Kesalahan Nabung yang Sering Ditemui

Kesalahan Nabung yang Sering Ditemui
Semenjak kecil kita sudah di tanamkan untuk selalu menabung. Menabung sangat penting bagi kehidupan di masa yang akan mendatang.

Kesalahan Nabung yang Sering Ditemui – Namun, kita sering menjumpai banyak orang yang mengatakan bahwa menabung adalah sesuatu yang sulit. Padahal menabung merupakan kemampuan paling dasar yang harus di miliki oleh seseorang untuk mengelola keuangan.

Jadi, setiap orang harus menjadikan menabung sebagai kebiasaan yang harus di miliki. Kunci dalam menabung bukan dari seberapa besar uang yang kamu tabungkan, melainkan dengan konsisten. Jadi, menabung bukan hanya sekedar kegiatan untuk menyisihkan uang saja.

Baca juga :  Penyebab Boros Pada Bulan Ramadhan

Sebagai manusia yang hidup di dunia membutuhkan uang untuk bertahan hidup. Peran tabungan akan sangat penting ketika kamu membutuhkan uang dalam keadaan yang mendesak.

Kamu tidak perlu pusing-pusing lagi untuk memikirkan bagaimana mendapatkan uang dalam waktu yang singkat dalam keadaan yang mendesak. Kamu dapat menggunakan tabungan kamu untuk mengelola keuangan.

Ada banyak orang yang harus memahami bagaimana cara menabung. Sebagian orang menganggap bahwa cara menabung dengan menggunakan uang sisa dari pengeluaran.

Jika kamu menggunakan cara seperti ini, maka kamu tidak akan menabung dengan konsisten setiap bulannya. Sebab kamu hanya memanfaatkan dari uang sisa pengeluaran kamu. Bukan dari uang yang sengaja kamu siapkan untuk menabung.

Sebelum kamu mengerti bagaimana cara menabung yang benar. Kamu dapat mengetahui terlebih dahulu kesalahan nabung yang sering ditemui. Berikut ini kesalahan nabung yang sering ditemui.

Ada banyak orang yang harus memahami bagaimana cara menabung. Sebagian orang menganggap bahwa cara menabung dengan menggunakan uang sisa pengeluaran.

Jika kamu menggunakan cara seperti ini, maka kamu tidak akan menabung dengan konsisten setiap bulannya. Sebab kamu hanya mengandalkan dari uang sisa pengeluaran. Bukan dari uang yang sengaja kamu siapkan untuk menabung.

Sebelum kamu mengerti bagaimana cara menabung yang benar. Kamu dapat mengetahui terlebih dahulu kesalahan nabung yang sering ditemui. Berikut ini kesalahan nabung yang sering ditemui.

1. Persentasi Menabung yang Tidak Jelas

Kesalahan Nabung yang Sering Ditemui

Pada umumnya porsi menabung yang ideal adalah 10-15% dari gaji yang kamu terima setiap bulannya. Bukan semua gaji kamu tabungkan begitu saja. Lantas dari mana kamu akan memenuhi kebutuhan hidup kamu sehari-hari?.

Usahakan jumlah menabung kamu setiap bulannya tetap. Jika kamu suatu hari mendapatkan kenaikan gaji. Maka jumlah menabung kamu juga akan lebih meningkat, bukan malah pengeluaran kamu yang semakin meningkat.

Kamu harus dapat menentukan persentase yang jelas pada setiap pembagian pengeluaran setiap bulannya. Kedisiplinan ini membantu kamu untuk dapat menabung konsisten setiap bulannya.

2. Menabung dalam Satu Rekening

Kesalahan Nabung yang Sering Ditemui

Kamu sudah konsisten menabung namun, masih menggunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini tentunya akan membuat tabungan kamu menjadi rumit. Sebab kamu selalu mengambil uang dalam satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga : Penyebab Kagagalan Bisnis Kecil Berikut ini

Kamu tidak dapat mengetahui jumlah uang yang kamu tabungkan setiap bulannya. Atau bisa saja malah kamu tidak menabung karena habis untuk kamu pakai untuk membeli kebutuhan kamu.

Oleh karena itu, jika kamu berniat untuk menabung sebaiknya gunakan dua rekening untuk menabung. Satu tabungan untuk membeli kebutuhan kamu sehari-hari dan satu rekening lagi untuk menabung. Jika kamu tidak mau ribet, kamu bisa menggunakan tabungan digital yang bebas biaya admin, dan cara registrasinya juga mudah.

3. Mengikuti Gaya Hidup

wkwkwkw

Perlu kamu ketahui bahwa setiap tahunnya selalu bermunculan trend baju baru, sepatu baru, tas, ponsel baru dan lain sebagainya.

Jika kamu mengikuti perkembangan trend yang ada maka tidak akan ada habisnya. Karena setiap tahun bahkan dalam beberapa bulan saja selalu muncul trend baru.

Sebelum kamu membeli barang tersebut. Sebaiknya tanyakan dulu pada diri kamu sendiri. Apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut atau hanya sekedar keinginan kamu saja.

Jika kamu masih memiliki barang yang masih baru, maka sebaiknya uang itu kamu gunakan untuk menabung  atau dana darurat. Kamu dapat mencatat semua barang yang kamu miliki, kemudian ketika kamu ingin belanja kamu dapat melihat apakah kamu memiliki atau tidak.

4. Suka Belanja

Kesalahan Nabung yang Sering Ditemui

Hampir kebanyakan orang setelah menerima gaji, pasti selalu ingin berbelanja. Terlebih lagi pada tanggal muda selalu ada saja penawaran diskon yang menggiurkan.

Bahkan jauh sebelum menerima gaji kamu sudah membuat list barang belanja yang akan di beli. Kamu sudah membuat rencana untuk belanja barang yang kamu inginkan.

Baca juga :  Menghemat Keuangan Bulan Ramadhan

Kamu akan berdalih akan belanja lebih hemat ketika ada diskon. Tanpa adanya perencanaan keuangan terlebih dahulu malah membuat pengeluaran semakin bertambah banyak.

Padahal belum tentu barang yang kamu incar merupakan barang yang kamu butuhkan. Bisa saja kamu hanya tergoda dengan harganya yang murah. Namun, kamu tidak membutuhkan barang tersebut.

Bukannya tidak boleh untuk belanja. Kamu boleh saja belanja asalkan tidak berlebihan. Terlebih lagi pada barang-barang yang sebenarnya masih kamu miliki.

5. Jumlah Tabungan Tidak Konsisten

Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menabung dengan jumlah yang konsisten setiap bulannya. Usahakan kamu sudah memperhitungkan secara matang-matang mengenai pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari dan jumlah uang yang dapat kamu tabungkan.

Menabung dengan jumlah yang konsisten membantu keuangan kamu dimasa yang akan mendatang. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar  kamu dapat menabung secara konsisten setiap bulannya.

Sebuah bisnis membutuhkan suatu sistem yang mampu mempermudah dalam mengelola usaha. Banyak hal yang perlu kamu kamu urus dalam berbisnis.

Belum lagi masalah penghitungan stok barang. Jika usaha kamu masih kecil maka masih dapat kamu lakukan. Namun, jika keadaan usaha kamu sudah besar, gak mungkin kan menghitung stok barang satu persatu.

Nah solusi yang paling semua permasalahan bisnis kamu adalah Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir POS dan toko online. Aplikasir dapat membantu kamu untuk memudahkan pekerjaan kasir.

Mulai dari mencetak struk pembayaran, mencatat pemasukan, pengeluaran, utang piutang, pemasukan lain dan lain sebagainya. Aplikasir sudah dapat digunakan berbagai perangkat baik ponsel, komputer, laptop dan tablet.

Aplikasir juga memiliki kapasitas yang ringan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi kahabisan perangkat penyimpanan kamu ya. Aplikasir juga sangat cocok digunakan untuk berbagai usaha kamu.

Mulai dari usaha cafee, restoran, rumah makan, mini market, online shop, toko retail dan lain sebagainya. Gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir.

Aplikasir merupakan solusi terbaik untuk segala jenis usaha kamu. Tunggu apa lagi, buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore kamu ya. Kemudian, kamu dapat menikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Tantangan Bisnis Kosmetik yang Perlu Kamu Ketahui

Tantangan Bisnis Kosmetik yang Perlu Kamu Ketahui

Kosmetik merupakan kebutuhan wanita untuk dapat tampil paripurna. Setiap wanita pasti membeli kosmetik untuk meningkatkan penampilan mereka. Tantangan Bisnis Kosmetik yang Perlu Kamu Ketahui – Paling tidak pada saat bepergian…
Alasan Mengapa Banyak Brand Gunakan Artis Korea

Alasan Mengapa Banyak Brand Gunakan Artis Korea

Pada saat ini kamu pasti banyak menemukan iklan yang terdapat aktris atau idol dari Korea Selatan. Bagi kamu yang masih berusia muda terutama penggemar K-Drama atau penggemar K-Pop pasti kamu…
Bisnis Kuliner yang Paling Laris di Musim Hujan

Bisnis Kuliner yang Paling Laris di Musim Hujan

Salah satu cara mencari penghasilan adalah dengan berdagang. Banyak orang yang mencari uang dengan berdagang. Bisnis Kuliner yang Paling Laris di Musim Hujan – Ada banyak usaha yang dapat di…
Hal yang Tidak Boleh dilakukan Saat Promosi di Media Sosial

Hal yang Tidak Boleh dilakukan Saat Promosi di Media Sosial

Kita sudah mengetahui bahwa promosi menggunakan media sosial sudah banyak di lakukan. Pelaku bisnis memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Hal yang Tidak Boleh dilakukan Saat Promosi di…