Perjalanan Sukses Bisnis Kerajinan

Perjalanan Sukses Bisnis Kerajinan
Bingung buka usaha kreatif apa?. Salah satu industri kreatif yang sudah menjadi ciri khas Indonesia adalah kerajinan.

Perjalanan Sukses Bisnis Kerajinan – Kerajinan tangan di Indonesia sangat beragam. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Kerajinan tangan banyak didominasi untuk kebutuhan sovenir atau cindera mata, atau barang yang bersifat pajangan atau yang tidak memiliki fungsi.

Pada saat ini banyak orang yang memanfaatkan bahan daur ulang untuk membuat kerajinan. Tidak hanya menghasilkan produk dengan nilai estitik, namun juga bernilai fungsi. Misalnya kerajinan membuat figura, rak sepatu, tas dan lain sebagainya.

Pada  saat ini usaha kerajinan banyak di kembangkan oleh UMKM pada setiap daerah di Indonesia. Jangan salah, meskipun di kembangkan oleh UMKM, namun peminatnya sangat banyak.

Baca juga :  Tips Memilih Media Sosial yang Sesuai Bisnis Anda

Maka tidak heran bahwa pada saat usaha UMKM tumbuh subur khususnya bagi mereka yang menggeluti kerajinan tangan dengan daerah yang dekat dengan industri pariwisata.

Menarik bukan bisnis kerajinan tangan ini. Kamu dapat sukses besar dengan menggeluti bisnis ini. Terlebih lagi jika kamu tinggal berada di dekat dengan daerah wisata.

Hal ini akan sangat menguntungkan kamu dalam membuka bisnis kerajinan tangan. Lantas bagaimana cara sukses bisnis kerajinan tangan. Berikut ini Perjalanan Sukses Bisnis Kerajinan.

1. Menentukan Jenis Kerajinan Tangan

Perjalanan Sukses Bisnis Kerajinan

Pada saat ini sangat banyak jenis kerajinan tangan. Tentunya kamu harus memilih jenis kerajinan tangan apa yang kamu jadikan untuk bisnis.

Pada saat awal membuka bisnis kerajinan tangan tentunya kamu bingung kerajinan tangan seperti apa yang harus kamu gunakan. Sebelum kamu memutuskan untuk menjual kerajinan tangan, tentunya kamu harus melakukan riset produk terlebih dahulu.

Perlu kamu ketahui bahwa melakukan riset produk merupakan hal yang sangat penting. Dengan melakukan survei produk kamu mengetahui permintaan pasar yang ada.

Jenis kerajinan tangan apa yang tengah diminati oleh konsumen. Bagaimana trend kerajinan tangan yang tengah berlangsung. Bagaimana kondisi pasar kerajinan tangan saat ini dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga harus memikirkan beberapa hal penting lainnya. Misalnya bahan baku, apakah bahan baku kerajinan yang kamu buat mudah di dapat atau tidak.

Kemudian tenaga kerja, apakah tenaga kerja kamu dapat membuat kerajinan yang kamu pilih. Jika tidak, maka harus mencari tenaga kerja yang dapat membuat kerajinan tangah tersebut.

2. Inovatif

Perjalanan Sukses Bisnis Kerajinan

Setelah kamu dapat menentukan jenis kerajanin apa yang akan kamu jual. Tidak hanya cukup sampai menentukan produk yang tepat.

Pada saat ini kamu harus menentukan pembeda bisnis kamu dengan bisnis yang lainnya. Terlebih lagi merupakan seorang pendatang baru. Maka kamu harus mencari pembeda dari bisnis kamu dengan kompetitor kamu.

Jangan sampai kamu hanya mengikuti perkembangan trend sehingga tidak ada pembeda antara kamu dan kompetitor lainnya. Tentunya kamu membutuhkan hal yang berbeda dengan kompetitor kamu.

Baca juga : Skill yang Harus Dimiliki Seorang Influencer

Inovasi menuntut kamu untuk memberikan kreativitas yang berbeda. Maka dari itu, kamu ide awal dari bisnis kamu harus memiliki berbagai pilihan inovasi terbaru.

Sebagai pelaku bisnis industri kreatif tentunya kamu harus memiliki jiwa yang kreatif dan inovasi. Agar kamu dapat sukses dalam bisnis ini, jadikan inovasi sebagai nafas dalam menjalankan bisnis kamu.

Kamu harus mulai terbiasa dengan berpikir kreatif setiap harinya. Sebab akan selalu ada perubahan sejalan dengan berjalannya waktu.

3. Target Pasar yang Tepat

Target pasar sangat mempengaruhi perkembangan bisnis kamu. Ketika kamu dapat menemukan target pasar yang tepat, maka bisnis kamu akan berjalan dengan lancar.

Konsumen yang membeli produk kamu tentunya memiliki selara atau kebutuhan yang sama. Sehingga produk kerajinan tangan kamu dapat dengan mudah terjual.

Berbeda, ketika terget pasar kamu tidak jelas. Hal ini akan membuat bisnis kemu menjadi kacau. Sebab kamu sendiri saja tidak mengetahui terget pasar yang sesuai.

Strategi marketing yang kamu jalankan juga tidak akan berjalan dengan maksimal.  Untuk memudahkan kamu untuk mengetahui targer pasar yang tepat. Kamu dapat membagi target pasar menjadi dua jenis yaitu target pasar umum dan khusus.

Pertama, target pasar umum kamu dapat menuliskan siapa saja yang dapat menggunakan produk kerajinan kamu. Apakah dapat digunakan dalam berbagai usia, jenis kelamin dan lain sebagai. Jika iya maka target pasar kamu merupakan target pasar yang umum.

Kedua, targer pasar khusus kamu dapat menuliskan siapa saja yang kemungkinan menggunakan produk kamu. Apakah hanya wisatawan lokal, atau dapat juga digunakan oleh wisatawan mencanegara. Bila kamu mampu menjawab pertanyaan ini, maka kamu akan mengerucutkan target pasar kamu.

4. Memaksimalkan Pemasaran 

Lakukan 4 Hal Ketika Kamu Merilis Produk Baru

Banyak orang yang beranggapan bahwa kerajinan tangan hanya diperuntungkan untuk wistawan atau pelaku bisnis yang berada dalam daerah wisata. Jangan pernah berkecil hati, sebab kamu dapat memaksimalkan strategi pemasaran untuk meningkatkan transaksi.

Manfaatkan pemasaran baik secara online maupun pemasaran offline. Dengan memaksimalkan kedua strategi pemasaran ini, produk kerajinan tangan kamu akan lebih cepat terjual.

Baca juga :  Kenali Peran Marketing Communication Bisnis Online

Pada pemasaran offline kamu dapat menawarkan secara langsung kepada pengunjung wisatawan. Atau kamu juga dapat berjualan dikios-kios dekat lokasi wisata.

Sedangkan pada pemasaran online, kamu dapat mulai memasarkan produk kerajinan tangan pada media sosialnya. Pada saat ini banyak orang yang membutuhkan kerajinan tangan karena menyukai nilai seninya atau memang membutuhkan produk kerajinan tangan tersebut.

Dalam bisnis anda juga membutuhkan sofware aplikasi kasir pintar untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Aplikasi kasir pintar yang dapat membantu adalah Aplikasir.

Aplikasir adalah jawaban untuk pelayanan yang cepat dan tepat. Aplikasir merupakan aplikasi kasir POS dan toko online. Dengan menggunakan aplikasir kamu akan mendapatkan segala kemudahan dalam bertansaksi.

Setiap pengguna Aplikasi dapat membuat toko aplikasir dalam hitungan detik. Selain dapat membantu pekerjaan kasir. Aplikasir juga dapat membantu owner toko dalam memantau cabang toko.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat menjual barang dengan harga grosir maupun harga ecer.

Perjalanan Sukses Bisnis Kerajinan – Kamu gak perlu khawatir lagi untuk dapat kehabisan ruang penyimpanan ketika menggunakan Aplikasir. Sebab, aplikasir merupakan aplikasir yang ringan, sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, pembayaran, bahkan kepegawaian. Kamu juga dapat menjual barang dengan harga ecer maupun harga grosir.  Kamu bahkan dapat mengirim struk pembayaran langsung kepada konsumen melalui pesan whatsapps.

Pastikan sebelum kamu mengirim struk pembayaran melalui pesan whatsapp, nomor pelanggan sudah kamu catat dalam fitur pelanggan. Sebab jika data pelanggan belum ada, maka kamu tidak dapat mengirim pesan whatsapps kepada pelanggan yang bersangkutan.

Dapatkan Aplikasir sekarang juga di playstore Anda dan nikmati 30 hari pemakaian secara gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

 

You May Also Like
Alasan Mengapa Pembisnis Pemula Sering Gagal

Alasan Mengapa Pembisnis Pemula Sering Gagal

Setiap pembisnis memiliki keinginan agar bisnisnya dapat tercapai sukses. Terlebih lagi bagi mereka yang baru saja menapaki dunia bisnis. Alasan Mengapa Pembisnis Pemula Sering Gagal – Dalam mencapai sebuah kesuksesan…
4 Tips Membagi Waktu Pekerjaan dan Usaha Sampingan

4 Tips Membagi Waktu Pekerjaan dan Usaha Sampingan

Salah satu cara untuk mendapatkan uang tambahan adalah dengan membuka usaha sampingan. Usaha sampingan akan membantu kamu untuk dapat mendapatkan penghasilan tambahan.  4 Tips Membagi Waktu Pekerjaan dan Usaha Sampingan…
Rekomendasi Jenis Kerja Online yang Menjanjikan

Mengenal Kebiasaan Orang Kaya yang Dapat Kamu Tiru

Hidup kaya raya merupakan impian banyak orang. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi kaya. Mengenal Kebiasaan Orang Kaya yang Dapat Kamu Tiru – Ada banyak cara yang banyak orang lakukan…
Panduan transaksi hutang dengan uang muka Aplikasir

Aplikasi Kasir Gratis untuk Cafe

Restoran, rumah makan, café, serta tempat – tempat nongkrong asyik lainnya kini menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Banyak anak muda dan orang tua suka mampir ke tempat – tempat tersebut,…