5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan

5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan
Salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim adalah ibadah ramadhan. Pada saat ini ramadhan sudah tinggal menghitung hari.

5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan – Bulan ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Bulan ini memiliki banyak keistimewaan, salah satunya adalah setiap ibadah yang kamu lakukan akan dilipat gandakan.

Banyak umat muslim yang menyebarkan kebaikan pada bulan ramadhan ini. Ole hah karena itu, banyak masyarakat yang menyiapkan bulan ramadhan ini dengan persiapan yang matang.

Tidak heran menjelang bulan ramadhan banyak bahan baku makanan yang mengalami kenaikan harga. Hal ini karena kebutuhan yang meningkat.

Baca juga : 5 Aplikasi Pengingat Sholat Terbaik

Tentunya kamu juga harus dapat mengelola keuangan dengan baik agar selama bulan ramadhan kebutuhan kamu terpenuhi. Pada saat ramadhan, pola hidup kamu akan berubah.

Jika pada bulan biasanya kamu makan tiga kali dalam sehari namun, pada saat ini kamu hanya makan pada saat sahur dan buka puasa.

Pola makan yang berbeda ini juga akan membuat pengeluaran kamu berubah. Maka dari itu, kamu harus dapat mempersiapkan keuangan ramadhan dengan matang.

Terlebih lagi pada saat ramadhan akan ada banyak kenaikan harga bahan pokok. Maka dari itu, kamu harus dapat mempersiapkan bulan ramadhan dengan matang.

Ibadah yang kamu lakukan juga akan khusyuk. Berikut ini 5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan.

1. Membuat Alokasi Gaji

4 Manfaat Penggunaan Sofware Akuntansi

Pada saat bulan ramadhan sebenarnya ada banyak kebutuhan yang harus kamu beli. Kadang pada saat bulan ramadhan, kebutuhan kamu malah akan meningkat.

Sebab banyak teman yang mangajak kamu untuk bukber bersama diluar. Jika pada setiap minggunya kamu datang ke acara bukber, ada berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan.

Hal ini akan membuat kamu lebih boros daripada hari biasanya. Oleh karena itu, kamu harus dapat memperhitungkan bukber mana yang harus kamu datang.

Selain itu, pada saat bulan ramadhan kamu juga akan mulai memikirkan untuk membeli parsel atau kebutuhan lebaran seperti baju baru, dana mudik dan lain sebagainya.

Membuat alokasi gaji akan merupakan hal yang penting jika kamu tidak ingin keuangan kamu menjadi berantakan pada saat bulan ramadhan. Strategi yang mudah dan dapat kamu lakukan adalah dengan perbandingan 50/30/20.

50% penghasilan kamu untuk kebutuhan, 30% untuk ibadah dan 20% untuk investasi atau sedekah. Dengan kamu memiliki pendoman ini tentunya akan memudahkan untuk merencanakan keuangan dengan baik.

2. Membuat Rencana Menu Makanan

5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan

Pada saat bulan ramadhan pola makan kamu tentu juga akan berubah. Jika pada hari biasanya kamu makan sehari tiga kali, pada bulan puasa kamu makan pada saat sahur dan buka puasa.

Oleh karena itu, kamu harus membuat rencana menu makanan dengan baik. Daripada kamu terus-terusan membeli makanan di luar ada baiknya untuk memasak di rumah.

Baca juga : Manfaat Aplikasir Bagi Restoran

Selain dapat menghemat pengeluaran dan makanan lebih sehat. Memasak di rumah juga dapat mengusir rasa bosan pada saat menunggu buka puasa.

Daripada kamu gabut menunggu buka puasa lebih baik kamu memanfaatkan waktu untuk memasak. Kamu juga dapat merencanakan menu sesuka hati kamu.

Mulai dari menu makanan buka sahur dan buka puasa. Kamu dapat membuat menu harian maupun mingguan untuk sahur dan buka puasa.

3. Belanja dalam Jumlah Banyak

5 Alasan Mengapa Naik Transportasi Umum Lebih Untung

Pada saat ramadhan akan banyak kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga. Situasi ini sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Maka dari itu jika ada harga bahan pokok yang malah sebaiknya kamu jangan terkejut. Untuk menghadapi situasi yang ini maka kamu dapat mengatasinya dengan belanja dalam jumlah banyak jauh sebelum ramadhan.

Bahan pokok yang dapat di awetkan seperti daging, ayam dapat kamu beli kemudian kamu simpan terlebih dahulu dalam kulkas. Kemudian bahan pokok yang dapat disimpan dalam jangka waktu lama dapat kamu beli terlebih dahulu seperti gula pasir, minyak goreng dan lain sebagainya.

Meskipun awalnya terlihat boros namun, harganya akan semakin naik pada saat ramadhan tiba. Jadi, belanja banyak pada awal ramadhan tidak ada salahnya.

4. Memanfaatkan Promo Ramadhan

5 Alasan Mengapa Naik Transportasi Umum Lebih Untung

Pada saat ramadhan terkadang pengeluaran malah lebih banyak daripada bulan biasanya. Hal ini karena banyak pengeluaran tidak terduga yang terjadi.

Misalnya saja, kamu sering membeli takjil pada saat setiap buka puasa setiap harinya. Kamu juga selalu mengikuti bukber di restoran.

Baca juga : Cara Menawarkan Produk di Aplikasi WhatsApp

Maka dari itu, kamu harus mengerangi pengeluaran yang membengkak ini. Kamu juga dapat memanfaatkan promo bulan ramadhan.

Pada saat bulan ramadhan ada banyak promo kebutuhan pokok yang dapat kamu gunakan. Misalkan saja dengan membeli barang dengan promo buy 1 get 1 yang terdapat pada minimarket.

5. Menentukan Budget Buka Puasa

5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan

Pada saat  bulan puasa ada banyak pedagang yang menawarkan banyak jajanan atau takjil untuk berbuka puasa. Pastinya kamu akan tergoda untuk membeli takjil ramadhan.

Terlebih lagi ada beberapa jajanan yang hanya dapat kamu temui pada saat bulan puasa. Agar pengeluaran kamu tidak membengkak dan kamu memanjakan perut, maka kamu harus menentukan budget untuk jajan bulan puasa.

Jadi, kamu masih bisa jajan namun, keuangan kamu tetap sehat. Usahakan untuk mematuhi budget yang telah kamu tentukan. Jangan membeli jajan secara berlebihan yang akan membuat keuangan kamu menjadi membengkak.

Dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan – Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Selain itu Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah.

Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
Cara Melakukan Personalized Marketing dalam Bisnis

Jangan Gegabah, Berikut Ini Tips Bisnis Pemula

Belajar bisnis memang sangat menyenangkan. Terlebih lagi bagi kamu yang tertarik dalam dunia bisnis. Jangan Gegabah, Berikut Ini Tips Bisnis Pemula –  Perlu kamu pahami bahwa memulai bisnis tidak semudah…
5 Cara Efektif Mengelola Hutang dalam Bisnis

Peluang Bisnis Startup Penghasil Banyak Cuan

Meningkatnya pengguna internet pada saat ini membuat pamor perusahaan rintisan mulai berkembang. Pamor perusahaan rintisan ini menjadi daya tarik sendiri bagi banyak anak muda. Peluang Bisnis Startup Penghasil Banyak Cuan…
Menggulung Keuntungan dari Usaha Minuman

Menggulung Keuntungan dari Usaha Minuman

Usaha minuman merupakan usaha yang populer saat ini. Setiap orang setiap harinya membutuhkan air untuk kebutuhan beraktifitas sehari-hari. Menggulung Keuntungan dari Usaha Minuman –  Pada saat ini banyak sekali orang…
Tips Mengelola Stok Barang di Gudang

Tips Mengelola Stok Barang di Gudang

Mengelola stok barang tentu saja sangat penting bagi kamu pelaku bisnis. Terlebih lagi jika kamu memiliki banyak stok barang. Tentunya kamu harus dapat mengelola stok barang tersebut dengan baik. Tips…