5 Trik Menyusun Keuangan Pribadi

5 Trik Menyusun Keuangan Pribadi
Memiliki kehidupan yang lebih baik di masa yang mendatang merupakan impian banyak orang. Impian tersebut dapat kamu wujudkan dengan menyusun keuangan pribadi kamu.

5 Trik Menyusun Keuangan Pribadi – Terlebih lagi bagi kamu yang memiliki pekerjaan dan penghasilan sendiri. Kamu harus dapat mulai mengelola keuangan kamu sendiri. Apalagi bagi kamu yang berusia muda. Kamu dapat mulai merencakan masa depan yang baik jika dapat menyusun keuangan dengan baik.

Jangan terlena dengan kehidupan di masa muda dengan cara berfoya-foya. Sebab kamu tidak akan mengetahui bagaimana kehidupan kamu di masa yang akan mendatang. Selagi kamu memiliki penghasilan sendiri. Alangkah lebih baiknya agar kamu pintar-pintar dalam mengelola keuangan.

Salah satu cara yang banyak di lakukan oleh banyak orang adalah dengan menabung atau menginvestasikan uangnya. Prinsip menabung adalah menyimpan uang dari pendapatan bukan menyisihkan uang.

Baca juga : Berburu Diskon Lebaran? Berikut Ini Tipsnya

Cara menabung yang baik yaitu, kamu mengalokasikan uang terlebih dahulu untuk tabungan. Dengan cara seperti ini, kamu dapat dengan rutin menabung setiap bulannya.

Jumlah tabungan tidak harus langsung besar. Kamu dapat menabung dalam jumlah berapa pun. Asalkan dilakukan secara rutin bukan tidak mungkin suatu saat nanti bisnis kamu akan berkembang menjadi lebih besar.

Banyak orang pada saat hari tua menyesal karena tidak dapat mengelola keuangan dengan baik pada saat hari tua. Mengelola keuangan dapat kamu lakukan pada saat usia kamu produktif. Yuuk ikuti 5 trik menyusun keuangan pribadi di bawah ini.

1. Menyiapkan Anggaran Keuangan

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah menyiapkan anggaran keuangan. Anggaran keuangan ini tentunya berasal dari pendapatan atau pemasukan berupa gaji atau keuntungan jualan.

Sebelum membuat anggaran kamu tentunya mengetahui kebutuhan kamu. Nah kamu dapat menghitung berapa kebutuhan kamu.

Dalam membuat anggaran hal yang pertama kamu pikirkan adalah kebutuhan pokok terlebih dahulu. Setelah segala kebutuhan pokok terpenuhi, baru kamu dapat membuat anggaran untuk membeli barang keinginan.

Pastikan untuk tidak menbuat anggaran yang melebihi pemasukan kamu.

Anggaran ini berfungsi sebagai acuan untuk perhitungan keuangan kamu. Dengan membuat anggaran kamu juga dapat memprioritaskan barang pokok atau barang kebutuhan. Utamakan untuk membeli barang kebutuhan bukan barang keinginan.

Sebelumnya kamu harus membedakan barang kebutuhan pokok atau barang keinginan. Jika barang kebutuhan merupakan barang yang memang kamu butuhkan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.  Sedangkan barang keinginan belum tentu menjadi barang kebutuhan yang dapat membantu kebutuhan kamu sehari-hari.

2. Mengalokasikan Dana untuk Menabung

5 Trik Menyusun Keuangan Pribadi

Setelah menyiapkan anggaran keuangan, langkah selanjutnya adalah mengelokasikan dana untuk menabung. Menabung merupakan cara yang paling ampuh untuk menyusun keuangan kamu.

Dengan menabung kamu memiliki dana untuk cadangan dana di masa depan baik dana untuk hal yang yang di rencakan maupun yang tidak di rencakan. Seseorang yang dapat mengelola keuangannya dengan baik apabila ia dapat menabung.

Baca juga :  Panduan Kirim Struk ke WhatsApp Pelanggan

Menyusun keuangan dengan mengelokasikan dana untuk menabung merupakan perkara yang cukup sulit bagi sebagian orang. Sebab kamu harus uang kamu pada saat awal bulan untuk alokasi menabung. Jika cara menabung kamu adalah dengan cara menyisihkan sisa uang di akhir bulan. Maka hal tersebut akan sulit.

Oleh karena itu, gunakan cara menabung dengan cara memisahkan uang, pada awal bulan untuk menabung, bukan menyisihkan uang pada akhir bulan.

Sebab prinsip menabung yang sebenarnya adalah menyimpan uang di awal, bukan menyisihkan uang pada akhir bulan.

 

3. Menghindari Pinjaman

5 Trik Menyusun Keuangan Pribadi

Pinjaman merupakan salah satu pilihan banyak orang yang tidak dapat mengelola keuangan dengan baik. Banyak orang yang menganggap ketika memiliki masalah keuangan. Maka solusi yang tepat adalah dengan meminjam pinjam.

Ketika kamu memiliki pinjaman, maka pada setiap bulannya kamu memiliki kewajiban untuk mencicil pinjaman kamu. Kamu menjadi memiliki kawajiban untuk mengalokasikan dana untuk membayar pinjaman tesebut.

Agar dapat mengelola keuangan dengan baik, maka kamu harus dapat menghindari segala bentuk pinjaman dalam bentuk apapun. Selain membuat hidup kamu menjadi lebih tenang. Pengeluaran kamu juga tidak akan terganggu karena kamu harus membayar cicilan pada setiap bulannya.

Jadi, sebaiknya kamu harus hindari pinjaman. Kamu dapat menabung pada saat kamu keuangan kamu berjalan stabil. Jangan lupa untuk mengalokasikan dana darurat juga untuk kebutuhan mendesak.

Pada saat keuangan kamu tidak stabil, kamu dapat menggunakan dana darurat atau tabungan untuk memenuhi kebutuhan kamu.

4. Membuat Catatan Keuangan

5 Trik Menyusun Keuangan Pribadi

Langkah keempat adalah membuat catatan keuangan. Catatan keuangan ini berisi rekaman berbagai  macam keuangan kamu, mulai dari pemasukan, pengeluaran kamu apa saja dan lain sebagainya. Melalui catatan pengeluaran kamu dapat mengetahui bagaimana pengeluran kamu setiap harinya, minggu bahkan bulan.

Baca juga : Bisnis Bulan Puasa yang Dapat Kamu Coba

Membuat catatan keuangan ini harus di lakukan didsiplin. Jangan sampai kamu malah rajin di awal saja kemudian kamu enggan untuk mencatat keuangan kamu karena kesibukan. Sempatkan waktu beberapa menit saja untuk mencatat keuangan.

Kamu juga dapat mengevaluasi pengeluaran apa yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Sehingga pengeluaran kamu akan lebih efisien sesuai dengan kebutuhan kamu.

5. Berfikir untuk Masa Depan

Orang yang berfikir tentang masa depan pasti akan lebih berhati-hati dalam menggunakan uang. Mereka lebih memilih mengalokasikan uang untuk di tabung untuk kepentingan masa depan.

Oleh karena itu, jika kamu ingin keuangan kamu berjalan dengan baik, maka kamu dapat sebaikanya memikirkan masa depan kamu agar nantinya kamu dapat menabung atau menginvestasikan uang kamu.

Sebab kamu tidak akan mengetahui apa yang terjadi pada masa depan yang akan mendatang. Bisa saja kamu tiba-tiba kamu terkena PHK. Sehingga kamu untuk sementara waktu kamu tidak mendapatkan penghasilan atau lain sebagainya.

Jika hal buruk terjadi dimasa depan maka setidaknya kamu sudah memiliki tabungan untuk biaya hidup sementara waktu. Sehingga kamu tidak perlu mencemaskan masalah uang pada saat situasi yang buruk.

Untuk segala kebutuhan bisnis kamu, percayakan bisnis kamu dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir POS dan toko online. Aplikasir membantu kamu untuk dapat memaksimalkan kinerja kasir kamu. Aplikasi Aplikasir membantu kamu untuk dapat membantu pekerjaan kasir menjadi lebih mudah.

Kamu dapat mengirim stuk pembayaran secara langsung ke konsumen kamu melalui pesan WhatsApps. Dengan syarat pelanggan tersebut sudah terdaftar atau terekam informasinya dalam Aplikasir.

Aplikasir sangat cocok di gunakan untuk berbagai jenis bisnis. Misalnya seperti restoran, cafee, rumah makan, mini market, online shop dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi keunggulan yang dapat kamu rasakan dengan menggunakan Aplikasir. Apapun jenis usaha kamu jangan lupa untuk menggunakan Aplikasir agar dapat memaksimalkan usaha kamu. Tunggu apa lagi dwonload sekarang juga Aplikasir di playstore kamu sekarang juga, dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad

Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad

Whatpad menyediakan ruang bagi kamu yang hobi menulis karya fiksi. Dengan menulis karya fiksi, kamu dapat memiliki wadah untuk menulis novel, cerpen maupun puisi lalu mendapatkan royalti. Cara Mendapatkan Uang…
Tips Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis 2022

Tips Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis

Siapa sih  yang saat ini tidak mengenal instagram. Aplikasi media sosial ini merupakan aplikasi yang cukup banyak peminatnya.  Oleh sebab itu instagram marketing kini juga di gunakan sebagai media bisnis.…