Manfaat Catatan Keuangan bagi Bisnis Anda

Cara Melakukan Personalized Marketing
Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat meningkat untuk dapat meningkatkan pendapatan. Misalnya untuk dengan cara memperbanyak promosi, berkaloborasi, memperluaskan sayap bisnis dan masih banyak lagi.

Manfaat Catatan Keuangan bagi Bisnis Anda – Catatan keuangan atau disebut dengan istilah pembukuan (bookkeeping) adalah proses mencatat keuangan yang terdiri dari pendapatan, pembelian, serta pengeluaran.

Sukses tidaknya sebuah usaha tidak hanya tergantung dari seberapa banyak modal dan sumber daya yang kamu miliki. Hal ini juga tergantung dari dari seberapa terampil kamu dalam mengelola keuangan.

Baca juga : Peluang Bisnis Startup Penghasil Banyak Cuan

Banyak pelaku usaha kecil yang tidak terlalu mementingkan masalah pencatatan keuangan. Mereka bepikir bahwa usaha yang masih dalam skala kecil, masalah keuangan tidak terlalu penting.

Padahal mengelola keuangan pada usaha kecil sangat penting. Faktanya banyak usaha kecil yang terpaksa gulung tikar karena tidak mencatat keuangan.

Hal ini membuat kamu tidak dapat mengetahui bagaimana kondisi usaha kamu. Apakah usaha kamu sedang mengalami keuntungan atau kerugian.

Kamu bahkan dapat dengan mudah mengambil uang dari usaha kamu untuk kepentingan pribadi. Jika hal ini terus terjadi, maka tidak heran jika usaha kamu gulung tikar.

Maka dari itu, jangan malas untuk mencatat keuangan. Berikut ini manfaat catatan keuangan bagi bisnis Anda.

1. Mengetahui Keadaan Finansial Usaha

Manfaat Catatan Keuangan bagi Bisnis Anda

Ketika kamu memulai sebuah usaha, pasti kamu mendambakan keuntungan yang selalu meningkat. Lantas bagaimana kamu mengetahui keuntungan yang kamu dapatkan jika kamu tidak mau melakukan pencatatan keuangan.

Dengan melakukan pencatatan keuangan, kamu dapat mengetahui bagaimana keadaan finansial usaha kamu dari waktu ke waktu. Dari data pencatatan keuangan tersebut kamu dapat menganalisis apakah usaha kamu mengalami keuntungan atau kerugian pada setiap bulannya.

Apakah keuntungan usaha kamu meningkat pada setiap bulannya atau justru mengelami kerugian. Kamu juga dapat belanja apa yang harus dikurangi untuk dapat menghemat biaya operasional dengan melihat catatan keuangan.

Jangan malas untuk mulai mencatat keuangan meskipun usaha kamu masih dalam skala kecil. Ketika kamu disiplin mencatat keuangan maka dapat berdampak baik bagi bisnis kamu.

2. Sebagai Dasar Mengambil Keputusan

Manfaat Catatan Keuangan bagi Bisnis Anda

Dalam membangun usaha, pengambilan keputusan merupakan sesuatu yang penting. Jika kamu salah dalam mengambil keputusan maka dapat mengancam bisnis kamu.

Jika kamu memiliki pencatatan keuangan yang baik, maka dapat kamu jadikan sebagai dasar mengambil keputusan. Misalnya saja, ketika catatan keuangan kamu mengalami kerugian. Kemudian kamu melihat catatan keuangan bulan-bulan sebelumnya juga mengalami kerugian.

Baca juga :  Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Maka hal kamu perlu mengambil tindakan bukan. Apakah kamu harus mengurangi jumlah karyawan?. Membeli alat produksi terbaru?. Atau membuat produk yang disukai oleh banyak pasar dan lain sebagainya.

3. Indikator Untung Rugi

Manfaat Catatan Keuangan bagi Bisnis Anda

Hal yang sangat jelas ketika kamu rajin melakukan pembukuan keuangan dengan disiplin adalah sebagai indikator untung rugi. Daripada kamu menerka-nerka sendiri mengenai kondisi usaha kamu.

Lebih baik kamu melakukan pembukuan keuangan. Dengan melakukan pembukuan keuangan, kamu akan lebih mudah untuk dapat menentukan kondisi usaha kamu.

Terlebih lagi jika sudah penghujung tahun. Kamu tidak mungkin kan menerka-nerka sendiri berapa keuntungan dan kerugian usaha kamu dalam setahun.

Jika usaha kamu mengalami peningkatan maka kamu dapat mempertahannya untuk tahun berikutnya. Namun, jika kamu mengalami kerugian maka kamu dapat menjadikan pembukuan tahun lalu sebagai pembelajaran untuk dapat memperbaikinya ditahun depan.

4. Memudahkan Membayar Pajak 

Sebagai warga negara yang baik, pelaku usaha diwajibkan untuk membayar pajak. enis pajak yang wajib adalah Pajak Penghasilan Nilai (PPN) serta Pajak Penghasilan (PPh).

Pada saat ini, negara mempercayakan sepenuhnya untuk perhitungan pada pelaku usaha masing-masing. Bayangkan saja jika kamu tidak melakukan pembukuan keuangan.

Baca juga : 4 Hal Negatif Bisnis Dropship yang Belum Banyak Diketahui

Kamu tidak dapat mengetahui secara pasti berapa pendapatan kamu setiap bulannya, berapa keuntungan yang kamu dapatkan.

Untuk dapat membayar pajak dengan tepat waktu, maka melakukan pembukuan keuangan wajib hukumnya. Jika kamu melakukannya secara disiplin dan terus menerus maka membayar pajak bukan perkara yang membuat kepala kamu pusing lagi. Sehingga kamu dapat melakukan hal lain untuk fokus pada usaha kamu.

5. Mudah Mendapatkan Investor

Mendapatkan investor bukanlah perkara yang mudah. Investor akan tertarik dengan usaha kamu apabila kamu memiliki pembukuan keuangan yang baik.

Terlebih lagi jika keuangan kamu selalu dalam keadaan stabil. Bukan tidak mungkin banyak investor yang akan tertarik dengan bisnis kamu.

Tanpa adanya pencatatan keuangan yang baik, mustahil investor akan tertarik dengan usaha kamu. Singkatnya, catatan keuangan sangat menentukan apakah usaha kamu layak untuk mendapatkan investor atau tidak.

Maka dari itu, jangan pernah menyepelekan pembukuan keuangan. Baik usaha skala besar maupun skala kecil, kamu harus memperhatikan pembukuan keuangan.

Apapun usaha kamu, pastikan kamu untuk meningkatkan layanan pelanggan. Udah gak jaman lagi untuk menggunakan kasir manual dengan hanya menggunakan kalkulator.

Menggunakan kasir manual akan banyak memakan waktu dan tenaga. Terlebih lagi jika usaha kamu sudah besar, tentunya sudah tidak mungkin untuk dapat menggunakan kasir manual.

Kini kamu dapat menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan aplikasi kasir dan toko online. Ada banyak manfaat yang dapat kamu rasakan dengan menggunakan.

Aplikasir membantu kamu untuk dapat mengelola toko, penjualan, pembayaran, bahkan kepegawaian. Kamu juga dapat dengan mudah untuk menjual barang dengan harga grosir maupun harga ecer.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasir kamu dapat mencetak struk dapur, pembayaran, bahkan kamu dapat mengirim langsung struk langsung kepada pelanggan melalui pesan whatsapp. Aplikasir juga dapat digunakan untuk dihandphone, tablet maupun komputer.

Sebagai pelaku bisnis, kamu juga harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan memiliki website toko online. Gak usah pusing-pusing untuk membuat website toko online. Sebab Aplikasir dapat membantu kamu membuat toko online dalam hitungan detik. Buat toko 24 jam hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Perlu kamu ketahui bahwa saat ini, kamu dapat menggunakan Aplikasir dengan mode offline. Mode offline ini hanya dapat kamu gunakan pada saat keadaan darurat saja misalnya, pada saat kamu kehabisan paket data atau wifi internet kamu sedang mati.  Untuk saat ini mode offline juga hanya dapat digunakan melalui handphone saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasir juga sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis usaha kamu misalnya UMKM, mini market, online shop, toko pakaian, toko mainan, toko retail, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya. Jadi gak usah ragu untuk menggunakan Aplikasir sekarang juga ya.

Jadi tunggu apa lagi, buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore Anda. Nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

 

You May Also Like
Kenali 4 Manfaat Brand Positioning Bisnis

Kenali 4 Manfaat Brand Positioning Bisnis

Brand Positioning merupakan sebuah strategi untuk dapat membangun citra brand agar selalu ada dalam benak pelanggan. Dapat dikatakan brand positioning sebuah benang merah antara brand dan pelanggan. Kenali 4 Manfaat Brand Positioning Bisnis – Jika pelanggan…
Tips Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis 2022

Tips Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis

Siapa sih  yang saat ini tidak mengenal instagram. Aplikasi media sosial ini merupakan aplikasi yang cukup banyak peminatnya.  Oleh sebab itu instagram marketing kini juga di gunakan sebagai media bisnis.…
Tips Membuat Brand yang Mudah diingat Orang

Tips Membuat Brand yang Mudah diingat Orang

Memiliki usaha yang sudah memiliki branding sendiri merupakan suatu impian sebagian orang. Bagi kamu yang ingin membuat brand yang banyak mudah diingat banyak orang, tentunya perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.  …
Cara Mengelola Modal Agar Tidak Gulung Tikar

Cara Mengelola Modal Agar Tidak Gulung Tikar

Dalam bisnis pasti membutuhkan modal. Modal merupakan langkah awal untuk membangun bisnis. Tentunya pengelolahan modal sangat berpengaruh untuk bisnis kamu. Cara Mengelola Modal Agar Tidak Gulung Tikar – Banyak pelaku…