Kesalahan Telemarketing yang Perlu Kamu Ketahui

Kesalahan Telemarketing yang Perlu Kamu Ketahui
Dalam dunia pemasaran saat ini sudah banyak teknologi yang dapat di gunakan untuk dapat lebih mudah untuk menjangkau banyak konsumen. Mulai dari menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya.

Kesalahan Telemarketing yang Perlu Kamu Ketahui – Namun masih ada perusahaan yang memanfaatkan strategi telemarketing. Telemarketing merupakan salah satu cara promosi melalui media telepon. Namun pada saat ini promosi telemaketing di anggap menganggu konsumen.

Namun mungkin kamu pernah tiba-tiba mendapatkan telepon dan ternyata isinya adalah promosi produk. Lantas apakah telemarketing saat ini masih efektif untuk di gunakan?.

Beberapa perusahaan masih menerapkan telemarketing. Sebab dengan strategi telemarketing kamu dapat berkomunikasi dua arah.

Cara ini masih ampuh untuk mendapatkan pelanggan. Selain itu, cara ini lebih praktis untuk dapat mempengaruhi pelanggan secara langsung.

Baca juga : Cara Meningkatkan Customer Experience Efektif

Sebab jika kita bebicara mengenai promosi online. Kamu akan kesulitan untuk mengetahui bagaimana respon sebenarnya dari target pasar. Apakah mereka benar-benar tertarik dengan produk kamu atau tidak.

Berbeda dengan telemarketing, kamu dapat melihat bagaimana respon target pasar. Kamu bahkan dapat merayu atau mempengaruhi target pasar aga tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Jika kamu pelaku bisnis yang ingin menjalankan strategi telemarketing ini. Sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kesalahan strategi telemarketing. Berikut ini kesalahan telemarketing yang perlu kamu ketahui.

1. Komunikasi Hanya Satu Arah

Kesalahan Telemarketing yang Perlu Kamu Ketahui

Dalam prakteknya ketika tim telemarketing melakukan komunikasi dengan pelanggan. Pelanggan akan merasa terganggu karena tim telemarketing hanya melakukan komunikasi satu arah aja. Mereka tidak tahu apakah konsumen tersebut dapat berpotensi untuk membeli produk kamu atau tidak.

Oleh karena itu,  tim telemarketing harus memberikan kesempatan konsumen untuk menganggapi atau membalas pembicaraan saat melakukan penawaran.

Jadi kamu harus mengajarkan bagaimana komunikasi dua arah agar konsumen tidak akan merasa terganggu. Dengan komunikasi dua arah yang baik akan terjalin komunikasi yang efektif.

Beri kesempatan kepada pelanggan kamu untuk dapat merespon. Respon dari pelanggan membantu kamu untuk dapat mengetahui apakah target kamu tertarik atau tidak dengan penawaran yang kamu tawarkan.

Selain itu, kamu juga akan lebih mudah untuk dapat mengenali situasi yang ada. Sehingga kamu akan mengetahui tindakan apa yang harus kamu lakukan.

 

2. Tidak Menentukan Target Audiens Terlebih Dahulu

Kesalahan Telemarketing yang Perlu Kamu Ketahui

Ketika kamu menjalankan strategi telemarketing, kamu hanya asal menghubungi nomor yang telah kamu dapatkan. Namun kamu sebelumnya belum menyelidiki nomor audiens tersebut. Apakah orang tersebut benar-benar membutuhkan produk kamu atau tidak.

Baca juga :  Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement

Jadi sebelum kamu melakukan telemarketing. Ada baiknya kamu menentukan target audiens potensial terlebih dahulu. Bukannya langsung menelpon satu persatu.

Kamu dapat menemukan nomer target audiens dengan banyak cara. Dengan mengikuti seminar atau expo, bergabung di grup telegram dan lain sebagainya.

Pastikan orang yang kamu hubungi adalah target pasar yang kamu tuju. Hal ini akan dengan mudah untuk berkomunikasi. Konsumen membutuhkan produk kamu, sedangkan kamu juga mendapatkan pelanggan baru.

Jadi sebelum kamu melakukan telemarketing. Ada baiknya kamu menentukan target audiens potensi terlebih dahulu. Bukannya langsun menelpon satu persatu.

3. Memaksa Konsumen

Kesalahan Telemarketing yang Perlu Kamu Ketahui

Mungkin kita sering mengelami pada saat konsumen di hubungi oleh tim telemarketing untuk memaksa meminta nomor kerabat yang dapat di hubungi. Hal ini tentu menganggu konsumen.

Konsumen kamu menjadi terganggu dengan keberadaan telemarketing. Meskipun tujuan kamu untuk menambah banyak audiens, namun hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi konsumen.

Selain dapat membuat konsumen menjadi tidak nyaman. Hal ini juga mengganggu privasi. Tugas utama dari seorang telemarketing adalah menawarkan produk saja. Jika konsumen yang kamu hubungi tidak tertarik maka kamu tidak boleh memaksa.

Hindari untuk menggunakan menggunakan cara ini. Sebab semua orang akan merasa terganggu jika dipaksa.

Jika konsumen tidak tertarik dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Maka jangan kecewa, tetep berkomunikasi dengan ramah.

Keramahan kepada pendengar akan membawa dampak yang baik bagi kelangsungan bisnis kamu. Bisa saja pelanggan tersebut saat ini tidak membutuhkan produk tersebut, namun suatu saat nanti bisa saja pelanggan tersebut membutuhkannya. Kemudian, pelanggan tersebut akan dengan sendirinya balik mengubungimu kembali.

4. Tidak Memperhatikan Waktu

Tugas dari seorang telemarketing adalah menghubungi konsumen untuk menawarkan produk. Namun kamu perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk menghubungi konsumen. Pastikan kamu mengetahui waktu luang audiens kamu.

Sehingga audiens kamu tidak mengabaikan panggilan kamu karena sedang sibuk bekerja. Jika kamu menghubungi audiens kamu pada saat bekerja tentu akan banyak audiens kamu yang akan mengabaikan telpon.

Hindari untuk mengubungi pada saat kebanyakan orang atau sedang istirahat. Misalnya, pada saat jam kerja atau jam istirhat. Palanggalina kamu akan secara otomatis terabaikan.

Baca juga : Kenali 4 Manfaat Chat Marketing Bagi Bisnis

Selain itu, dalam bisnis saat ini kamu membutuhkan aplikasi kasir pintar. Aplikasir merupakan aplikasi kasir pintar dan toko oniline. Udah gak jaman lagi masukin data satu persatu dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat memasukkan banyak data dalam hitungan detik.

Sebagai pelaku bisnis, kamu juga harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan memiliki website toko online. Gak usah pusing-pusing untuk membuat website toko online.

Sebab Aplikasir dapat membantu kamu membuat toko online dalam hitungan detik. Buat toko 24 jam hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data.

Mode offline ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone. Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Kini Aplikasir juga dapat digunakan digunakan dalam mode offline. Penggunaan mode offline hanya dapat digunakan pada handphone. Namun, mode offline ini dapat digunakan pada saat hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Kesalahan Telemarketing yang Perlu Kamu Ketahui –  Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir ini sangat cocok untuk berbagai kepentingan usaha  seperti UMKM, mini market, online shop, toko pakaian, toko retail, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya. Jadi tunggu apa lagi? buruan dwonload Aplikasir sekarang di playstore Anda dan nikamati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Tips Memperkuat Branding Bisnis

Tips Memperkuat Branding Bisnis

Branding merupakan salah satu cara agar masyarakat luas mengetahui jenis bisnis kamu. Untuk dapat membuat branding yang baik harus dapat memiliki pengetahuan yang cukup baik dengan produk kamu. Tips Memperkuat…
Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement

Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement

Seiring dengan berkembangkangnya teknologi digital kini melahirkan banyak teknologi baru untuk kepentingan bisnis. Salah satunya adalah chat marketing. Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement – Chat marketing merupakan cara untuk menghubungi pelanggan…
4 Alasan Mengapa Membutuhkan Strategi Pemasaran Online

4 Alasan Mengapa Membutuhkan Strategi Pemasaran Online

Ada beragam banyak pilihan bisnis yang saat ini dapat Anda coba. Dalam berbisnis apapun Anda membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. 4 Alasan Mengapa Membutuhkan Strategi Pemasaran Online – Dengan kemajuan…
Mengenal Omnichannel Teknologi Mengelola Bisnis

Mengenal Omnichannel Teknologi Mengelola Bisnis

Pada saat ini pelaku bisnis dapat memasarkan produknya di berbagai media baik secara online maupun offline. Kedua-dua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengenal Omnichannel Teknologi Mengelola Bisnis – Namun, pada saat ini banyak…