4 Penyebab Bisnis UMKM Sulit Berkembang

4 Penyebab Bisnis UMKM Sulit Berkembang

Memiliki bisnis tentu impian hampir semua orang. Pada saat ini banyak bisnis yang dapat kamu lakukan tanpa modal besar. Salah satunya adalah dengan membuka bisnis UMKM.

4 Penyebab Bisnis UMKM Sulit Berkembang – Ada banyak sekali jenis UMKM yang dapat kamu coba. Namun, kebanyakan bisnis UMKM banyak peminatnya adalah bisnis UMKM. Peminat bisnis UMKM tidak hanya dari orang dewasa saja. Pada saat ini banyak anak muda yang juga tertarik dengan bisnis UMKM.

Meskipun modalnya tergolong kecil dan terjangkau namun, keuntungan dari bisnis UMKM ini juga cukup besar. Maka dari itu, ada banyak orang yang saat ini tertarik dengan bisnis UMKM. Semakin banyak orang yang tertarik dengan bisnis UMKM maka persaingan yang ketat tidak dapat terhindarkan.

Baca juga : 4 Tips Mengembangkan Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah

Maka dari itu, untuk membangun bisnis UMKM kamu harus mempersiapkannya dengan matang. Jangan sampai kamu malah hanya mengikuti teman-teman kamu membuka bisnis UMKM. Hal ini tentu saja akan membuat diri kamu menjadi tidak dapat mengembangkan bisnis dengan baik.

Ada banyak pelaku bisnis UMKM yang bangkrut bukan karena dagangannya tidak laku. Namun, mereka tidak mempersiapkan bisnis dengan matang. Mau tau apa saja penyebab bisnis tidak berkembang. Berikut ini 4 Penyebab Bisnis UMKM Sulit Berkembang yang perlu kamu ketahui.

1. Pengetahuan yang Terbatas

Mau tau bagaimana cara memilih program kasir yang tepat. Berikut ini 5 Tips Cerdas Memilih Program Kasir.

Hal pertama yang menyebabkan kamu bisnis UMKM kamu tidak berkembang adalah kamu memiliki pengetahuan yang terbatas. Biasanya UMKM dioleh oleh pelaku bisnis dengan sumber daya manusia yang terbatas baik dalam jumlah maupun pengetahuan.

Sumber daya menusia yang memiliki pengetahuan terbatas akan mempengaruhi kualitas bisnis usaha yang sedang dijalankan. Maka dari itu, sebelum kamu membangun bisnis, ada baiknya untuk belajar terlebih dahulu mengenai pengetahuan bisnis UMKM yang akan kamu jalankan. Ada banyak cara yang dapat lakukan untuk mendapatkan pengetahuan mengenai UMKM.

Kamu dapat belajar dari internet, buku atau mengikuti seminar. Selain itu, kamu juga dapat mencari pengalaman terlebih dahulu dengan menjadi karyawan terlebih dahulu. Dengan menjadi karyawan kamu dapat memahami bagaimana owner kamu menjalankan bisnisnya.

2. Pemasaran yang Kurang

4 Penyebab Bisnis UMKM Sulit Berkembang

Pada saat ini banyak pelaku bisnis UMKM yang dapat membuat produk yang berkualitas. Namun, banyak pula pelaku bisnis UMKM yang masih kesulitan dalam pemasaran. Kebanyakan dari mereka memanfaatkan pemasaran secara offline saja.

Hal ini tentu saja akan membuat pelaku UMKM kesulitan untuk mendapat konsumen. Terlebih lagi pada saat ini banyak persaingan dari dunia bisnis online. Keberadaan bisnis online ini tentu saja sangat berpengaruh bagi pelaku bisnis yang mengandalkan penjualan hanya melalui offline saja.

Baca juga : 5 Tips Mengatur Keuangan Usaha Dagang

Mereka tentu saja akan kehilangan banyak konsumen. Terlebih lagi, bisnis online dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Jadi mereka tidak hanya mengandalkan penjualan secara offline saja.

Maka dari itu, pada saat ini banyak pelaku bisnis UMKM yang menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan aplikasi kasir dan toko online. Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat membuat toko online dengan hitungan detik.

3. Tidak Membuat Perencanaan Bisnis dan Anggaran

4 Cara Memulai Bisnis Bento Cake

Meskipun bisnis kamu merupakan bisnis UMKM namun, kamu harus tetap membuat perencanaan bisnis dan anggaran. Dengan membuat rencana bisnis dan anggaran kamu akan memiliki pedoman pada saat melaksanakan bisnis tersebut. Kamu juga akan dengan mudah untuk menjalankan bisnis kamu karena kamu sudah memiliki rencana.

Kamu mengetahui apa tujuan kamu membuka bisnis. Dengan begitu, kamu dapat membuat strategi bisnis untuk mencapai tujuan dari rencana bisnis kamu.  Selain membuat rencana bisnis kamu juga tidak boleh mengesampingkan dalam membuat anggaran.

Anggaran merupakan sesuatu yang penting dalam bisnis. Pada awal membuka bisnis UMKM kamu harus dapat menentukan berapa anggaran yang akan kamu keluarkan sebagai modal bisnis. Dengan anggaran tersebut kamu dapat menentukan besar kecilnya bisnis yang akan kamu buat.

Semakin besar anggaran yang kamu miliki tentu saja akan semakin  besar pula bisnis yang kamu buat. Namun, jika kamu memiliki modal yang kecil juga tidak masalah. Kamu dapat memulai bisnis dengan modal kecil, terlebih lagi  banyak UMKM yang memiliki modal kecil tapi dapat berkembang menjadi besar.

4. Kurangnya Modal

5 Tips Mengelola Uang Kasbon untuk Keuangan Sehat

Kurangnya modal juga dapat menyebabkan bisnis kamu menjadi tidak berkembang. Dengan modal yang sangat minum kamu juga tidak dapat mengembangkan bisnis kamu. Maka dari itu perencaan bisnis dan anggaran sangat penting.

Meskipun saat ini kamu dapat membuka usaha tanpa modal sekalipun. Namun, kamu akan memiliki banyak keterbatasan dalam menjalankan bisnis kamu. Maka dari itu, usahakan kamu memiliki modal yang cukup dalam berbisnis.

Baca juga : 5 Tips Mengatur Keuangan Usaha Dagang

Ada banyak kemudahan yang dapat kamu lakukan jika kamu memiliki modal yang cukup. Salah satunya adalah kamu dapat membeli berbagai alat penunjang bisnis. Kamu juga dapat membeli peralatan usaha dengan kualitas  yang baik.

Hal ini tentunya akan berdampak baik bagi bisnis kamu. Tidak akan ada kendala yang berarti karena kamu memiliki berbagai macam peralatan yang baik dan dapat membantu bisnis kamu.

Pada saat kamu menjalankan bisnis kamu sudah memiliki pendoman yang tepat. Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

4 Penyebab Bisnis UMKM Sulit Berkembang  – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

 

You May Also Like

Ketahui Jenis Barang Pre-Order yang Laris Manis

Pre-order kini sudah tidak asing lagi bagi kamu yang berkecimpung dalam jual beli online. Banyak orang yang kini terjun langsung sebagai pembisnis online pre-order. Ketahui Jenis Barang Pre-Order yang Laris Manis – Semakin…
Manfaat Menentukan Target Pasar Bisnis

Manfaat Menentukan Target Pasar Bisnis

Salah satu indikator dalam kesuksesan dalam berbisnis adalah menentukan target pasar yang tepat. Dengan terget pasar yang tepat maka Anda akan dengan mudah mengelola bisnis Anda. Manfaat Menentukan Target Pasar…
Peran Customer Focus Agar Pelayanan Bisnis Maksimal

Peran Customer Focus Agar Pelayanan Bisnis Maksimal

Kunci kesuksesan sebuah perusahaan atau bisnis adalah memiliki banyak pelanggan. Tanpa adanya pelanggan sebagus apapun bisnis Anda maka bisnis Anda tidak akan dapat berkembang. Peran Customer Focus Agar Pelayanan Bisnis…
Tips Memilih Nama Domain Bisnis Online Anda!

Tips Memilih Nama Domain Bisnis Online Anda!

Pada saat ini sudah banyak bisnis maupun perusahaan yang memakai website sebagai sarana menyampaikan informasi. Anda membutuhkan nama domain agar banyak orang dapat mengakses informasi. Tips Memilih Nama Domain Bisnis…