Berikut Ini Ide Bisnis Kreatif UMKM Kekinian

5 Tips Menyiapkan Dana Pensiun
Trend menjadi seorang pelaku bisnis kini banyak diminati generi milenial. Pengusaha seperti ini biasanya disebut sebagai pelaku bisnis UMKM.

Berikut Ini Ide Bisnis Kreatif UMKM Kekinian – Alasan mereke lebih memilih menjadi pelaku UMKM antara lain karena bosan menjadi seorang karyawan, ingin lebih menekuni hobi, ingin bekerja sesuai dengan keinginannya dan lain sebagainya.

Terlebih lagi persaingan dalam dunia kerja saat ini sangat ketat. Setiap tahunnya banyak lulusan baru, baik lulusan perguruan tinggi maupun sekolah menengah atas yang banyak menganggur.

Kebanyakan dari mereka banyak yang menganggur karena tidak kunjung diterima kerja. Daripada menunggu panggilan kerja yang entah kapan datangnya. Mereka memilih untuk membuka bisnis UMKM.

Bisnis UMKM di Indonesia sangat banyak. Bisnis UMKM menjadi primadona tersendiri beberapa tahun kebelakangan ini. Persaingan bisnis UMKM menjadi semakin ketat. Oleh karena itu, perencaan bisnis yang matang salah satu strategi untuk menghadapi banyak persaingan UMKM yang ada.

Baca juga : 5 Upaya Membuat Bisnis Menjadi Viral!

Ada ribuan pesaing pelaku UMKM yang siap bersaing dengan bisnis kamu. Ide bisnis juga harus kamu pertimbangkan dengan matang. Bagi golongan milenial, kamu dapat menyesuaikan sesuai dengan kemajuan zaman.

Kamu harus dapat membaca situasi yang ada. Hal apa yang saat ini banyak disukai dan dicari oleh banyak orang. Seiring dengan berkembangnya internet, kamu dapat dengan mudah mengetahui informasi mengenai perkembangan trend yang ada.

Tertarik bisnis UMKM namun belum tau mau bisnis apa?. Ada beberapa ide bisnis UMKM yang dapat kamu coba. Berikut ini Ide Bisnis Kreatif UMKM Kekinian yang dapat kamu coba untuk memulai bisnis UMKM.

1. Fashion

Berikut Ini Ide Bisnis Kreatif UMKM Kekinian

Bisnis fashion merupakan bisnis yang hampir sama dengan bisnis kuliner. Semua orang pasti membutuhkan fashion baik untuk berangkat ke sekolah, berangkat kerja, bermain dan lain sebagainya.

Bisnis fashion ini berkembang dengan pesat, sejalan dengan meningkatnya kebutuhan fashion. Bisnis ini juga dapat dikerjakan baik dalam jumlah skala kecil maupun skala besar.

Jika kamu masih terhalang oleh modal yang minum maka kamu dapat menjalankan bisnis UMKM ini melalui skala rumahan terlebih dahulu.

Kamu juga dapat bekerjasama dengan para pengerajin untuk membuat produk. Dengan menjalin kerjasama ini, kamu tidak perlu mempekerjakan karyawan untuk membuat produk hingga jadi.

Dalam bisnis fashion kamu harus selalu memperhatian perkembangan trend. Pengaruh trend sangat besar dalam industri ini. Pada saat berbelanja, pelanggan pasti memilih produk fashion trend keluaran terbaru.

Kamu dapat mengetahui perkembangan trend melalui media sosial. Atau kamu dapat jalan-jalan ke mall dengan melihat koleksi tas, sepatu, baju dan lain sebagainya. Namun pada umumnya modal yang kamu keluarkan untuk bisnis ini cukup besar karena harga bahan baku yang relatif mahal pula.

2. Kuliner

Berikut Ini Ide Bisnis Kreatif UMKM Kekinian

Bisnis UMKM yang dapat kamu coba, terlebih bagi pemula adalah kuliner. Bisnis kuliner merupakan bisnis yang dapat dilakukan dengan modal yang relatif Selain itu, perputaran bisnis kuliner juga sangat cepat.

Kamu dapat mengeluarkan modal yang minim dan modal yang banyak sekaligus ketika memilih bisnis kuliner. Hal ini tergantung seberapa besar kamu membuka bisnis kuliner ini. Semakin besar bisnis kuliner kamu, maka semakin besar pula modal yang harus kamu keluarkan.

Pasalnya setiap orang pasti membutuhkan makan paling tidak tiga kali dalam sehari. Belum lagi orang yang membutuhkan makanan ringan seperti snack dan lain sebagainya. Hal ini yang membuat bisnis kuliner kian menjamur dan berkembang pesat.

Baca juga :  Ingin UMKM Selalu Eksis?, Ikuti Tips Berikut Ini

Dapat dikatakan bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak mengenal musim dan tidak ada habisnya. Selama manusia hidup, mereka membutuhkan makanan.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa persaingan bisnis kuliner juga sangat ketat. Banyak orang yang berkecimpung dalam industri bisnis kuliner.

Jika ingin bersaing dalam UMKM bisnis kuliner ini. Kamu harus dapat membuat inovasi baru.  Bisnis kamu akan lebih mudah dilirik oleh pelanggan karena berbeda dengan yang lainnya.

3. Aksesoris

Berikut Ini Ide Bisnis Kreatif UMKM Kekinian

Bisnis yang masih banyak ditekuni oleh saat ini adalah bisnis aksesoris. Peminat aksesoris ini juga sangat banyak. Banyak orang yang membutuhkan aksesoris untuk mempercantik penampilan mereka.

Siapa sih yang tidak menyukai aksesoris. Baik wanita maupun laki-laki pasti membutuhkan aksesoris untuk membuat tampilan mereka lebih sempurna.

Baik perempuan maupun laki-laki pasti membutuhkan aksesoris. Misalnya saja, gelang, kalung, tas, sepatu, dan lain sebagainya. Untuk bisnis UMKM Aksesoris ini tergantung bahan yang akan kamu gunakan.

Jika kamu masih memiliki keterbatasan modal, kamu dapat menggunakan bahan-bahan yang mudah dijangkau, misalnya kain perca, bahan daur ulang, bahan dari alam dan lain sebagainya.

Dengan pengelolahan yang baik, maka bahan yang tadinya tidak memiliki nilai ekonomis, kini dapat memiliki nilai jual yang tinggi. Jika kamu ingin menampilkan kesan yang mewah, maka kamu dapat menggunakan mutiara.

Dengan begitu, nilai jual dari aksesoris yang kamu buat akan lebih mahal. Kamu juga dapat memadukan beberapa bahan agar nilai jualnya menjadi lebih tinggi.

Dibutuhkan kreatifitas untuk membuat aksesoris ini. Namun, jika kamu sudah memiliki modal yang besar. Maka kamu dapat membuat kerajinan aksesoris dengan bahan yang bernilai tinggi.  Semakin indah aksesoris yang kamu buat maka harga yang ditawarkan akan semakin mahal pula.

Sebuah bisnis membutuhkan suatu sistem yang mampu mempermudah dalam mengelola usaha. Banyak hal yang perlu kamu kamu urus dalam berbisnis.

Misalnya saja masalah keuangan. Jika kamu hanya mengandalkan penghitungan kasir secara manual dengan menggunakan kalkulator, tentu akan memakan waktu yang lama. Belum lagi resiko kesalahan juga semakin besar.

Belum lagi masalah penghitungan stok barang. Jika usaha kamu masih kecil maka masih dapat kamu lakukan. Namun, jika keadaan usaha kamu sudah besar, gak mungkin kan menghitung stok barang satu persatu.

Nah solusi yang paling semua permasalahan bisnis kamu adalah Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir POS dan toko online. Aplikasir dapat membantu kamu untuk memudahkan pekerjaan kasir.

Mulai dari mencetak struk pembayaran, mencatat pemasukan, pengeluaran, utang piutang, pemasukan lain dan lain sebagainya. Aplikasir sudah dapat digunakan berbagai perangkat baik ponsel, komputer, laptop dan tablet.

Aplikasir juga memiliki kapasitas yang ringan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi kahabisan perangkat penyimpanan kamu ya. Aplikasir juga sangat cocok digunakan untuk berbagai usaha kamu.

Mulai dari usaha cafee, restoran, rumah makan, mini market, online shop, toko retail dan lain sebagainya. Gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir.

Aplikasir merupakan solusi terbaik untuk segala jenis usaha kamu. Tunggu apa lagi, buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore kamu ya. Kemudian, kamu dapat menikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

 

You May Also Like
4 Alasan Mengapa Banyak Orang Tergiur Pinjol

Cara Promosi Website Pada Situs Sosial Media

Bagi kamu yang sudah terjun ke dalam bisnis online, kamu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan website. Website jualan online dapat di ibaratkan sebagai lapak dagang kamu. Cara Promosi Website Pada Situs Sosial Media – Jika…
Simak Penyebab Kekurangan Stok Barang!

Simak Penyebab Kekurangan Stok Barang!

Pengelolahan stok barang merupakan hal yang tidak dapat di pisahkan dari bisnis. Anda tahu tidak jika pengelolahan barang yang tidak tepat akan membuat bisnis Anda menjadi kacau?. Simak Penyebab Kekurangan…