Berburu Diskon Lebaran? Berikut Ini Tipsnya

Berburu Diskon Lebaran? Berikut Ini Tipsnya
Berburu diskon lebaran merupakan tradisi yang banyak di lakukan oleh banyak umat muslim. Terlebih lagi ketika kamu  sudah menjalankan setengah bulan puasa pasti kamu sudah mulai memikirkan untuk berbelanja.

Berburu Diskon Lebaran? Berikut Ini Tipsnya – Terlebih lagi untuk menyambut bulan Ramadhan, banyak brand atau toko yang mengadakan diskon lebaran. Siapa sih yang tidak tegiur dengan diskon lebaran.

Semua orang pasti menyukai diskon. Mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak hingga anak remaja semua orang pasti menyukai diskon. Pada momen menjelang lebaran seperti ini pasti kamu banyak menemukan promo atau diskon baik pada toko online maupun toko offline.

Banyak orang yang memanfaatkan momen lebaran ini untuk dapat menghasilkan banyak uang. Salah satunya adalah dengan mengadakan diskon spesial bulan Ramadhan.

Namun, sebagai pembeli jangan sampai malah kamu menjadi kalap karena tergoda dengan diskon. Jangan mentang-mentang kamu belanja barang diskon malah kamu tidak membatasi barang yang kamu beli.

Sehingga kamu tidak akan menyadari bahwa kamu belanja banyak barang. Padahal belum tentu kamu membutuhkan barang tersebut.

Baca juga :  Kendalikan Keuangan Dengan Cara Berikut Ini

Dalam menghadapi gempuran diskon lebaran ini. Tentunya kamu harus memiliki persiapan terlebih dahulu. Kamu tidak mau kan uang kamu habis sebelum lebaran tiba. Jadi meskipun kamu berbelanja diskon atau promo hendaknya kamu tetap mengendalikan pengeluaran kamu. Mau berburu diskon lebaran? berikut ini tipsnya.

1. Membuat Anggaran Sebelum Berbelanja

Siapa nih yang abis gajian suka kalap belanja apa saja?. Pasti tujuan utama kamu adalah belanja. Karena abis gajian jadi belanja apa aja deh tanpa memikirkan berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk dapat membeli barang yang kamu inginkan.

Sebelum kamu pergi untuk berbelanja, sebaiknya kamu membuat anggaran belanja kamu terlebih dahulu. Pastikan anggaran belanja sesuai dengan pemasukan kamu. Catat terlebih dahulu barang yang sangat penting. Pastikan untuk membuat anggaran kamu tidak melebih pemasukan.

Sebelum membuat anggaran, kamu sudah memisahkan anggaran untuk kebutuhan lainnya. Misalnya anggaran untuk transportasi, menabung, membayar listrik dan lain sebagainya.

Tentunya hal ini agar keuangan kamu tetap terkendali untuk biaya kehidupan sehari-hari dan kebutuhan setelah lebaran. Jangan sampai setelah lebaran tiba kamu malah kehabisan uang karena tidak dapat mengelola keuangan untuk belanja lebaran.

2. Membuat Daftar Belanja

Berburu Diskon Lebaran? Berikut Ini Tipsnya

Setelah kamu dapat menentukan anggaran, langkah selanjutnya adalah membuat daftar belanja. Membuat daftar belanja tidak kalah pentingnya dengan menentukan anggaran. Sebab pada saat berbelanja, jika kamu tidak membuat daftar belanja.

Kamu dapat saja membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Atau bisa saja kamu berbelanja barang yang sama. Membuat daftar belanja dapat menjadi patokan sekaligus pengingat kamu pada saat berbelanja.

Baca juga : Bisnis Bulan Puasa yang Dapat Kamu Coba

Berbeda halnya ketika kamu sebelum berbelanja, kamu membuat daftar belanja terlebih dahulu. Maka kamu tidak akan berbelanja barang yang sama. Kamu akan berbelanja sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dalam membuat daftar belanja. Usahan prioritaskan kebutuhan pokok kamu terlebih dahulu. Sesuaikan juga daftar belanja dengan anggaran yang kamu buat. Jangan buat daftar belanja yang tidak sesuai dengan anggaran.

Lakukan hal ini secara berulang-ulang setiap kamu berbelanja. Dengan begitu keuangan kamu akan tetap aman. Gak ada lagi tuh ceritanya beli barang yang enggak kepakai. Karena barang yang kamu beli adalah barang yang memang benar-benar kamu butuhkan.

3. Mengajak Orang Lain Berbelanja

Berburu Diskon Lebaran? Berikut Ini Tipsnya

Kamu merupakan tipe orang yang suka kalap dalam berbelanja. Terlebih lagi ketika kamu melihat diskon. Rasanya kamu ingin membeli semua barang yang sedang diskon. Maka kamu dapat meminta bantuan teman, keluarga atau kerabat terdekat lainnya untuk menemani kamu berbelanja.

Pastikan juga rekan kamu dapat membantu kamu untuk mengingatkan untuk tidak berbelanja melampaui batas. Rekan kamu dapat mengingatkan kamu untuk dapat tidak berbelanja secara berlebihan. Selain itu, rekan kamu juga dapat kamu jadikan sebagai rekan diskusi ketika berbelanja.

Jangan sampai kamu malah mengajak rekan yang membuat kamu tergoda untuk berbelanja barang yang tidak kamu butuhkan. Hal ini malah akan membuat kamu menjadi lebih boros lagi.

Sebab tidak ada orang yang dapat memperingatkan kamu. Olah karena itu, pastikan teman kamu memiliki sifat yang pandai mengatur keuangan atau berhemat. Mereka dapat memperingatkan kamu ketika kamu berbelanja secara berlebihan.

4. Membawa Uang Tunai Sesuai Kebutuhan

Berburu Diskon Lebaran? Berikut Ini Tipsnya

Siapa yang paling suka belanja menggunakan menggunakan kartu kartu kredit?. Kebanyakan orang yang tinggal di daerah perkotaan pasti sangat sering berbelanja menggunakan kartu kredit.

Menggunakan kartu kredit di anggap lebih praktis di bandingkan menggukan uang tunai. Kamu hanya perlu membawa satu kartu saja, kamu sudah dapat berbelanja apapun  yang kamu inginkan.

Pada saat kamu  berbelanja usahakan kamu untuk membawa uang tunai sesuai dengan anggaran. Usahakan untuk meninggalkan kartu kredit atau kartu atm. Sebab ketika kamu membawa kartu kredit atau kartu atm maka kamu tidak perlu khawatir lagi untuk berbelanja.

Kamu akan dengan bebas untuk berbelanja karena kamu membawa kartu kredit. Sehingga kamu dapat membeli barang apa saja yang kamu inginkan.

Baca juga : Belanja Hemat Lebaran, Berikut Ini Tipsnya

Meskipun barang yang kamu beli merupakan barang diskon namun, jika terlalu banyak berbelanja tanpa membuat perhitungan maka kantong kamu dapat cepat jebol. Jadi usahakan pada saat berbelanja kamu membawa uang yang sesuai dengan anggaran agar uang kamu tidak cepat habis.

Dengan begitu, kamu tidak akan berbelanja sesuai dangan daftar belanja kamu. Kamu tidak akan mudah untuk tergoda untuk berbelanja produk atau barang lain.

5. Mencatat Pengeluaran Setelah Berbelanja

Setelah selesai berbelanja, langkah selanjutnya adalah mencatat pengeluaran kamu setelah berbelanja. Apakah uang belanja kamu sesuai dengan pengeluaran atau tidak. Jika ada sisa uang setelah belanja. Maka kamu dapat menyimpannya untuk menabung atau untuk keperluan dana darurat.

Mencatat pengeluaran dapat membantu kamu untuk dapat mengevaluasi keuangan kamu juga. Sehingga kamu dapat mengetahui apakah belanja kamu termasuk dalam ketegori boros atau tidak.

Sehingga kamu dapat menjadikan catatan pengeluaran ini sebagai pedoman untuk berbelanja di bulan selanjutnya. Tentunya agar kamu dapat berbelanja tidak boros lagi ya.

Pastikan untuk memberikan pelayanan yang cepat dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir POS dan Toko Online. Aplikasir memberikan kenyamanan kamu dalam mengelola bisnis kamu.

Kamu yang ingin memiliki website Toko Online dengan hanya menggunakan satu Aplikasi yaitu Aplikasir. Aplikasir juga mudah untuk digunakan di berbagai bisnis kamu mulai dari cafee, restoran, online shop, mini market dan lain sebagainya. Jadi tunggu apa lagi. Buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore kamu dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Tips Jualan Online Biar Makin Laris Manis

Tips Jualan Online Biar Makin Laris Manis

Berjualan online kini banyak dilakukan oleh banyak pelaku bisnis. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai media berjualan. Berjualan secara online membantu kamu untuk memperluas jaringan pelangganmu. Kamu…
5 Cara Terbaik Bisnis Warung Kelontong

5 Cara Terbaik Bisnis Warung Kelontong

Sebagian orang lebih memilih berwirausaha di bandingkan menjadi karyawan. Keputusan menjadi memilih berbisnis banyak di pilih oleh banyak orang yang memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. 5 Cara Terbaik Bisnis Warung…
Cara Membuka Bisnis Jastip, Yukk Simak Selengkapnya

Cara Membuka Bisnis Jastip, Yukk Simak Selengkapnya

Pada masa kini selain berjualan di media sosial, bisnis jasa titip (jastip) juga semakin disukai. Bisnis jasa titip (jastip) biasanya banyak digemari bagi mereka yang menyukai barang-barang edisi terbatas.  Contohnya…
Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Kamu pasti pernah mendapati keluhan pelanggan terhadap bisnis kamu. Hampir setiap pembisnis pasti pernah menghadapi ini. Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan – Pelanggan merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan bisnis. Semakin…