Jalan Keluar Mengelola Modal Kecil Bisnis

Solusi Pintar Mengelola Modal Kecil Bisnis
Modal merupakan hal yang paling penting dalam bisnis. Tanpa adanya modal kamu tidak dapat mengembangkan bisnis.

jalan Keluar Mengelola Modal Kecil Bisnis – Lantas bagaimana jika kamu harus mengelola bisnis dengan modal yang minum?. Hal ini tentunya dapat kamu lakukan. Banyak perusahaan besar yang berawal dari modal minim.

Sesuatu yang besar dan dapat bertahan lama, pasti berawal dari hal yang terkecil. Jika kamu dapat mengembangkannya dengan mau terus maka kesuksesan akan menunggu di waktu yang tepat.

Pada nyatanya banyak perusahaan sukses yang mengawali bisnis dengan modal yang minim. Namun, mereka juga melalui waktu yang panjang untuk mewujudkan kesuksesan. Belum lagi mereka juga melalui ujian mental yang tidak mudah.

Modal yang minim tidak menjadi hambatan bagi kamu yang ingin  meraih kesuksesan. Kamu dapat memulainya secara bertahap.

Pada kenyataannya kesuksesan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Kamu perlu bersabar untuk dapat kesuksesan.

Baca juga : Alasan Tidak Boros, Tapi Gaji Selalu Habis

Lantas bagaimana cara mengelola bisnis dengan modal yang kecil?. Penasaran bagaimana cara mengelola modal kecil bisnis?. Berikut ini jalan keluar mengelola modal kecil bisnis.

1. Hindari Meminjam Pinjaman Pada Awal Bisnis

Solusi Pintar Mengelola Modal Kecil Bisnis

Pada awal bisnis apakah kamu pernah berpikir untuk meminjam pinjaman uang?. Kebanyakan orang memilih pinjaman pada awal mereka bisnis.

Terlebih lagi jika bisnis kamu memiliki modal yang sangat minum. Namun, sebaiknya hindari berfikiran demikian. Sebab dalam bisnis harus tetap ada arus yang selalu berputas.

Kebanyakan orang akan tergiur meminjam pinjaman pada saat awal membuka usaha. Apalagi jika suku bunga yang ditawarkan rendah, membuat kamu menjadi tergiur untuk meminjam pinjaman dari bank.

Jangan sampai kas bisnis kamu lebih banyak pengeluaran di bandingkan dengan pemasukan. Terlebih lagi kamu juga tidak dapat terlalu banyak memprediksi apa yang terjadi ke depannya. Usahan untuk memulai bisnis dari uang sendiri meskipun dengan modal yang kecil.

Lebih baik memiliki modal yang kecil daripada kamu memliki pinjaman. Dengan memiliki pinjaman memiliki kewajiban untuk mencicil setiap bulannya. Padahal kamu belum mengetahui apakah setiap bulannya akan mendapatkan penghasilan yang banyak atau tidak.

 

2. Prinsip Hemat

Solusi Pintar Mengelola Modal Kecil Bisnis

Hemat merupakan hal banyak di sepelekan oleh banyak orang. Jika kamu sudah terbiasa untuk berhemat maka, bukan masalah yang besar jika kamu harus membuka bisnis dengan modal yang kecil.

Misalnya saja, untuk menghemat biaya operasional pada awal membangun bisnis. Kamu dapat memperkerjakan diri kamu sendiri sebagai karyawan.

Baca juga : Trik Kelola THR Agar Tidak Cepat Habis

Kamu dapat mengelola bisnis sendiri terlebih dahulu. Setelah bisnis kamu di rasa laku keras dan mendatangkan banyak keuntungan yang banyak dengan pembeli yang tidak dapat kamu kelola sendiri. Maka kamu dapat memperkerjakan karyawan.

Lakukan hal ini secara bertahap hingga usaha kamu menjadi besar. Selain itu, untuk menghemat biaya operasional kamu juga dapat beralih terlebih dahulu ke sistem online.

Bukan berarti sistem online tidak mengeluarkan dana. Biaya operasional usaha online lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya operasional usaha offline.  Oleh karena itu, sistem operasional online cocok digunakan bagi kamu yang memulai usaha dalam modal kecil.

3. Menggunakan Budget Lebih Optimal

Membuka bisnis dengan modal yang minim membuat kamu harus berpikir lebih keras lagi. Sebab kamu hanya menggunakan modal yang minum. Oleh karena itu, kamu harus dapat memberi barang atau kebutuhan yang pokok.

Untuk dapat menggunakan budget yang terbatas, maka kamu dapat membuat anggaran yang realistis yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan trend yang ada.

Kemudian kamu dapat membelanjalan budget tersebut sesuai dengan anggaran yang telah kamu buat. Jangan sampai kamu membeli barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan.

Untuk menghindari belanja berlebihan, kamu dapat mencatat terlebih dahulu sebelum pergi belanja. Mencatat barang belanja membantu kamu untuk belanja sesuai dengan budget dan menghindari jika ada barang yang lupa.

4. Menyiapkan Mental

Solusi Pintar Mengelola Modal Kecil Bisnis

Keputusan untuk membuka bisnis dengan modal yang minum merupakan hal yang tidak mudah. Oleh karena itu, kamu juga harus menyiapkan mental kamu terlebih dahulu. Sebab banyak pelaku bisnis yang tidak sukses pada tahun pertama.

Ada yang sukses pada tahun kedua, ketiga atau bahkan sampai berpuluh-puluh tahun. Mental kamu akan sangat di uji ketika memulai bisnis dengan modal yang kecil.

Jika bisnis kamu belum dapat menghasilkan keuntungan maka kamu harus lebih bersabar lagi. Jika kamu gagal, maka kamu harus bangkit dan memulai kembali.

Sebelum kamu menyiapkan usaha, alangkah lebih baiknya untuk dapat membuat mental kamu terlebih dahulu. Hal ini agar kamu dapat siap dalam situasi apapun.

Baca juga : Kesalahan Nabung yang Sering Ditemui

Pelanggan juga menyukai pelayanan yang cepat. Oleh karena itu kamu dapat menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online.

Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online. Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat dengan mudah mengelola toko, penjualan, pembelian bahkan kepegawaian.

Kamu dapat dengan mudah untuk menjual barang dengan harga grosir maupun harga ecer. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk pembayaran kamu bahkan langsung mengirim struk langsung ke pelanggan melalui pesan whatsapps.

Pingin buka toko online, tapi gak tau gimana caranya. Gak usah bingung lagi, hanya dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat membuat toko online dalam hitungan detik. Buat toko kamu 24 jam hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data.

Mode offline ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone. Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasir saat ini menggunakan sistem saldo. Jika saldo tidak ada atau Rp 0 maka tidak dapat di lakukan transaksi. Bentuk barang ini dapat berupa saldo pulsa, PLN, paket data dan lain sebagainya yang berupa saldo.

Penjualan kamu akan lebih mudah dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir Memudahkan kamu untuk dapat mengubah varian harga, ekstrak produk hingga fitur pembelian stok untuk memudahkan pemiliki toko untuk membeli stok produk.

Aplikasir sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis usaha kamu misalnya, online shop, mini market, UMKM, toko retail, toko pakaian, rumah makan atau restoran dan lain sebagainya.

Jadi gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir sekarang juga. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir dapat membantu pekerjaan kasir menjadi lebih cepat. Selain itu, Aplikasir juga membantu untuk mendata barang masuk dan keluar menjadi lebih cepat dan tepat. Dwonload Aplikasir sekarang juga dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

 

You May Also Like
Cara Digital Marketing Bagi Pemula

Cara Digital Marketing Bagi Pemula

Pada masa kini strategi usaha sangat banyak. Banyak hal yang di lakukan oleh pelaku bisnis dalam melakukan promosi. Terlebih lagi kita hidup di era digital.  Cara Digital Marketing Bagi Pemula…
Tips Hemat Belanja dengan Promo dan Chasback

Tips Hemat Belanja dengan Promo dan Chasback

Siapa sih saat ini yang tidak suka belanja online. Saat ini hampir semua orang sudah dapat melakukan belanja online. Tips Hemat Belanja dengan Promo dan Chasback – Dengan belanja online, kamu dapat dengan mudah…
5 Tips Sukses Bisnis Reseller Pemula

4 Tips Sukses Bisnis Reseller Pemula

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih. Pada saat ini banyak usaha baru yang bermunculan. 4 Tips Sukses Bisnis Reseller Pemula – Salah satu bisnis yang saat ini tengah populer…
Kenali 4 Manfaat Iklan Google AdWords

Kenali 4 Manfaat Iklan Google AdWords

Saat ini iklan online lebih banyak digemari oleh banyak orang di bandingkan dengan iklan offline. Terlebih seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dengan internet. Kenali 4 Manfaat Iklan Google AdWords – Iklan online di anggap lebih…