Mengatur Keuangan Pada Masa Pandemi? Simak Tipsnya Biar Gak Boros

Mengatur Keuangan Pada Masa Pandemi? Simak Tipsnya Biar Gak Boros

Mengatur keuangan pada masa pandemi ini tentunya buka perkara yang mudah. Pada masa pandemi saat ini banyak orang yang penghasilannya cenderung berkurang bahkan ada beberapa orang yang harus kehilangan pekerjaannya. Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran adalah kamu harus dapat mengatur keuangan dengan baik.

Mengatur Keuangan Pada Masa Pandemi? Simak Tipsnya Biar Gak Boros – Dalam mangatur keuangan kamu harus banyak memperhatikan banyak hal. Mulai dari keinginan untuk membeli tas, sepatu, baju dan lain sebagainya. Kamu harus dapat mengendalikan keinginan kamu untuk belanja barang-barang yang tidak penting. Naah berikut ini ada 5 tips yang dapat kamu gunakan agar kamu dapat mengatur keuanganmu selama pandemi covid-19.

Baca Juga : Tips Jitu Mempertahankan Bisnis Pada Masa Pandemi

1. Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Bagi kamu yang sudah mendapatkan pekerjaan, kamu dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran ketika kamu sudah diberikan gaji. Pertama-tama yang dapat kamu lakukan adalah kamu dapat mencatat pengeluaran kebutuhan kamu. Misalnya pengeluaran untuk naik transportasi umum, makan, hiburan, kebutuhan dana darurat, menabung. Kamu dapat mencatat pengeluaran kamu di buku catatan kecil atau aplikas smartphone. Mencatat pengeluaran ini dibutuhkan tingkat disiplin yang tinggi. Dengan kamu mencatat pengeluaran kamu, tentunya akan memudahkan kamu dalam mengetahui untuk apa saja uang yang kamu gunakan.

2. Barang Diskon dan Promo

Barang Diskon dan Promo

Ketika barang yang kamu incar sedang ada diskon atau promo. Tidak salahnya kamu membeli barang tersebut jika barang tersebut memang sangat diperlukan. Dengan kamu membeli barang dengan harga diskon atau promo akan lebih menghemat pengeluaranmu. Tentunya kamu juga tidak boleh membeli barang diskon atau promo secara berlebihan atau sering. Kamu cukup membelinya sesekali saja sehingga pengeluaranmu tidak membengkak.

Lihat juga : Kenali 5 Kesalahan dalam Berjualan Online

3. Mengatur Keuangan dengan Menyiapkan Dana Darurat

Mencari Penghasilan Tambahan

Kamu harus dapat menyiapkan dana darurat untuk hal yang tidak terduga. Kamu setiap bulannya dapat menyisihkan uang untuk masuk pada kantong dana darurat. Jika suatu saat nanti terjadi hal yang tidak diinginkan maka kamu sudah memiliki dana. Jadi kamu tidak akan memilih jalan untuk meminjang pinjaman bank.

4. Mencari Penghasilan Tambahan

Mencari Penghasilan Tambahan

Jika penghasilan kamu belum cukup, kamu dapat mencari uang tambahan. Kamu dapat mencari pekerjaan sampingan yang dapat kamu lakukan setelah kamu bekerja. Kamu dapat bekerja freelance, barista, menjadi penulis lepas, jualan masker, membuat usaha jajanan dan lain sebagainya. Pekerjaan sampingan akan memberikan kamu penghasilan tambahan. Kamu dapat menabung lebih dari hasil kerja sampinganmu.Dalam mencari pekerjaan sampingan kamu juga dapat berjualan online. Saat ini berjualan online sangat diminati oleh banyak orang. Kamu dapat berjualan online apa saja di media sosialmu. Kamu dapat memanfaatkan media sosial sebagai jangkauan pasar yang lebih luas.

Selain menggunakan media sosial, kamu juga dapat menggunakan toko online. Dengan menggunakan toko online kamu dapat menjangkau lebih banyak target pemasaran. Toko online kini sudah banyak sekali. Toko online yang akan membantu kamu dalam berjualan online adalah Aplikasir. Aplikasi Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko online. Dalam Aplikasir kamu dapat membuat website secara gratis tanpa kamu harus membayar orang lagi untuk membuat website Toko online. Aplikasir juga akan membantu kamu dalam mengetahui grafik penjualan. Kamu tidak lagi pusing mencatat jumlah pemasukan kamu tiap bulan. Aku dapat melihatnya di grafik Aplikasir. Masih banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Tunggu apa lagi buruan dwonload di playstore.

You May Also Like
Manfaat Aplikasir Bagi Restoran

Manfaat Aplikasir Bagi Restoran

Bisnis kuliner dapat di katakan bisnis yang tidak pernah matinya. Setiap manusia pasti membutuhkan makanan. Dengan berkembangnya bisnis kuliner, sebagai pembisnis kuliner Anda membutuhkan aplikasi yang dapat membantu Anda dalam…
Tips Meningkatkan Branding Sukses Tahun 2022

Tips Meningkatkan Branding Sukses Tahun 2022

Kualitas produk yang baik tidak menjamin produk tersebut dapat laku keras di pasaran. Produk yang dapat bertahan lama dan laku di pasaran merupakan produk yang tidak hanya menonjolkan kualitas yang…
Menjelang Lebaran Ikuti Trend Bisnis Berikut Ini

Menjelang Lebaran Ikuti Trend Bisnis Berikut Ini

Menjelang lebaran tiba akan banyak bisnis yang mengalami peningkatan penjualan. Tidak terasa lebaran  sebentar lag. Kini banyak orang yang mulai mempersiapkan kebutuhan lebaran. Menjelang Lebaran Ikuti Trend Bisnis Online Berikut…
Ide Bisnis Kerajinan Tangan Penambah Isi Dompet

Ide Bisnis Kerajinan Tangan Penambah Isi Dompet

Pada masa kini banyak sekali ide bisnis. Banyak hobi yang berawal dari hobi kamu sendiri lho. Nah tentunya akan lebih menyenangkan jika kamu memiliki bisnis yang berasal dari hobi kamu…