5 Cara Efektif Mengelola Hutang dalam Bisnis

5 Cara Efektif Mengelola Hutang dalam Bisnis

Membangun bisnis tentu saja membutuhkan modal. Banyak tidaknya modal bisnis yang kamu perlukan tentunya tergantung dari bisnis yang ingin kamu bangun. Semakin besar bisnis yang ingin kamu kamu kembangkan semakin pula modal yang harus kamu keluarkan.

5 Cara Efektif Mengelola Hutang dalam Bisnis – Modal merupakan salah satu alasan mengapa pelaku bisnis memiliki hutang. Dengan meminjam uang terlebih dahulu pelaku bisnis dapat dengan mudah untuk mengembangkan bisnis kamu. Bagi pelaku bisnis UMKM, kamu juga akan mendapatkan banyak kemudahan pada saat akan mengajukan pinjaman di bank.

Namun, ketika kamu memutuskan untuk meminjam uang di bank maka kamu mendapat tanggungan untuk membayar angsuran setiap bulannya. Maka dari itu, untung mengambil hutang di bank membutuhkan pertimbangan yang matang. Pastikan kamu memiliki dana cadangan untuk dapat membayar tagihan setiap bulannya.

Baca juga :  4 Pentingnya Ilmu Akuntansi Bagi UMKM

Maka dari itu, seorang pelaku bisnis harus dapat mengelola hutang dengan baik. Ada banyak pelaku bisnis yang gulung tikar bukan karena barang dagangannya tidak laku. Melainkan karena mereka banyak terlilit hutang.

Maka dari itu, ada banyak pertimbangan yang harus kamu lakukan pada saat melakukan ingin mengambil pinjaman.  Terlebih jika kamu baru saja membuka bisnis. Kamu belum megngetahui apakah bisnis kamu akan berkembang dan menghasilkan keuntungan atau tidak.

Namun, pada setiap bulannya kamu tetep harus membayar angsuran. Berikut ini 5 Cara Efektif Mengelola Hutang dalam Bisnis.

1. Membuat Perencaan Sebelum Mengajukan Pinjaman

5 Cara Efektif Mengelola Hutang dalam Bisnis

Sebelum kamu memutuskan untuk mengambil pinjaman. Ada baiknya untuk membuat perencaan terlebih dahulu. Dengan adanya perencaan kamu juga dapat mempertimbangkan alasan mengapa kamu harus mengajukan pinjaman.  Jika memang kamu saat ini membutuhkan pinjaman maka kamu dapat memilih pinjaman yang sesuai dengan keadaan bisnis kamu.

Pilih pinjaman dengan bunga yang kecil. Selain itu, kamu juga harus dapat memilih pinjaman dari bank yang terpercaya. Usahakan kamu juga tidak terlalu lama dalam mengambil pinjaman. Ketika kamu memutuskan untuk mengambil pinjaman, maka kamu juga memiliki kewajiban untuk membayar angsuran setiap bulannya.

Selain itu, kamu juga harus memiliki dana cadangan jika sewaktu-waktu bisnis kamu sedang mengalami masalah pada keuangan. Maka dari itu, kamu harus benar-benar memperhatikan keputusan kamu pada saat mengambil pinjaman uang.

2. Menyesuaikan dengan Kemampuan Membayar

5 Cara Efektif Mengelola Hutang dalam Bisnis

Jika kamu sudah memutuskan untuk berhutang maka kamu berkewajiban untuk membayar angsurang setiap bulannya. Maka dari itu, kamu dapat membayar angsuran sesuai dengan kemampuan kamu. Jangan sampai kamu memilih angsuran yang terlalu besar.

Baca juga :  4 Tips Membangun Usaha Sampingan

Pertimbangan dari kemampuan  kamu untuk membayar angsuran ini adalah dapat kamu ambil dari rata-rata keuntungan yang kamu dapatkan kemudian dikurangi kebutuhan sehari-hari. Namun, ada baiknya tidak menggunakan semua keuntungan untuk membayar hutang. Pastikan kamu juga menyiapkan dana untuk modal selanjutnya dan dana investasi.

Agar dapat mengelola hutang bisnis dengan baik, ada baiknya untuk ,meminjam pinjmana sesuai dengan realistis keuangan kamu. Jangan sampai kamu terlilit hutang pada saat berbisnis. Kamu akan mengelami kesulitan pada saat membayar angsuran tiap bulannya.

3. Fokus pada Tujuan Hutang

5 Cara Efektif Mengelola Hutang dalam Bisnis

Tips dapat mengelola hutag selanjutnya adalah kamu harus dapat fokus pada tujuan awal mula kamu berhutang. Kamu dapat memenuhi segala kebutuhan yang telah kamu tentukan sebelumnya. Gunakan uang pinjaman tersebut dengan sebaik mungkin.

Kamu harus dapat memberikan ketegasan untuk mengelola uang dari hasil pinjaman tersebut. Jangan sampai kamu malah menggunakan uang hasil pinjaman untuk kepentingan yang tidak kamu butuhkan. Hal ini akan membuat kamu menjadi pusing jika uang pinjaman kamu gunakan untuk hal yang tidak penting.

Sebab uang hutang tersebut harus kamu angsur pada setiap bulannya. Maka kamu juga harus dapat menjadikan uang tersebu dapat berputar dan menghasilkan keuntungan. Kamu juga tidak akan kebingungan untuk membayar angsuran pada setiap bulannya.

4. Memperhitungkan Resiko

Resiko usaha dapat terjadi kapan saja terlebih lagi bagi kamu pelaku bisnis. Kamu tidak dapat memprediksi pada masa yang akan mendatang akan terjadi hal apa saja yang mempengaruhi bisnis kamu. Baik faktor manusia maupun faktor alam.

Baca juga : Manfaat Buzz Marketing Untuk Bisnis Anda!

Maka dari itu, ada baiknya untuk memperghitungkan resiko ketika kamu mengambil pinjaman. Misalnya saja dengan menyiapkan dana cadangan jika sewaktu-waktu kamu tidak dapat membayar angsuran. Kamu harus dapat menyiapkan situasi terburuk yang terjadi dalam bisnis kamu.

5. Membayar Tepat Waktu

5 Cara Efektif Mengelola Hutang dalam Bisnis

Tips selanjutnya agar kamu dapat mengelola hutang dengan baik adalah membayar hutang dengan tepat waktu. Menunggak hutang tentu akan membuat bisnis kamu menjadi bertambah. Selain itu, pada setiap tahunnya bunga hutang juga akan semakin meningkat.

Maka dari itu, jangan pernah menunda-nunda waktu untuk membayar hutang. Alangkah baiknya untuk segara melunasi hutang agar kamu tidak memiliki beban. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan yang penuh dari bisnis kamu.

Pada saat kamu menjalankan bisnis kamu sudah memiliki pendoman yang tepat. Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

5 Cara Efektif Mengelola Hutang dalam Bisnis  – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
Pentingnya Personalized Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Pentingnya Personalized Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Kamu sudah melakukan berbagai cara digital marketing untuk meningkatkan penjualan?. Namun, penjualan kamu masih belum meningkat. Bahkan dapat dikatakan malah jalan ditempat. Pentingnya Personalized Marketing untuk Meningkatkan Penjualan – Mungkin kamu…
Bisnis Jasa Trending pada Tahun Ini dan Berikutnya

Bisnis Jasa Trending pada Tahun Ini dan Berikutnya

Banyak orang yang enggan berbisnis karena masalah modal. Padahal pada saat ini tidak berbisnis hanya mengandalkan penjualan saja. Bisnis Jasa Trending pada Tahun Ini dan Berikutnya – Modal bisnis tidak hanya…
Tips Membuat Website Mobile Friendly

Tips Membuat Website Mobile Friendly

Pada saat ini keberadaan smartphone sangat penting terutama bagi semua orang. Hampir semua orang kini memiliki smartphone. Tips Membuat Website Mobile Friendly – Bahkan saat ini banyak orang yang tidak terlepas…
Sederet Keuntungan Menggunakan WhatsApp Marketing

Sederet Keuntungan Menggunakan WhatsApp Marketing

Pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi digital saat ini membuat cara berbisnis kamu semakin mudah. Salah satunya adanya dengan digital marketing. Sederet Keuntungan Menggunakan WhatsApp Marketing – Banyak digital marketing…