. Pengeluaran tentunya harus lebih kecil di bandingkan dengan pemasukanmu.

Kendalikan Keuangan Dengan Cara Berikut Ini – Namun bagaimana jika pengeluaran kamu terlalu besar?. Pengeluaran yang tidak seimbang dengan pemasukan akan membuat kamu menjadi pusing. Pengeluaran yang terlalu besar baru di sadari saat kamu tidak dapat membeli barang kebutuhan karena uang kamu telah habis.

Jika masalah ini terus berlanjut maka kamu tidak dapat menyimpan uang atau menabung uang kamu. Kamu juga dapat terlilit hutang karena tidak bisa mengatur keuangan kamu. Hidup kamu akan terasa berat jika kamu tidak dapat disiplin mengatur keuangan.

Baca juga : Bisnis Bulan Puasa yang Dapat Kamu Coba

Mengatur keuangan bukan perkara yang mudah. Terlebih lagi dengan banyaknya kebutuhan pada saat ini. Jika tidak dapat mengatur keuangan dengan baik maka kamu tidak dapat memenuhi kebutuhan kamu. Atau kamu bisa saja membuat malah bisa terlilit hutang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Jangan biarkan masalah ini terus berlanjut, jika kamu tidak ingin menjalani kehidupan yang lebih baik lagi. Lantas bagaimana cara mengendalikan keuangan. Kendalikan keuangan dengan cara berikut ini.

1. Mengetahui Hal Membuat Anda Ingin Belanja?

Kendalikan Keuangan Dengan Cara Berikut Ini

Kebanyakan orang sangat menyukai belanja. Baik perempuan atau laki-laki pasti suka belanja. Terlebih lagi, jika sudah ada diskon. Pasti kamu berpikiran kapan lagi bisa dengan harga diskon.

Namun kebanyakan dari mereka juga tidak menyadari hal apa yang membuat kamu untuk berbelanja. Padahal belum tentu barang yang kamu beli merupakan barang yang kamu butuhkan. Misalnya kamu di rumah sudah memiliki banyak koleksi sepatu.

Namun, kamu masih saja membeli sepatu baru pada saat jalan-jalan di mall. Sebenarnya kamu tidak perlu membeli sepatu baru lagi. Padahal kamu tidak ada anggaran untuk membeli sepatu baru. Hal ini yang menyebabkan pengeluaran kamu menjadi membengkak.

Sebelum kamu membeli sesuatu usahakan memikirkannya terlebih dahulu. Apakah kamu memang benar-benar membutuhkannya atau hanya sekedar keinganan kamu semata. Jika barang tersebut memang barang yang kamu butuhkan maka kamu dapat segera membelinya.

Namun, jika barang tersebut hanya sekedar keinginan kamu semata. Kamu dapat melihat kondisi keuangan kamu apakah kamu memang diperlukan atau tidak.

2. Membawa Uang Sesuai dengan Kebutuhan

Pengeluaran yang berlebihan bisa saja terjadi karena kamu selalu membawa uang lebih ketika berbelanja. Usahakan sebelum kamu pergi belanja, kamu dapat menghitung terlebih dahulu berapa kebutuhan kamu.

Setelah kamu menghitung berapa banyak kebutuhan yang kamu butuhkan. Kemudian bawa uang sesuai jumlah kebutuhan kamu.

Baca juga : Belanja Hemat Lebaran, Berikut Ini Tipsnya

Mengapa kamu perlu membawa uang yang cukup untuk saat pergi berbelanja. Hal ini untuk menghindari sifat konsumtif kamu. Sehingga kamu tidak akan tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Pada saat berbelanja, usahakan untuk menghindari membawa kartu atm atau kartu kredit. Ketika kamu ingin membeli barang yang tidak ada dalam daftar belanja, maka kamu dapat membelinya dengan mudah karena kamu masih dapat menggunakan kartu atm atau kartu kredit.

Namun, jika kamu membawa uang yang sesuai dengan daftar belanja kamu. Maka kamu akan berbelanja sesuai dengan daftar belanja yang ada. Sebab kamu sudah tidak memiliki anggaran lagi untuk membeli barang tersebut.

3. Membawa Daftar Belanja

Tanpa kamu membawa daftar belanja, kamu akan gelap mata dan akan membeli barang yang kamu butuhkan. Daftar belanja akan mengingatkan kamu dengan barang yang kamu butuhkan. Tanpa adanya daftar belanja yang jelas maka kamu bisa kehilangan arah untuk membeli barang lain.

kamu tidak berbelanja secara tidak berlebihan ketika membawa daftar belanja. Sehingga kamu dapat menyisihkan uang kamu nantinya untuk mulai menabung atau berinvestasi untuk masa depan.

Oleh karena itu membuat daftar belanja sebelum belanja meruapakan hal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Sebelum membuat daftar belanja ada baiknya kamu memeriksa terlebih dahulu barang apa masih tersedia di rumah.

Hal ini, untuk mengantisipasi kamu membali barang yang sudah ada. Sehingga pada saat kamu berbelanja di swalayan, kamu hanya membeli barang yang kamu sesuai dengan kebutuhan kamu saja.

Rencana keuangan kamu dapat berjalan dengan baik apabila kamu dapat disiplin pada saat berbelanja. Salah satu kunci agar kamu disiplin belanja adalah dengan membuat daftar belanja yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Mencatat Apa Saja yang Sudah Kamu Miliki

Langkah selanjutnya adalah mencacat barang apa saja yang sudah kamu miliki. Pada saat ini, belum banyak orang yang mencatat barang apa saja yang ia miliki sebelum berbelanja. Padahal kegiatan ini dapat membantu untuk menghindari pola berbelanja konsumtif.

Jadi saat kamu berbelanja kamu dapat melihat catatan kamu dan tidak mengulangi kesalahan dengan membeli barang yang sama untuk yang kedua kalinya. Tentunya ketika kamu belanja, dan melirik barang incaran pasti kamu akan lupa dengan barang yang sudah kamu punya.

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa dengan mencatat barang yang kamu punya dapat membantu kamu untuk tidak berbelanja secara berlebihan. Terlebih lagi membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan akan membuat barang di rumah kan malah akan menjadi banyak menumpuk kan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mencatat barang yang sudah kamu miliki dirumah. Kamu akan terhindar dari perilaku belanja konsumtif.

5. Menyiapkan Anggaran untuk Bersenang-senang

Kendalikan Keuangan Dengan Cara Berikut Ini

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan?. Salah satu faktor yang membuat kamu tidak dapat mengendalikan keuangan kamu adalah kamu terlalu banyak mengeluarkan untuk bersenang-senang. Oleh karena itu, kamu dapat menyisihkan uang kamu untuk bersenang-senang. Misalnya untuk bertemu temen di cafee, ke teman hiburan, menonton bioskop dan lain sebagainya.

Dengan membuat anggaran untuk bersenang-senang kamu dapat mengalokasikan budget yang sesuai dengan pendapatan kamu. Selain itu, rencana bersenang-senang kamu juga akan lebih tertata sesuai dengan kondisi keuangan kamu.

Apapun jenis bisnis kamu, percayakan  Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir POS dan Toko Online. Aplikasir memudahkan kamu untuk bertransaksi. Aplikasi Aplikasir dapat digunakan untuk berbagai usaha kamu mulai dari restoran, cafee, online shop, mini market dan lain sebagainya.

Ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan teman yang tepat untuk mendampingi kesuksesan bisnis kamu.

Manfaatkan layanan menu yang terdapat dalam Aplikasir untuk memaksimalkan pelayanan usaha kamu. Misalnya menu order tersimpan, order online, pemasukan lain, pengeluaran, kasbon, histori, pembayaran, penjualan, grafik, jurnal, produk dan masih banyak lagi.

Selain itu Aplikasir juga di lengkapi dengan Website Toko Online sehingga memudahkan kamu dalam berjualan secara online. Jadi tunggu apa lagi, dwonload Aplikasir sekarang di playstore kamu dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil

4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil

Brand equity merupakan nilai kelebihan produk Anda yang tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya. Brand equity merupakan sesuatu yang harus harus di usahakan. 4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil – Tanpa adanya…
Alasan Mengapa Bisnis Online Tidak Berkembang

Alasan Mengapa Bisnis Online Tidak Berkembang

Pada saat ini banyak orang yang memilih jalan untuk membangun usaha bisnis online. Daya tarik terhadap bisnis online saat ini sangat tinggi. Alasan Mengapa Bisnis Online Tidak Berkembang – Produk…
Cara Memasarkan Produk UMKM Bagi Pemula

Cara Memasarkan Produk UMKM Bagi Pemula

Pemerintah saat ini tengah gencar mempromosikan produk UMKM. Istilah UMKM juga muncul akhir-akhir ini. UMKM merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Dalam UMKM terdapat banyak pengusaha dari berbagai produk dan…