Kenali Tugas Kasir yang Perlu Kamu Ketahui

Kenali Tugas Kasir yang Perlu Kamu Ketahui
Profesi kasir banyak di jumpai di berbagai sektor bisnis. Terlebih lagi saat kamu berbelanja di mini market, restoran, swalayan dan lain sebagainya.

Kenali Tugas Kasir yang Perlu Kamu Ketahui – Profesi kasir sangat mudah di jumpai dimana saja. Sebab hampir semua sektor bisnis membutuhkan profesi bisnis.  Tugas kasir pada umumnya menghitung total pada setiap transaksi.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, tugas kasir tidak hanya melayani transaksi. Misalnya, tugas kasir mini market dengan kasir restoran berbeda. Kasir mini market di tuntut untuk dapat menata stok barang, mendisplay barang dan lain sebagainya.

Seorang kasir harus memiliki keterampilan lain yang sesuai dengan bidang bisnis tempat mereka bekerja. Selain itu, mereka juga harus memiliki wawasan yang luas mengenai produk yang di jual. Sementara kasir restoran cukup memiliki skill hitungan yang baik untuk menjadi kasir.

Ada banyak tugas kasir yang perlu kamu ketahui. Kenali tugas kasir yang perlu kamu ketahui berikut ini.

1. Melayani Transaksi Penjualan

Tugas utama kasir adalah melayani transaksi dan penerimaan pembayaran. Oleh sebab itu, seorang kasir harus memiliki skill menghitung yang baik.

Untuk dapat melayani pelanggan dengan baik, kamu juga harus memiliki skill komunikasi yang baik. Misalnya dengan memberikan pelayanan yang ramah dan sopan.

Selain itu, kamu juga harus menguasai berbagai alat pembayaran. Mulai dari

2. Memberikan Informasi kepada Konsumen

Kasir tidak hanya di tuntut memiliki kemampuan berhitung yang baik. Namun, seorang kasir juga harus memberikan informasi kepada konsumen. Informasi ini berupa barang yang kamu jual.

Misalnya, kamu berkerja di mini market, maka kamu harus mengetahui letak produk, keunggulan produk dan lain sebagainya. Saat ada pelanggan yang bertanya, maka kamu dapat menjawab dengan tepat.

Hal ini akan membuat pelanggan menjadi merasa lebih terbantu dengan informasi yang kamu berikan. Sehingga pelanggan tidak mudah untuk berpaling dari toko atau bisnis yang kamu jalankan.

3. Packing Barang

Kamu sebaiknya memiliki kemampuan packing barang belanjaan konsumen. Sebab, kasir di harapkan mampu membantu konsumen dalam packring belanjaan dengan rapi dan cepat.

Hal ini akan sangat membantu terlebih lagi jika toko dalam keadaan ramai. Kamu akan mampu melayani banyak konsumen dengan waktu yang lebih efisien.

Baca juga :  Tips Agar Konsumen Yakin Belanja Online

Belum lagi jika belanjaan konsumen yang banyak. Pasti kamu membutuhkan waktu lebih untuk dapat mengemas semua barang belanjaan konsumen.

Jika kamu memiliki kemampuan packing barang dengan baik. Hal ini akan sangat membantu kinerja

4. Menawarkan Produk Diskon atau Promo

Siapa sih yang tidak menyukai diskon atau promo. Semua orang pasti akan tergoda jika ada diskon atau promo. Salah satu tugas kasir yang bekerja di mini market adalah menawarkan barang diskon atau promo.

Sebelum konsumen meninggalkan toko, maka kasir dapat menawarkan produk diskon atau promo. Hal ini bertujuan agar konsumen menambah item belanjaannya.

Sehingga produk yang kamu jual menjadi cepat terjual. Oleh karena itu, setiap ada pelanggan yang bertransaksi maka, kamu dapat menawarkan produk atau barang diskon yang sedang berlangsung.

5. Melakukan Proses Transaksi

Sudah tugas kasir untuk menjalankan segala transaksi yang ada. Baik menggunakan mesin kasir atau menggunakan alat manual.

Seorang kasir bertanggung jawab untuk dengan semua proses transaksi yang terjadi. Oleh sebab itu seorang kasir di tuntut untuk lebih teliti ketika melakukan transaksi.

Jangan sampai ada kesalahan yang menyebabkan kerugian dalam perusahaan. Maka dari itu, kamu dapat menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir POS dan Toko Online.

Aplikasir dapat membantu pekerjaan kasir menjadi lebih cepat dan tepat. Dalam Aplikasir terdapat menu histori, pembayaran, penjualan, grafik, jurnal produk dan lain sebagainya.

6. Menyebutkan dengan Jelas Jumlah Uang dalam Transaksi

Seorang kasir pasti selalu menyebutkan dengan jelas berapa uang dalam transaksi kepada pelanggan. Selain itu, kasir juga menyebutkan jumlah kembalian yang di terima oleh pelanggan.

Hal ini di lakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan pelanggan. Jangan sampai ada pelanggan yang protes karena ada kesalahan dalam transaksi. Seandainya terjadi kesalahan, maka pelanggan dan petugas kasir akan langsung mengerti.

Baca juga :  Usaha Hampers Lebaran Penambah Cuan

7. Pastikan untuk Mengecek Barang

Hal yang perlu kamu cermati sebagai seorang kasir adalah pastikan kamu untuk mengecek barang belanjaan konsumen masuk ke kantong belanjaan. Meskipun terlihat sepele jangan sampai konsumen kamu protes karena barang belanjaannya tertinggal.

Jadi pastikan barang belanjaan konsumen sudah masuk semua ke dalam kantong belanjaan. Konsumen kamu juga tidak perlu bolak balik untuk ke toko jika barang belanjaannya sudah terbawa semua di kantor belanjaanya.

Selain itu, barang yang harus kamu cek adalah persediaan barang. Pastikan persediaan barang yang ada tidak habis. Sehingga ketika ada pelanggan yang ingin belanja, barang yang dibutuhkan sudah tersedia dalam rak.

8. Memberikan Sapa dan Senyum 

Hal yang tidak kalah pentingnya dari seorang kasir adalah memberikan sapa dan senyum kepada pelanggan. Pelayanan ini dapat meningkatkan minat pelanggan untuk terus datang ke toko atau bisnis kamu.

Kesan yang baik akan berdampak baik bagi pelanggan. Kamu dapat dengan mudah untuk mendapatkan pelanggan tetap. Pelayanan ini tentunya berlaku untuk semua pelanggan yang datang ke toko atau bisnis kamu.

Baca juga :  5 Tips Jitu Punya Bisnis Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga

Untuk segala kebutuhan bisnis kamu, percayakan bisnis kamu dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir POS dan toko online. Aplikasir membantu kamu untuk dapat memaksimalkan kinerja kasir kamu. Aplikasi Aplikasir membantu kamu untuk dapat membantu pekerjaan kasir menjadi lebih mudah.

Kamu dapat mengirim stuk pembayaran secara langsung ke konsumen kamu melalui pesan WhatsApps. Dengan syarat pelanggan tersebut sudah terdaftar atau terekam informasinya dalam Aplikasir.

Pingin buka toko online, tapi gak tau gimana caranya. Gak usah bingung lagi, hanya dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat membuat toko online dalam hitungan detik. Buat toko kamu 24 jam hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data.

Kenali Tugas Kasir yang Perlu Kamu Ketahui –  Mode offline ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone. Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasir sangat cocok di gunakan untuk berbagai jenis bisnis. Misalnya seperti restoran, cafee, rumah makan, mini market, online shop dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi keunggulan yang dapat kamu rasakan dengan menggunakan Aplikasir. Apapun jenis usaha kamu jangan lupa untuk menggunakan Aplikasir agar dapat memaksimalkan usaha kamu. Tunggu apa lagi dwonload sekarang juga Aplikasir di playstore kamu sekarang juga, dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Tips Menerapan Referral Marketing pada Bisnis Online

Tips Menerapan Referral Marketing pada Bisnis Online

Pada saat ini bisnis online kian merebak. Hal ini menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu di butuhkan strategi agar bisnis Anda dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Tips Menerapan Referral Marketing…
Tantangan yang Harus Dihadapi Pembisnis

Tantangan yang Harus Dihadapi Pembisnis

Memutuskan untuk membuka bisnis merupakan keputusan yang sulit. Terlebih lagi bagi kamu yang sudah sudah terbiasa dengan sistem sebagai karyawan kantor atau perusahaan. Tantangan yang Harus Dihadapi Pembisnis – Banting…
4 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Food Truck

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Food Truck

Pada saat ini kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan food truck. Di kota-kota besar kamu akan dengan mudah menjumpai penjual food truck. Penjual food truck biasanya menjual berbagai makanan yang menggugah selera.…
Strategi Customer Focus Bikin Usaha Laris

Strategi Customer Focus Bikin Usaha Laris

Pendekatan customer focus merupakan pendekatan lebih untuk meningkatkan kepuasan serta pelayanan pelanggan sehingga dapat memperoleh keuntungan dari pelanggan. Strategi Customer Focus Bikin Usaha Laris – Faktor utama yang menentukan keberhasilan konsumen adalah…