Tips Mengatur dan Mengoptimalkan Stok Barang

Tips Mengatur dan Mengoptimalkan Stok Barang
Setiap bisnis yang menjual barang pasti akan selalu membuat stok barang. Baik pelaku bisnis online maupun offline melakukan stok barang.

Tips Mengatur dan Mengoptimalkan Stok Barang – Kegiatan stok barang tidak hanya kegiatan menyimpan barang semata. Kebanyakan pembisnis menginvestasikan uang mereka untuk membeli stok barang. Barang tersebut merupakan sumber keuntungan yang akan Anda peroleh pada nantinya.

Kegiatan stok barang tidak dapat di lakukan secara sembarangan. Jika Anda melakukan stok barang tanpa adanya pertimbangan yang matang. Hal ini akan menjadi boomerang yang berimbas pada bisnis Anda.

Bayangkan saja, jika Anda tidak melakukan penyetokan barang dengan benar. Ketika ada barang yang sedang laku keras. Kemudian Anda kahabisan stok barang. Maka Anda tidak akan dapat memenuhi kebutuhan pelangga dan membuat pelanggan menjadi kecewa.

Tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada bisnis yang sedang kamu jalankan. Maka kamu harus mengetahui waktu yang tepat yang digunakan untuk mengisi stok baru.

Baca juga : Simak Penyebab Kekurangan Stok Barang!

Anda bisa saja langsung memesan barang ke suplier. Namun untuk mengirim barang. Anda juga membutuhkan waktu. Terlebih lagi jika jarak antara bisnis Anda dengan  suplier jauh atau berada di luar kota.

Oleh karena ini kamu harus pintar-pintar dalam membaca situasi. Jika stok barang kamu habis pada saat tingkat pembeli konsumen meningkat, maka kamu akan kehilangan momen yang tepat untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Sebagai pelaku bisnis Anda tidak ingin bukan bisnis Anda mengalami harus mengalami hal tersebut. Lalu bagaimana cara yang baik untuk mengutur stok barang. Berikut ini tips mengatur dan mengoptimalkan stok barang.

1. Mengutamakan Stok Lama

Agar stok lama tidak semakin menumpuk maka utamakan untuk mengeluarkan barang lama terlebih lama terlebih dahulu. Dengan mengeluarkan stok barang lama, Anda juga dapat meminimalisir terjadinya kerusakan barang, cacat atau basi dan lain sebagainya.

Dengan menerapkan prinsip ini, Anda juga dapat meminimalisir kerugian yang di akibatkan dari banyaknya barang lama yang tidak laku. Catat selalu setiap ada barang baru yang baru yang masuk. Kemudian ambil stok barang yang sudah lama terlebih dahulu, jika Ada pelanggan yang ingin membeli.

Mengutamakan stok lama juga dapat membantu produk kamu dari kerusakan. Jika produk kamu rusak dan tidak dapat dijual. Maka dari itu, pentingnya untuk mengutamakan stok yang lama terlebih dahulu.

2. Menetapkan Jumlah Minimum Stok Barang

Tips Mengatur dan Mengoptimalkan Stok Barang

Anda tentu sangat berharap bahwa bisnis Anda dapat lak keras di pasaran. Jika produk Anda kebanjiran orderan maka stok barang Anda akan semakin menipis. Jangan sampai Anda kehabisan stok barang.

Oleh karena itu, Anda dapat menerapkan sistem membuat minimal stok barang. Jika stok barang sudah mendekati batas minimum. Maka Anda dapat segera membeli produk tersebut.

Baca juga :  Mengenal Omnichannel Teknologi Mengelola Bisnis

Jika stok barang sudah mencapai jumlah minimal maka kamu harus segera menambah stok barang. Jangan sampai kamu kehabisan stok barang sehingga kegiatan jual beli tidak dapat berjalan seperti sebagai mana mestinya.

3.   Menjaga Hubungan yang Baik Dengan Supplier

Tips Mengatur dan Mengoptimalkan Stok Barang

Menjaga hubungan yang baik dengan supplier meupakan salah satu cara agar Anda dapat menjaga stok barang tetap aman. Peran supplier dalam stok barang sangat besar. Sebab tanpa adanya kerja sama dengan supplier, Anda tidak akan mendapatkan stok barang.

Selain itu kerja sama yang baik dapat membantu Anda dalam memenuhi stok barang dengan. Hubungan yang dengan supplier antara lain adalah mengembalikan barang yang cacat, dapat mengirim stok barang dengan cepat dan masih banyak lagi.

Hubungan kerja sama yang baik juga dapat membantu Anda untuk memesan banyak barang pada saat promo barang-barang tertentu. Jika kamu sudah akrab dengan supplier kamu juga berpeluang untuk mendapatkan barang dengan harga yang murah. Sebab kamu sudah memiliki kedekatan emosional dengan supplier barang.

4.Mempertimbangkan Dropshipping

Tips Mengatur dan Mengoptimalkan Stok Barang

Bagi Anda yang sangat kesulitan dalam sistem stok barang mungkin Anda perlu mempertimbangkan dropshipping. Dengan sistem dropshipping Anda tidak perlu memikirkan lagi cara untuk menyimpan stok barang dan pengiriman barang. Sebab hal tersebut sudah di lakukan oleh supplier. Namun keuntungan yang Anda dapatkan tergolong kecil.

Cara ini dapat kamu lakukan apabila kamu memiliki modal yang kecil. Dengan modal yang kecil kamu tidak dapat membeli banyak barang. Oleh karena itu, lebih baik kamu mengumpulkan modal terlebih dahulu dengan cara mengikuti dropshiping.

Baca juga : 5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir Pintar

Dalam mengelola bisnis, Anda juga membutuhkan strategi marketing yang baik. Strategi yang banyak digunakan saat ini adalah dengan menggunakan media sosial dan website. Untuk membuat akun media sosial cukup mudah, Anda cukup mendwonload platfrom media sosial di playstore kemudian Anda hanya tinggal mendaftarkan akun secara gratis.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan, pembelian hingga kepegawaian. Aplikasir dapat digunakan dihandphone, laptop maupun komputer. Kamu gak usah takut lagi bakalan kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir.

Tips Mengatur dan Mengoptimalkan Stok Barang– Sebab Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyempanan lagi. Salain itu Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Namun, penggunaan mode offline hanya dapat digunakan dihandphone.

Sebaiknya kamu hanya menggunakan mode offline hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data. Mode offline Aplikasir hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone.

 Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Gak usah takut lagi untuk lagi kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan untuk digunakan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Dalam mengelola bisnis Anda juga membutuhkan sofware aplikasi kasir pintar. Aplikasir merupakan solusi untuk bisnis Anda. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online. Dengan menggunakan Aplikasir membantu banyak pekerjaaan kasir dalam transaksi, mengelola stok barang dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apa lagi buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore Anda. Nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Alasan Segmentasi Pasar Penting untuk Menemukan Konsumen

Alasan Segmentasi Pasar Penting untuk Menemukan Konsumen

Segmentasi pasar mungkin masih asing bagi pembisnis. Padahal segmentasi pasar sangat penting untuk menemukan konsumen pontensial. Alasan Segmentasi Pasar Penting untuk Menemukan Konsumen – Segmentasi pasar merupakan pengelompokan target bisnis…
Keuntungan Word of Mouth Marketing untuk Bisnis

Keuntungan Word of Mouth Marketing untuk Bisnis

Word of Mouth merupakan strategi yang dilakukan oleh seorang konsumen kepada orang terdekatnya. Mereka biasanya memiliki pengalaman yang baik saat berbelanja di toko Anda. Keuntungan Word of Mouth Marketing untuk…
Tips Memaksimalkan Viral Marketing Bisnis

Tips Memaksimalkan Viral Marketing Bisnis

Perkembangan bisnis di dunia teknologi digital saat ini sangat maju. Salah satu cara bisnis di dunia teknologi digital adalah dengan membuat konten. Tips Memaksimalkan Viral Marketing Bisnis – Ada banyak…
Simak Tips Marketing Campaign untuk Mencuri Hati Konsumen

Simak Tips Marketing Campaign untuk Mencuri Hati Konsumen

Jika Anda membeli mie instant di toko kelontong, pasti kamu tidak bilang ke penjual akan membeli instant. Kamu sudah pasti menyebutnya “beli indimie atau sarimi” walaupun yang kamu beli bukan merek tersebut. Padahal…