Apa Itu Referral Marketing dan Penerapan pada Bisnis Online

Apa Itu Referral Marketing dan Penerapan pada Bisnis Online
Pada saat ini bisnis online kian merebak. Hal ini menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu di butuhkan strategi agar bisnis Anda dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Apa Itu Referral Marketing dan Penerapan pada Bisnis Online – Salah satunya adalah dengan menggunakan strategi referral marketing pada bisnis online. Referral merupakan strategi marketing dengan upaya mengajak orang lain untuk membeli produk atau layanan di toko online Anda.

Strategi ini dapat di katakan strategi marketing yang efektif. Sebab kebanyakan banyak orang yang akan membeli produk di toko online Anda karena rekomendasi dari teman, kerabat dan lain sebagainya.

Hampir semua orang pernah mengalami membeli produk karena rekomendasi dari dari teman atau kerebat terdekat. Padahal kamu tidak mengetahui produk atau toko tersebut sebelumnya.

Baca juga :  Mengenal Program Afiliasi dan Keuntungannya

Keuntungan dari referral marketing  antara lain untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan customer loyalty, dapat memberikan layanan promosi secara berkala, penggunaan dana yang minim dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana penerapan strategi refferal marketing pada bisnis online?. Nah kali ini kita akan mengenal apa itu referral marketing dan penerapan pada bisnis online.

1. Mengadakan Giveaway 

Apa Itu Referral Marketing dan Penerapan pada Bisnis Online

Siapa sih yang tidak suka dengan giveaway. Semua orang pasti menyukai giveaway ini. Nah salah satu cara referral marketing adalah dengan mengadakan giveaway. Tentu ada ketentuan yang harus di penuhi peserta untuk mendapatkan giveaway ini. Pada umumnya untuk mengadakan giveaway ada beberapa cara yang harus di penuhi peserta untuk memperoleh hadiah.

Misalnya dengan membuat story, tag teman atau membagikan ke beberapa grup. Keuntungan yang Anda dapatkan dari giveaway ini, produk Anda akan di promosikan secara besar-besaran. Produk Anda juga akan lebih di kenal oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda. Maka akan semakin banyak orang yang tertarik dengan produk Anda.

Segala kegiatan yang terdapat giveaway akan sukses. Sebab semua orang pasti akan menyukai giveaway. 

2. Mengadakan Gamify Referral

Pada saat ini banyak orang yang suka bermain game. Game saat ini juga dapat di kemas untuk strategi referral marketing. Cara ini dapat di lakukan dengan cara mengajak konsumen untuk mempromosikan jasa atau produk Anda dengan cara bermain game. Anda dapat menyediakan sistem permainan dengan beberapa level.

Baca juga :  Kepoin Cara Membangun Personal Branding yang Kuat

Misalnya, jika konsumen berhasil melalui level satu berarti ia akan mendapatkan reward. Kemudian pada level berikutnya akan mendapatkan reward yang lebih menarik. Reward yang Anda sediakan dapat berupa diskon, chasback, potongan harga dan lain sebagainya.

3. Mengadakan Donasi Referral

Apa Itu Referral Marketing dan Penerapan pada Bisnis Online

Donasi donasi referral merupakan pendekatan pada sisi kemanusiaan. Misalnya suatu brand pasta gigi mengadakan program pembelian satu pasta gigi adalah satu kotak sahur.

Konsumen yang tersentuh hatinya akan membeli produk pasta gigi tersebut karena dengan ia membeli satu pasta gigi berarti ia juga berdonasi satu kotak makan sahur bagi yang membutuhkan. Hal ini banyak biasanya di lakukan pada bulan puasa.

Sehingga banyak konsumen yang akan tertarik untuk membeli pasta gigi brand tersebut. Dengan mengadakan program donasi ini kamu tidak hanya menjalankan  bisnis namun, kamu juga dapat membantu dan bermanfaat bagi sesama umat manusia.

4. Mengadakan Refferal Contest

Cara lain yang dapat Anda lakukan dalam referral marketing adalah dengan mengadakan refferal contest. Akan banyak orang yang tertarik ketika ada kontes. Selain banyak orang yang mencari hiburan. Dengan menggelar kontes Anda juga akan mudah untuk mempromosian produk Anda.

Baca juga : Langkah Cerdas Memilih Influencer untuk Bisnis!

Tidak hanya memberikan hiburan semata. Dengan memberikan hadiah menarik bagi pemenang kontes juga akan membuat banyak konsumen menjadi lebih tertarik.

Banyak orang yan tertarik dengan kontes.  Kamu dapat mendatangkan audiens sebanyak pada saat acara kontes tersebut.

Ada banyak kontes yang dapat kamu dapat menarik banyak audiens untuk menghadari kontes kamu. Dalam kontes tersebut kamu dapat mengenalkan produk kamu dengan mudah sehingga produk kamu mudah dikenal oleh banyak orang.

Dalam bisnis online, selain menggunakan strategi referral marketing, Anda juga membutuhkan sofware untuk membantu pelayanan yang baik pada konsumen. Bayangkan saja jika Anda kebanjiran orderan namun, Anda masih menggunakan cara manual maka pelayana terhadap konsumen akan semakin lama.

Kini sudah saatnya Anda menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir dan Toko Online. Aplikasir memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda dalam mengerjakan pekerjaan kasir dengan cepat. Dengan menggunakan Aplikasir anda juga dapat membuat toko dalam hitungan detik.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan, pembelian hingga kepegawaian. Aplikasir dapat digunakan dihandphone, laptop maupun komputer. Kamu gak usah takut lagi bakalan kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir.

Apa Itu Referral Marketing dan Penerapan pada Bisnis Online – Sebab Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyempanan lagi. Salain itu Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Namun, penggunaan mode offline hanya dapat digunakan dihandphone.

Sebaiknya kamu hanya menggunakan mode offline hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data. Mode offline ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone. 

Perlu kamu ketahui bahwa mode offline ini hanya dapat kamu gunakan untuk menggunakan pada saat keadaan darurat saja. Misalnya, pada saat kamu kehabisan kuota atau dalam keadaan mati listrik.

Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Gak usah takut lagi untuk lagi kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan untuk digunakan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir dapat membantu kamu menjual produk dengan menggunakan harga grosir maupun harga pokok. Aplikasir sangat cocok untuk berbagai usaha misalnya, membuat toko baju, toko sembako, mini market, online shop, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya.

Dapatkan Aplikasir sekarang juga dengan dwonload di playstore dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Alasan Bisnis Anda Membutuhkan Social Media Marketing

Alasan Bisnis Anda Membutuhkan Social Media Marketing

Sosial media marketing merupakan suatu metode membagikan konten di jejaring media sosial seperti facebook, instagram, TikTok, twitter dan lain sebagainya. Alasan Bisnis Anda Membutuhkan Social Media Marketing – Metode sosial media marketing…
5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menggunakan Iklan Google

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menggunakan Iklan Google

Google Ads atau Adwords merupakan suatu program layanan iklan di google. Dalam program ini memungkinkan kamu untuk memasang iklan bisnis pada halaman pencarian teratas di google. 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menggunakan…
Mengelola Keuangan Mahasiswa, Yuuk Simak Tipsnya

Mengelola Keuangan Mahasiswa, Yuuk Simak Tipsnya

Bagi kamu yang sedang duduk di bangku kuliah tentunya kamu kadang suka pusing sendiri memikirkan pengeluaranmu. Terkadang uang saku yang di berikan orang tua tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kuliahmu.…
Kenali 4 Tipe Pembeli Belanja Online

Kenali 4 Tipe Pembeli Belanja Online

Seiring dengan menjamurnya e-commerce dan toko online membuat banyak pembeli yang juga gemar belanja online. Terlebih lagi belanja online saat ini sangat praktis. Kenali 4 Tipe Pembeli Belanja Online – Dengan menggunakan ponsel saja kamu sudah…