Penyebab Boros Pada Bulan Ramadhan

Penyebab Boros Pada Bulan Ramadhan
Apakah kamu pernah merasa menjadi lebih boros pada bulan Ramadhan?. Padahal pada bulan Ramadhan kita menjalankan ibadah puasa yang seharusnya membuat membuat pengeluaran menjadi hemat.

Penyebab Boros Pada Bulan Ramadhan – Pada siang hari pada bulan Ramadhan kamu tidak jajan. Kamu hanya akan makan kembali pada saat buka puasa. Namun, pada kenyataannya pada bulan ramadhan pengeluaran kamu menjadi lebih meningkat di bandingkan hari biasanya.

Sebenernya kamu dapat berhemat pada bulan ramadhan. Asalkan kamu dapat hidup seperti biasanya. Bulan Ramadhan memang bulan yang istimewa, namun kamu perlu membatasi pengeluaran yang berlebihan.

Baca juga : Penyebab Kagagalan Bisnis Kecil Berikut ini

Kamu masih bingung mengapa pengeluaran kamu pada bulan ramadhan menjadi membengkak. Berikut ini penyebab boros pada bulan Ramadhan.

1. Godaan Diskon

Penyebab Boros Pada Bulan Ramadhan

Baik toko online maupun toko offline pada bulan Ramadhan pasti akan mengadakan diskon. Bahkan diskon yang di tawarkan tidak main-main. Diskon yang di berikan bisa sampai setengah harga. Di e-commerce pasti akan selalu mengadakan program gratis ongkir, chasback yang akan bertebaran di banyak tempat.

Para pelaku bisnis paham dengan kondisi Ramadhan. Dimana banyak masyarakat yang akan berbelanja dalam jumlah yang banyak. Mereka akan membeli barang kebutuhan lebaran. Belum lagi mereka juga akan membagikan kue lebaran atau sesuatu apapun dengan kerabat terdekat. Belum lagi jika THR sudah cair, maka kamu akan banyak membelanjakan uang kamu untuk kepentingan lebaran tanpa membuat rencana belanja terlebih dahulu.

2. Banyaknya Harga Kebutuhan Pokok yang Meningkat

Penyebab Boros Pada Bulan Ramadhan

Sudah bukan fenomena yang aneh lagi, jika pada saat menjelang bulan ramadhan dan menjelang lebaran banyak harga kebutuhan pokok yang meningkat. Banyak orang yang membeli dalam jumlah yang banyak. Sedangkan pasokan jumlah barang masih tetap. Hal ini yang menyebabkan mengapa pada saat menjelang puasa dan menjelang lebaran harga kebutuhan pokok meningkat.

Baca juga :  Menghemat Keuangan Bulan Ramadhan

Sebenarnya hal ini dapat kamu siasati dengan cara kamu dapat berbelanja banyak sebelum menjelang puasa maupun lebaran. Harga pada saat kamu berbelanja masih dalam keadaan normal. Budget kamu tidak akan membengkak karena membeli kebutuhan yang mahal.

3. Terlalu Banyak Jajan 

Penyebab Boros Pada Bulan Ramadhan

Pada saat menjalankan ibadah puasa, hal yang paling di tunggu-tunggu adalah waktu berbuka puasa. Pada saat berbuka puasa tentunya kamu menginginkan hidangan yang spesial. Salah satu kebiasaan yang banyak orang lakukan pada bulan puasa adalah berburu takjil.

Sebenarnya hal ini boleh saja di lakukan. Namun, jika kamu melakukannya setiap hari, apa tidak membuat kantong kamu menjadi tipis. Meskipun kamu mengeluarkan uang yang tidak banyak untuk membeli takjil. Ketika kamu lakukan selama sebulan penuh, hal ini akan menguras keuangan kamu. Kamu dapat membeli jajan untuk berbuka puasa, namun di usahan jangan terlalu sering.

4. Bergantung pada THR

Bagi yang sudah bekerja ketika bulan ramadhan tiba, hal yang paling di tunggu-tunggu adalah THR. THR bermanfaat untuk membiayai kebutuhan pada saat hari raya tiba. Namun, kebanyakan karyawan sudah menghabiskan gajinya sebelum THR cair.

Baca juga :  Bisnis Jasa Terpopuler pada Tahun Ini dan Berikutnya

Kemudian THR tersebut kamu habiskan untuk berfoya-foya pada saat lebaran. Sebenarnya THR juga dapat kamu gunakan sebagai sebagai tabungan tambahan yang dapat kamu gunakan untuk kepentingan kamu di masa yang akan mendatang.

5. Terlalu Banyak Mengikuti Bukber

Coba hitung-hitung dulu berapa kali dalam bulan ramadhan kamu mengadakan bukber. Mulai dari bukber TK, SD, SMP, SMA, Kuliah bahkan teman kerja. Terlebih lagi jika bukber tersebut sering di adakan di mall. Bisa-bisa pada saat lebaran kamu malah bokek. Hal-hal seperti ini yang membuat kita terlena. Sehingga tanpa kita sadari pada bulan Ramadhan pengeluaran kita jauh lebih banyak.

Perkembangan zaman saat ini menuntut kita untuk bisa bekerja dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, kamu membutuhkan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir POS dan Toko Online. Aplikasir membantu pekerjaan kamu menjadi lebih ringan. Dengan menggunakan Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola keuangan dengan cepat dan tepat. Selain itu, kamu juga dapat membuat toko online kamu dalam hitungan detik. Jadi tunggu apa lagi, buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore kamu sekarang juga dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Jalan Cerdik Menghasilkan Uang Melalui Blog

Jalan Cerdik Menghasilkan Uang Melalui Blog

Kamu memiliki hobi menulis, nah kamu dapat membuat blog. Dengan membuat blog, kamu tentunya dapat mempublikasi karya kamu. Jalan Cerdik Menghasilkan Uang Melalui Blog – Blogging dapat kamu lakukan pada…
Tips Memilih Nama Domain Bisnis Online Anda!

Tips Memilih Nama Domain Bisnis Online Anda!

Pada saat ini sudah banyak bisnis maupun perusahaan yang memakai website sebagai sarana menyampaikan informasi. Anda membutuhkan nama domain agar banyak orang dapat mengakses informasi. Tips Memilih Nama Domain Bisnis…
Cara Membuat Usaha Mie Ramen Japan

Cara Membuat Usaha Mie Ramen Japan

Kamu penggemar makanan japan? Atau suka japan?. Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Mie Ramen saat ini banyak diminati oleh banyak orang. Cara Membuat Usaha Mie…
Cara Meningkatkan Customer Experience Efektif

Cara Meningkatkan Customer Experience Efektif

Apakah kamu pernah mendengar istilah customer experience?. Bagi kamu seorang pembisnis tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah customer experience. Cara Meningkatkan Customer Experience Efektif – Customer experience merupakan pengalaman berbelanja yang…