4 Tips Mengembangkan Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah

4 Tips Mengembangkan Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah

Pada saat kamu berkunjung ke suatu daerah atau pergi ke suatu tempat, tentunya kamu tidak akan pulang tanpa membawa oleh-oleh khas daerah. Kamu pasti membeli oleh-oleh untuk orang-orang disekitar kamu. 

4 Tips Mengembangkan Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah – Maka dari itu, tidak heran pada saat ini banyak pelaku bisnis yang menekuni bisnis ini. Pada setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang tidak dapat kamu temui di daerah lain. Maka dari itu, toko oleh-oleh akan menjadi tujuan banyak orang jika pergi ke suatu daerah.

Bahkan pada saat ini banyak artis Indonesia yang juga menekuni bisnis ini.  Pada saat ini bisnis oleh-oleh menjadi primadona tersendiri. Tidak hanya banyak di cari oleh orang yang selesai treveling atau berkunjung ke suatu daerah tertentu.

Baca juga : 4 Tips Mengembangkan Bisnis UMKM

Dengan rasa yang nikmat dan kemasan yang menarik akan banyak orang yang memburu oleh-oleh yang kamu tawarkan. Konsumen akan kembali lagi untuk membeli oleh-oleh tersebut. Semakin banyak orang yang tertarik dengan bisnis kamu tentunya akan semakin baik bagi bisnis kamu.

Keuntungan yang kamu dapatklan dari bisnis oleh-oleh ini juga tergolong besar. Kamu tertarik untuk bisnis oleh-oleh namun masih bingung bagaimana cara mengembangkannya?. Berikut ini 4 Tips Mengembangkan Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah.

1. Bekerja Sama dengan Tour & Travel

4 Tips Mengembangkan Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah

Hal pertama yang dapat kamu lakukan jika kamu membuka bisnis oleh-oleh khas daerah adalah dengan membuat kerja sama dengan pihat tour & travel. Cara ini tentu saja akan menguntungkan bisnis kamu, karena pihak tour & travel akan merekomendasikan untuk membeli oleh-oleh di tempat bisnis kamu.

Cara ini tentunya efektif bagi kamu untuk meningkatkan penjualan. Wisatawan akan terus berdatangan karena pihak tour & travel merekomendasikan bisnis oleh-oleh milik kamu. Namun, jika kamu sudah mantap untuk bekerja sama dengan tour & travel, kamu harus memiliki fasilitas ruang parkir yang luas untuk parkir kendaraan, toko yang luas agar dapat memuat banyak orang dan lain sebagainya.

Maka dari itu, pilihan bekerja sama dengan tour & travel merupakan pilihan terbaik bagi kamu pelaku bisnis oleh-oleh. Pastikan kamu juga memilih tour & travel terpercaya di kota kamu. Dengan kerja sama yang baik akan menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pihak.

2. Memberikan Sentuhan Modern

4 Tips Mengembangkan Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah

Oleh-oleh tentu tidak jauh dari kesan tradisional. Terlebih lagi makanan tradisional yang selalu memiliki ciri khasnya tersendiri. Maka dari itu, tidak heran bahwa oleh-oleh tradisional ini banyak di cari oleh wisatawan.

Namun, sebagai pelaku bisnis kamu juga harus memahami perkembangan zaman. Agar konsumen tidak bosan dengan produk kamu, maka kamu dapat memberikan sentuhan modern pada produk kamu. Hal ini tentu saja akan membuat konsumen menjadi tidak bosan dengan produk oleh-oleh yang kamu jual.

Baca juga : 4 Tips Mengembangkan Bisnis UMKM

Sentuhan modern ini dapat kamu aplikasikan baik pada kemasan ataupun produk kamu. Jika produk kamu berupa makanan tradisional maka kamu dapat menambahkan rasa seperti coklat, keju dan lain sebagainya. Kamu juga dapat memberikan sentuhan modern pada kemasan.

Dengan kemasan yang modern juga akan meningkatkan harga jual. Dengan kemasan yang bagus tentu saja  nilai jualnya akan lebih tinggi. Hal ini tentu saja akan menambah keuntungan kamu menjadi berkali-kali lipat.

3. Memanfaatkan Penjualan Online

5 Tips Mengelola Modal Usaha

Pada saat ini tentunya kita sudah terpengaruh dengan penjualan online. Meskipun bisnis kamu tergolong bisnis oleh-oleh yang kebanyakan konsumennya datang langsung ke toko. Namun, kamu juga dapat memanfaatkan penjualan online.

Penjualan online dapat meningkatkan penjualan kamu. Selain kamu memperoleh pendapatan dari penjualan toko. Kamu juga akan mendapatkan penghasilan dari bisnis online. Dengan bisnis online, konsumen yang jauh akan dapat mudah memperoleh oleh-oleh tanpa harus pergi ke daerah tersebut.

Salah satu cara jualan online yang saat ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis adalah dengan cara membuka website toko online. Kamu masih pusing gimana cara membuat website toko online?. Nah gak usah khawatir lagi, saat ini kamu dapat memanfaatkan Aplikasir.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat membuat toko online dalam hitungan detik. Tentunya hal ini sangat praktis dan efisien jika kamu membuat toko online sendiri. Dengan satu aplikasi, kamu dapat membantu semua kepentingan bisnis.

4. Tawarkan Potongan Harga

4 Tips Mengembangkan Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah

Kebanyakan wisatawan akan membeli oleh-oleh dalam jumlah yang lebih banyak. Oleh karena itu, kamu dapat memberikan tawaran potongan harga jika konsumen membeli dalam jumlah yang banyak. Semakin banyak konsumen dalam membeli oleh-oleh maka harganya juga akan semakin murah.

Cara ini tentunya akan membuat konsumen menjadi tertarik untuk membeli oleh-oleh di toko kamu. Mereka tidak takut membeli oleh-oleh dalam jumlah yang besar. Karena mereka juga akan mendapatkan diskon.

Baca juga : 5 Tips Menghilangkan Rasa Takut Gagal Dalam Memulai Bisnis

Keuntungan yang kamu dapatkan juga masih tergolong banyak. Sebab konsumen juga akan mendapatkan diskon jika mereka membeli oleh-oleh dengan jumlah banyak. Cara ini ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

4 Tips Mengembangkan Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
4 Tips Membayar Angsuran Tepat Waktu

4 Tips Membayar Angsuran Tepat Waktu

Saat ini banyak orang yang terdesak ekonomi dan memilih jalan untuk mengajukan pinjaman. Cara ini dianggap efektif, terlebih lagi saat ini ada banyak lembaga pinjaman. 4 Tips Membayar Angsuran Tepat…
4 Cara Seru Jalani Bisnis UMKM

4 Manfaat Sofware Aplikasi Kasir Bagi Restoran

Besar kecilnya suatu bisnis tidak akan mempengaruhi pentingnya keuangan. Keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis apapun. Banyak pelaku bisnis yang gagal bukan karena produknya tidak laku dipasaran. Melainkan…
Kenali Peluang Bisnis Menjelang Perayaan Imlek

Kenali Peluang Bisnis Menjelang Perayaan Imlek

Setiap tahunnya perayaan etnis Tionghoa pasti menunggu momen perayaan imlek. Perayaan imlek ini tentunya sangat dinanti oleh oleh banyak orang. Kenali Peluang Bisnis Menjelang Perayaan Imlek – Tidak hanya etnis…
5 Manfaat Memiliki Bisnis Saat Menjadi Karyawan

5 Manfaat Memiliki Bisnis Saat Menjadi Karyawan

Bekerja sebagai karyawan tentunya sangat lazim di lakukan oleh banyak orang. Namun, bekerja sebagai karyawan sekaligus memiliki bisnis, tentunya tidak dapat di lakukan oleh banyak orang. 5 Manfaat Memiliki Bisnis…