Menghemat Keuangan Bulan Ramadhan

Menghemat Keuangan Bulan Ramadhan
Ramadhan merupakan bulan yang di tunggu-tunggu oleh umat muslim di penjuru dunia. Tidak terkecuali bagi Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya memeluk agama Islam.

Menghemat Keuangan Bulan Ramadhan – Pada bulan Ramadhan umumnya pengeluaran semakin membengkak. Padahal kamu sangat ingin untuk berhemat. Namun, pada kenyataannya pengeluaran kamu membengkak.

Kamu sering membeli makanan hidangan untuk buka puasa dalam jumlah yang besar. Belum lagi agenda buka bersama yang rutin kamu lakukan bersama teman sekolah, teman kantor, dan lain sebagainya. Jika kamu sering melakukan buka bersama, maka otomatis pengeluran kamu akan semakin bertambah.

Baca juga :  Bisnis Jasa Terpopuler pada Tahun Ini dan Berikutnya

Lantas bagaimana kamu mengatasi permasalahan ini. Sebab jika terus di biarkan maka keuangan kamu pada bulan ramadhan ini akan terkuras habis. Penasaran bagaimana cara menghemat keuangan bulan ramadhan. Berikut ini cara menghemat keuangan bulan ramadhan.

1. Membatasi Buka Puasa Bersama

Bukber atau buka puasa bersama merupakan rutinitas yang sering terjadi pada bulan Ramadhan. Mulai dari teman TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah akan mengadakan buka bersama. Tujuan dari buka bersama yang lain adalah untuk menjalin tali silahturahmi.

Namun, jika kamu mengikuti buka bersama semuanya, akan membuat keuangan kamu menjadi membengkak. Jadi kamu harus dapat menentukan prioritas kamu. Kamu harus memprioritaskan mana bukber yang harus kamu datangi. Dengan begitu kamu dapat mengalokasikan dana untuk kebutuhan bukber kamu tanpa takut kantong kamu terkuras habis.

2. Berbelanja Banyak Sebelum Bulan Ramadhan

Menghemat Keuangan Bulan Ramadhan

Berbelanja sebelum ramadhan merupakan solusi bagi yang takut harga kebutuhan pokok naik menjelang ramdhan. Kamu dapat berbelanja seminggu atau dua minggu sebelum ramadhan. Meskipun kamu belanja dalam jumlah yang banyak, biasanya kamu akan mendapatkan diskon jika berbelanja banyak.

Baca juga :  Meningkatkan Omset Bulan Ramadhan, Berikut Tipsnya

Hitungannya akan lebih murah jika kamu berbelanja pada saat awal bulan ramadhan. Ketika harga bahan pokok mahal, maka kamu juga akan membutuhkan uang lebih untuk membeli belanja kebutuhan sehari-hari.

3. Membuat Camilan Takjil Sendiri

Selama bulan ramadhan, saat buka puasa pasti kita selalu berburu takjil untuk menemani buka puasa. Daripada kamu jajan di luar lebih baik kenapa kamu tidak membuat sendiri saja. Jika kamu membuat takjil sendiri di rumah, hasilnya juga lebih banyak di bandingkan jika kamu membeli di luar.

Kamu juga dapat mengisi waktu kamu ngabuburit dengan membuat takjil. Selain itu, membuat takjil sendiri lebih sehat di bandingkan jika kamu membeli di luar. Sebab kamu mengetahui bahan-bahan apa saja yang kamu pakai. Kamu juga dapat membagikan takjil kamu ke tetangga jika takjil yang kamu buat sangat banyak.

4. Membuat Rencana Keuangan Lebaran

Menghemat Keuangan Bulan Ramadhan

Pada akhir menjelang puasa umumnya masyarakat Indonesia akan sibuk berbelanja kebutuhan lebaran. Meskipun kamu menerima THR, namun jika kamu tidak merencakan keuangan dengan baik, bisa saja THR yang kamu dapatkan malah tidak cukup untuk membeli kebutuhan lebaran. Oleh karena itu, saat awal bulan ramadhan kamu dapat merencanakan kebutuhan lebaran jauh-jauh hari.

Baca juga :  Tips Memperkuat Branding Bisnis

Sehingga saat tiba waktunya belanja lebaran kamu tidak akan membeli barang secara berlebihan. Terlebih lagi akan banyak promo pada saat momen belanja lebaran. Jika kau tidak merencakannya sejak awal, maka kamu akan terhasut oleh promo yang di tawarkan.

5. Menyisihkan Zakat Fitroh Terlebih Dahulu

Menghemat Keuangan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan momen untuk berbagi dengan sesama. Oleh karena itu, kamu juga harus mengingat kewajiban kamu untuk membayar zakat fitroh terlebih dahulu. Pastikan kamu menyisihkan uang kamu untuk membayar zakat fitroh terlebih dahulu. Jangan sampai malah uang kamu telah habis untuk membeli kebutuhan lebaran sebelum kamu membayar zakat fitroh.

Untuk menemani bisnis kamu agar segala transaksi dapat berjalan dengan lancar. Maka kamu membutuhkan Aplikasir. Aplikasir merupakan aplikasi kasir POS dan toko online. Aplikasir membantu meningkatkan pelayanan bisnis kamu. Kamu tidak perlu takut akan terjadi kesalahan dalam menghitung transaksi dan menghitung stok barang. Aplikasir sudah memiliki sistem otomatis untuk membantu kamu meminimalisir kesalahan.

Jadi tunggu apa lagi, buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore kamu sekarang juga ya.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

 

You May Also Like
Tips Kerja Marketing yang Harus Dipahami Pembisnis

Tips Kerja Marketing yang Harus Dipahami Pembisnis

Marketing merupakan kegiatan perusahan yang bertujuan untuk menarik konsumen atau pelanggan untuk menggunakan produk maupun jasa. Media yang di gunakan untuk marketing saat ini sangat beragam. Tips Kerja Marketing yang…
Penyebab Boros Pada Bulan Ramadhan

Penyebab Boros Pada Bulan Ramadhan

Apakah kamu pernah merasa menjadi lebih boros pada bulan Ramadhan?. Padahal pada bulan Ramadhan kita menjalankan ibadah puasa yang seharusnya membuat membuat pengeluaran menjadi hemat. Penyebab Boros Pada Bulan Ramadhan…
Keuntungan Dropshipper Solusi Ide Bisnis Anda

Keuntungan Dropshipper Solusi Ide Bisnis Anda

Pada saat ini bisnis online telah menjamur di Indonesia. Kehadiran berbagai e-commerce mendukung bisnis online semakin berkembang dengan pesat. Keuntungan Dropshipper Solusi Ide Bisnis Anda – Bisnis online membuka peluang…
5 Manfaat Laporan Keuangan bagi Bisnis

5 Manfaat Laporan Keuangan bagi Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pelaku usaha tentu saja membutuhkan laporan keuangan. Laporan keuangan dapat memberikan gambaran bisnis kamu. Apakah pada saat ini keadaan bisnis kamu sedang dalam keadaan baik-baik saja…