4 Pentingnya Ilmu Akuntansi Bagi UMKM

4 Cara Memulai Bisnis Online Agar Menghasilkan Cuan

Jika kamu membuka bisnis UMKM tentunya kamu membutukan ilmu akuntansi. Sesederhana apapun bisnis kamu pasti kamu membutuhkan ilmu akuntansi. Terlebih lagi bagi kamu pelaku usaha UMKM harus memiliki strategi yang untuk dapat mengembangkan usaha. 

4 Pentingnya Ilmu Akuntansi Bagi UMKM – Ilmu akuntansi merupakan salah satu ilmu yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis. Dengan ilmu akuntansi yang baik tentunya kamu akan dengan mudah merencanakan usaha. Perencaan usaha akan terencana dengan baik.

Selain itu, ilmu akuntansi juga dapat membantu kamu untuk dapat membuat laporan keuangan menjadi terstuktur. Ada banyak pelaku UMKM yang gulung tikar bukan karena barang dagangannya tidak laku. Namun, ada banyak pelaku bisnis yang tidak dapat mengatur keuangan.

Baca juga : 5 Pentingnya Belajar Bisnis untuk Kehidupan

Maka dari itu, ilmu akuntansi sangat penting bagi pelaku bisnis UMKM.  Sayangnya pada saat ini ada banyak pelaku bisnis yang lebih mementingkan masalah marketing. Banyak pelaku bisnis yang mementingkan permasalahan marketing.

Terlebih lagi pada saat ini banyak pelaku bisnis yang menganggap bahwa akuntansi tidak penting. Mereka menganggap akuntansi tidak akan berdampak baik bagi bisnis. Padahal, akuntansi sangat mempengaruhi kualitas bisnis kamu. Dengan aku akuntansi kamu dapat mengetahui keadaan keuangan bisnis.

Maka dari sangat penting untuk mempelajari ilmu akuntansi bagi pelaku bisnis. Berikut ini 4 Pentingnya Ilmu Akuntansi Bagi UMKM.

1. Sebagai Perencana dan Penilai Bisnis

4 Manfaat Penggunaan Sofware Akuntansi

Alasan pertama mengapa pelaku bisnis UMKM harus memiliki ilmu akuntasi adalah sebagai perencanaan dan penilaian bisnis. Melalui akuntansi kamu dapat melihat rincian biaya produksi. Jika ada hal yang ganjal atau mencurigakan maka kamu dapat mengetahui dengan cepat.

Melalui ilmu akuntansi kamu juga dapat melihat bagaimana kondisi keuangan kamu. Berapa keuntungan yang kamu dapatkan, apakah kamu mengalami kerugian atau tidak dan lain sebagainya. Jika kamu mengalami kerugian maka kamu dapat melakukan evaluasi usaha.

Jadi, akuntansi juga dapat kamu jadikan sebagai bahan untuk penilaian kondisi bisnis. Suatu bisnis dapat dikatakan sukses jika barang yang terjual banyak. Untuk mengetahui berapa banyak kamu dapat menjual barang adalah dengan akuntansi.

2. Sebagai Alat untuk Mengetahui Transaksi

4 Pentingnya Ilmu Akuntansi Bagi UMKM

Alasan penting lainnya adalah sebagai alat untuk mengetahui transaksi. Dalam usaha pasti akan terjadi transaksi. Setiap transaksi yang terjadi dalam usaha kamu tentunya harus kamu catat.  Mencatat segala proses transaksi maka akan dengan mudah untuk mengetahui usaha kamu.

Baca juga juga : 4 Tips Membangun Usaha Sampingan

Dengan menyusun akuntansi, maka setiap transaksi yang terjadi dalam usaha kamu akan terlihat dengan detail. Kamu juga akan dengan mudah untuk memantau transaksi keluar masuk yang terjadi dalam usaha.  Pelaku usaha juga tidak perlu khawatir lagi dengan catatan transaksi yang ada dalam usaha.

Dengan akuntansi segala transaksi kamu akan tersusun dengan rapi. Transaksi kamu akan memiliki urutan yang jelas jika kamu menggunakan ilmu akuntansi. Maka dari itu, pelaku bisnis harus dapat memahami ilmu akuntansi karena dapat memiliki banyak manfaat.

3. Sebagai Media untuk Mengambil Keputusan

4 Pentingnya Ilmu Akuntansi Bagi UMKM

Dengan menyusun akuntansi juga dapat dijadikan sebagai media untuk mengambil keputusan. Data-data akuntansi bisnis tentu saja dapat mencerminkan bagaimana keadaan bisnis kamu. Bagaimana transaksi yang terjadi selama ini.

Bagaimana keuntungan yang kamu dapatkan selama ini. Apakah kamu mengalami kerugian atau tidak. Semua hal tersebut dapat kamu ketehui dengan menggunakan ilmu akuntansi.

Dari akuntansi, kamu juga dapat melihat apakah bisnis kamu mengalamu kemajuan atau tidak. Perlu diperhatikan apakah strategi pemasaran kamu berdampak pada perkembangan bisnis kamu atau tidak. Jika strategi tersebut tidak membuat bisnis kamu tidak berkembang maka kamu dapat mengganti strategi lainnya.

Peran akuntansi sangat penting dalam kehidupan bisnis. Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis kamu tidak boleh meremehkan ilmu akuntansi. Pada saat ini kamu juga tidak perlu pusing untuk menulis akuntansi dalam bentuk buku.

Saat ini sudah ada Aplikasir yang akan membantu kamu untuk mencacat penjualan kamu. Kamu akan mengetahui laporangan keuangan akuntansi kamu hanya dengan membuka aplikasir. Dengan aplikasir segala aktivitas bisnis kamu menjadi lebih mudah.

4. Untuk Mengatahui Jumlah Aset, Modal dan Hutang

4 Pentingnya Ilmu Akuntansi Bagi UMKM

Alasan mengapa akuntansi sangat penting adalah untuk mengetahui aset, modal dan hutang. Sebagai pelaku bisnis kamu pasti memiliki modal atau hutang dalam mengembangkan bisnisnya. Besaran hutang dan modal dapat terlihat dengan kamu menerapkan ilmu akuntansi.

Apalagi hutang merupakan hal paling penting. Jangan sampai kamu menggampangkan persoalan hutang. Ada banyak pelaku bisnis yang gulung tikar bukan karena produknya tidak laku. Namun, karena hutang yang tidak terbayarkan.

Baca juga : Manfaat Buzz Marketing Untuk Bisnis Anda!

Untuk mengambil hutang ada baiknya untuk memperhatikan kodisi keuangan bisnis kamu. Apakah kamu memiliki dana cadangan atau tidak. Jika bisnis kamu sedang mengalami krisis maka kamu tidak dapat membayar hutang. Maka dari itu, jangan pernah meremehkan persoalan hutang.

Pada saat kamu menjalankan bisnis kamu sudah memiliki pendoman yang tepat. Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

4 Pentingnya Ilmu Akuntansi Bagi UMKM  – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
Mengenal 4 Keuntungan Deposito

Mengenal 4 Keuntungan Deposito

Memiliki tabungan merupakan hal yang penting. Dengan memiliki tabungan kamu dapat mengantisipasi hal yang tidak kamu inginkan terjadi pada masa yang akan datang. Mengenal 4 Keuntungan Deposito – Selain itu,…
Cara Mengelola Kasbon Agar Usaha Tetap Berjalan

Cara Mengelola Kasbon Agar Usaha Tetap Berjalan

Bagi pelaku usaha warung kelontong, tentunya tidak asing lagi dengan kasbon. Kasbon atau hutang pembeli menjadi daya tarik sendiri bagi konsumen. Cara Mengelola Kasbon Agar Usaha Tetap Berjalan – Banyak…
Tips Mengelolah Cuan Saat Membangun Berbisnis

Tips Mengelolah Cuan Saat Membangun Berbisnis

 Pada saat membangun bisnis tentunya kamu membutuhkan manajeman keuangan yang jelas untuk menjalankan usaha kamu. Kamu harus dapat memisahkan keuangan pribadi, modal bisnis dan keuntungan bisnismu.  Tips Mengelolah Cuan Saat…
5 Tips Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Kecil

5 Tips Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Mengelola bisnis bukan perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Ketika kamu sudah memutuskan untuk mengelola bisnis, maka kamu harus dapat fokus.  5 Tips Mengelola Akuntansi untuk…