Ingin UMKM Selalu Eksis?, Ikuti Tips Berikut Ini

Tips Mengatur Gaji Agar Dapat Menabung dan Investasi
Dalam bisnis tentu selalu ada saja persaingan. Baik bisnis besar maupun bisnis sekelas UMKM pasti selalu ada saja persaingan.

Ingin UMKM Selalu Eksis?, Ikuti Tips Berikut Ini – Belum lagi kompetitor baru yang akan bermunculan seiring dengan berjalannya waktu.  Hal ini memang wajar jika terjadi dalam dunia bisnis.

Sebagai pelaku bisnis tentunya kamu ingin bisnis kamu tetap eksis dalam jangka waktu yang lama bukan. Terlebih lagi jika bisnis kamu merupakan bisnis UMKM. Beberapa tahun terakhir ini, pemerintah sedang menggerakkan roda perekonomian melalui bisnis UMKM.

Hal ini membuat banyak orang mulai melirik bisnis UMKM. Maka banyak kompetitor baru yang bermunculan. Bisnis UMKM juga semakin beragam.

Baca juga : Alasan Bisnis Online Baju Lebih Menguntungkan

Hal ini membuat kamu untuk berpikir ulang untuk membuat strategi yang tepat untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Strategi apa yang harus kamu lakukan. Bagaimana cara kamu agar dapat bersaing dengan kompetitor dan lain sebagainya.

Belum lagi perubahan zaman yang selalu berubah. Kamu harus dapat menggunakan teknologi yang dibutuhkan agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Hal ini berlaku untuk sesama jenis bisnis UMKM maupun jenis bisnis lainnya. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar UMKM kamu selalu eksisi. Ingin bisnis selalu eksisi?, ikuti tips berikut ini.

1. Mulai Menyusun Perencaan yang Jelas

Ingin UMKM Selalu Eksis?, Ikuti Tips Berikut Ini

Hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mulai menyusun perencanaan yang jelas. Mengapa kamu harus menyusun perencanaan jelas?. Sebab jika tidak ada perencanaan maka kamu tidak akan mengetahui tujuan UMKM kamu.

Ada tujuan atau target yang harus kamu capai baik jangka panjang maupun jangka pendek. Perencanaan bisnis ini merupakan sebuah panduan ketika kamu menjalani sebuah bisnis.

Jika tidak ada perencanaan yang jelas artinya kamu tidak memiliki panduan dalam menjalankan UMKM. Lantas kamu akan menjalankan bisnis UMKM dengan bebas tanpa adanya aturan.

Hasilnya bisnis kamu tidak ada arah yang jelas. Sehingga sulit untuk berkembang jika tidak memiliki perencanaan yang jelas pada awal membuka UMKM.

Maka dari itu, sangat penting untuk menyusun perencanaan pada saat awal membuka bisnis. Pastikan perencanaan yang kamu buat merupakan rencana yang sudah matang. Pastikan juga untuk membuat perencanaan dalam jangka waktu pendek dan panjang.

2. Belajar dari Kompetitor

Ingin UMKM Selalu Eksis?, Ikuti Tips Berikut Ini

Setiap bisnis pasti memiliki kompetitor. Keberadaan kompetitor ini membuat persaingan semakin ketat. Kamu harus pandai-pandai dalam mengatur strategi untuk dapat bersaing dengan kompetitor.

Keberadaan kompetitor tidak hanya menimbulkan persaingan saja. Justru kamu bisa juga bisa lho belajar dari kompetitor. Baik kelemahannya maupun keunggulan dari kompetitor.

Kamu dapat mempelajari apa kelemahan yang ada pada kompetitor. Kamu dapat memanfaatkan kelemahan yang ada dikompetitor sebagai keunggalan bisnis kamu. Jangan sampai kelemahan yang terdapat pada pesaing juga ada pada bisnis UMKM.

Baca juga : Bisnis Barang Bekas? Raup Banyak Keuntungannya

Pelajari bagaimana cara kompetitor membuat strategi agar bisnisnya bisa berkembang pesat. Bisa saja strategi dari kompetitor juga dapat diterapkan dalam bisnis UMKM kamu.

Jadi jangan takut untuk belajar dengan kompetitor. Sebab dengan hal ini kamu mampu mengambil strategi yang dapat kamu gunakan untuk perencaan dalam menjalankan bisnis.

Keberadaan kompetitor tidak hanya menimbulkan persaingan saja. Justru kamu bisa juga lho belajar dari kompetitor. Baik kelemahannya maupun keunggulan dari kompetitor.

3. Memberikan Pelayanan Terbaik

Ingin UMKM Selalu Eksis?, Ikuti Tips Berikut Ini

Pernahkah kamu tidak ingin berbelanja disuatu toko bukan karena produk yang jual. Namun karena pelayanan yang tidak ramah atau cuek?. Kejadian tersebut membuat kamu menjadi enggan untuk berbelanja ulang di toko yang sama.

Pelayanan dapat menjadi faktor kesetiaan pelanggan. Sebab setiap pelanggan memiliki karakter yang berbeda-beda.

Ada pelanggan karakter tidak kooperatif, cuek, ramah dan lain sebagainya. Kamu tidak dapat membuat semua karakter pelanggan menjadi sama semua.

Oleh sebab itu, dalam menanggapi setiap pelanggan yang datang kamu  harus menghadapinya dengan ramah. Meskipun respon setiap pelanggan berbeda.

Usahakan untuk membuat kesan yang baik pada setiap pelanggan. Hal ini akan membuat nyaman setiap pelanggan yang datang.

4. Mengikuti Perkembangan Pasar

Ingin bisnis UMKM kamu selalu eksis?. Maka kamu wajib mengikuti perkembangan pasar yang ada. Hal ini berlaku tidak hanya untuk bisnis UMKM saja. Namun, semua bisnis juga harus mengikuti perkembangan pasar yang ada.

Kebutuhan konsumen akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Memiliki pengetahuan mengenai kebutuhan konsumen merupakan hal yang penting dalam bisnis.

Jika dahulu banyak orang yang memilih datang langsung ke pasar atau toko untuk berbelanja. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman beberapa waktu ke belakangan banyak orang yang lebih memilih belanja online.

Baca juga : 5 Kiat Bisnis Online Shop Fashion Muslimah

Banyak orang yang lebih memilih belanja online karena dianggap lebih mudah. Kemajuan zaman seperti ini yang perlu kamu ikuti.

Sebab kamu harus mengikuti perkembangan yang ada. Apabila kamu tidak memiliki mengikuti perkembangan zaman, maka bisnis kamu akan ketinggal zaman.

Sehingga kamu tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Jika tidak ingin membuat konsumen kecewa, mau tidak mau, suka tidak suka kamu dapat harus selalu up-date apa yang menjadi trend saat ini. Teknologi apa yang banyak digunakan oleh banyak orang saat ini.

5. Kreatif dan Inovatif

Pembisnis selalu dituntut untuk kreatif dan inovatif. Kedua hal ini merupakan salah satu syarat jika bisnis UMKM kamu ingin eksis dalam jangka waktu yang lama. Selain dengan memiliki keterampilan yang baik tentang pelayanan, marketing dan lain sebagainya.

Kamu dapat memanfaatkan hal-hal yang selama ini tidak gunakan, menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kelemahan yang ada pada bisnis kamu.

Kemudian cari cara kreatif sebagai jalan keluar untuk mengatasi kelemahan bisnis kamu. Bisnis kamu dapat berkembang apabila kamu selalu memikirkan cara-cara kreatif dan inovasi dalam memecahkan suatu masalah.

Untuk mendukung segala aktifitas bisnis yang kamu lakukan, maka kamu membutuhkan Aplikasi yang membantu kinerja bisnis kamu. Salah satunya aplikasi yang membantu mempercepat proses transaksi kasir.

Menggunakan cara hitung manual, membuat resiko kesalahan semakin besar. Terlebih lagi jika bisnis kamu semakin besar. Kamu membutuhkan Aplikasi Kasir Pintar. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir POS Aplikasir.

Aplikasir sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis bisnis kamu. Mulai dari bisnis UMKM, restoran, cafee, rumah makan, mini market, dan lain sebagainya.

Aplikasir memiliki banyak fitur untuk mencatat segala kebutuhan bisnis kamu. Mulai dari data pelanggan, pengeluaran, pemasukan dan lain sebagainya. Selain, kamu dapat mencetak struk pembayaran dengan mudah dan cepat, kamu juga dapat melihat laporan keuangan secara otomatis hanya dengan membuka Aplikasir.

Masih ada banyak lagi kemudahan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan Aplikasir. Jadi gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir. Tunggu apa lagi, buruan dwonload Aplikasir di playstore kamu. Kemudian nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Memulai Jualan Jus Buah, Simak Selengkapnya

Memulai Jualan Jus Buah, Simak Selengkapnya

Pada masa kini banyak orang yang lebih memperhatikan gaya hidup sehat. Salah satu gaya hidup sehat adalah mengkonsumsi buah-buahan. Olahan yang banyak disukai banyak orang adalah jus buah. Memulai Jualan…
5 Tips Feed Instagram Aesthetic

5 Tips Feed Instagram Aesthetic

Feed instagram merupakan hal yang paling penting bagi kamu yang ingin menjadi selebgram. Tidak hanya rajin membuat postingan saja. 5 Tips Feed Instagram Aesthetic – Instagram menjadi media sosial yang dapat digunakan untuk…
Cara Menata Warung Kelontong Agar Dagangan Makin Laris

Cara Menata Warung Kelontong Agar Dagangan Makin Laris

Warung kelontong merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan dan banyak peminatnya. Usaha warung kelontong masih eksis dari dulu hingga sekarang. Cara Menata Warung Kelontong Agar Dagangan Makin Laris –…
Mengenal Manfaat Brand Trust untuk Usaha

Mengenal Manfaat Brand Trust untuk Usaha

Menjadi brand yang terkenal dan terpercaya merupakan impian banyak pelaku usaha. Mereka akan lebih mudah dalam mencari pelanggan. Mengenal Manfaat Brand Trust untuk Usaha – Banyak pelanggan yang akan merekomendasikan brand yang sudah…