Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda

Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda
Bisnis tidak dapat lepas dari persaingan dengan kompetitor. Terlebih lagi jika bisnis kamu merupakan bisnis yan sama.

Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda – Saat ini banyak orang yang lebih tertarik untuk terjun dalam dunia bisnis. Mereka menganggap berbisnis lebih banyak menghasilkan keuntungan.

Pelaku bisnis dapat menentukan sendiri jenis bisnisnya. Mereka dapat membuat bisnis yang sesuai dengan hobi atau passion mereka.

Persaingan ini tentu tidak dapat di hindari oleh pelaku bisnis. Baik bisnis kecil-kecilan maupun bisnis besar memiliki daya saingnya tersendiri. Namun jangan meremehkan pembisnis kecil. Bisa jadi pembisnis kecil ini memiliki daya saing yang tinggi.

Mereka selalu melakukan inovasi-inovasi terbaru yang di sukai oleh banyak konsumen. Tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti mereka akan berubah menjadi perusahaan yang besar.

Baca juga : Pentingnya Website Untuk Bisnis Online

Oleh karena itu perusahaan besar harus berusaha melakukan inovasi. Namun bagaimana jika perusahaan tersebut tidak memiliki dana yang banyak untuk marketing. Nah berikut ini kiat meningkatkan daya saing bisnis Anda.

1. Dapat Memprediksi Masa Depan

Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda

Hal yang yang dapat kamu lakukan pertama untuk meningkatkan daya saing bisnis adalah Anda harus dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang. Maksudnya adalah Anda dapat memperkiraan perkiraan yang akan terjadi. Misalnya jika saat ini Anda masih membuka toko offline saja.

Namun pada saat ini sudah banyak orang yang mulai mengetahui internet. Penggunanya juga semakin meningkat tajam setiap tahunnya. Oleh karena itu Anda tidak dapat diam saja, karena kemungkinan pada masa depan semua proses transaksi akan di lakukan secara online.

Jadi mulai saat ini Anda sudah membuat toko online dan terus mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu, kamu harus dapat menyesuaikan diri untuk dapat menyesuaikan trend yang ada. Hal ini mempengaruhi kebutuhan konsumen. Saat ini banyak yang mulai mengetahui internet.

 

2. Mendengarkan Kritik Konsumen

Dalam berbisnis mungkin Anda pernah mendengar keluhan pelanggan. Tentu Anda harus meminta maaf dan memberikan solusi yang tepat. Namun sebaiknya Anda juga mengucapkan terima kasih karena telah memberikan keluhan tersebut. Bila perlu Anda juga dapat mencatat keluhan pelanggan tersebut.

Baca juga : Tips Meningkatkan Penjualan Melalui Website

Dengan mendengarkan segala kritikan pelanggan akan membantu Anda untuk menganalisis kekurangan bisnis Anda. Dengan begitu Anda sudah memiliki banyak bahan pertimbangan untuk evaluasi bisnis Anda agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.

Jangan pernah kesal atau marah jika ada kosumen yang mengutarakan kritik terhadap konsumen yang menyampaikan kritik dan saran.  Kamu dapat mencatat segala kritik yang konsumen berikan. Kemudian kamu dapat menggunakan kritik dari konsumen tersebut sebagai bahan evaluasi.

 

3. Menganggapi Perubahan Pasar

Dalam dunia bisnis kamu harus mengikuti perkembangan zaman yang ada. Kamu harus secepat mungkin mengetahui perubahan pasar yang terjadi dan kemudian dapat menyesuaikan perubahan yang terjadi.

Banyak faktor yang dapat berubah dari waktu ke waktu. Misalnya dari segi kemajuan teknologi yang semakin canggih, media promosi yang semakin menarik, strategi marketing yang semakin beragam dan lain sebagainya.

Kamu harus peka terhadap perubahan trend yang ada. Meskipun sifat trend hanya untuk sementara, namun kamu harus tetap mengikuti perkembangan trend yang ada untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Namun, tidak semua trend dapat kamu gunakan dalam bisnis. Kamu harus dapat menentukan trend mana yang dapat disesuaikan dengan bisnis kamu. Jangan hanya asal mengikuti trend saja. Jika trend tidak sesuai dengan bisnis kamu, malah dapat merugikan diri kamu sendiri.

4. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda

Pelanggan merupakan faktor yang paling penting dalam kesuksesan bisnis Anda. Sebagus apapun rencana bisnis Anda, jika tidak memiliki pelanggan maka bisnis Anda dapat di katakan bisnis yang gagal.

Oleh karena itu setiap pelaku bisnis berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan yang memuaskan akan membuat pelanggan merasa nyaman dengan bisnis Anda.

Pelayanan yang dihadirkan tidak hanya sekedar ramah dengan pelanggan. Namun, kamu juga dapat membantu mencari solusi bagi konsumen atau memberikan informasi dengan kosumen.

Apabila kamu membuka toko online, kamu dapat menyediakan situs website yang membantu konsumen menemukan informasi tentang bisnis kamu. Selain itu, sediakan fitur yang lengkap untuk membantu konsumen baik pada saat berbelanja ataupun pada saat transaksi.

Perlu kamu ketahui bahwa pada saat membuka toko online, kamu tidak dapat bertemu secara langsung dengan konsumen. Kamu hanya dapat berkomunikasi melalui chatting. Oleh karena itu, jika ada konsumen yang bertanya jangan malas untuk membalas chatting tersebut.

Jawab sebaik mungkin setiap pertanyaan yang masuk. Jika pada akhirnya konsumen tersebut tidak membeli. Maka jangan kecewa, setidaknya pelayanan yang baik akan mendapatkan kesan yang baik pula dimata konsumen

Baca juga :  Cara Hemat Belanja Online Berikut Ini!

Anda masih belum memiliki website karena masih bingung bagaimana cara pembayarannya?. Nah Aplikasir solusinya. Aplikasir merupakan Aplikasir Kasir POS dan Toko Online. Dengan menggunakan Aplikasir, Anda dapat membuat toko online dalam hitungan detik.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan, pembayaran hingga kepegawaian. Kamu juga dapat menjual barang produk dengan harga ecer dan harga grosir.

Aplikasir juga memungkinkan kamu untuk mengirim langsung struk konsumen melalui pesan whatsapp.  Pastikan sebelum kamu mengirim struk pembayaran melalui pesan whatsapp, nomor pelanggan sudah kamu catat dalam fitur pelanggan Aplikasir. Sebab jika data pelanggan belum ada, maka kamu tidak dapat mengirim pesan whatsapps kepada pelanggan yang bersangkutan.

Selain itu, saat ini kamu juga dapat menggunakan  Aplikasir dengan menggunakan mode offline. Mode offline dapat digunakan hanya dengan menggunakan handphone saja. Namun, sebaiknya gunakan mode offline ini hanya dalam keadaan darurat.

Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda –  Misalnya saja, ketika jaringan wifi kamu sedang bermasalah atau ketika kamu kehabisan paket internet baru kamu menggunakan mode offline. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir dapat membantu kamu menjual produk dengan menggunakan harga grosir maupun harga pokok. Aplikasir sangat cocok untuk berbagai usaha misalnya, membuat toko baju, toko sembako, mini market, online shop, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya.

Gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir Dapatkan Aplikasir sekarang di playstore Anda dan nikmati 30 hari pemakaian secara gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Apa Itu Paid Promote? Serta Manfaat bagi Bisnis

Apa Itu Paid Promote? Serta Manfaat bagi Bisnis

Mungkin Anda pernah mendengar istilah paid promote pada digital marketing atau tawaran pada instagram. Seiring dengan eksisnya pengguna media sosial saat ini melahirkan banyak strategi digital marketing. Apa Itu Paid Promote? Serta Manfaat bagi Bisnis…
Tips Meningkatkan Brand Awareness dengan Endorsement

Tips Meningkatkan Brand Awareness dengan Endorsement

Ada berbagai macam cara untuk meningkatkan branf awareness. Salah satunya adalah dengan endorsement. Tips Meningkatkan Brand Awareness dengan Endorsement – Endorsement merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan brand awareness memalui tokoh terkenal yang memiliki pengaruh banyak bagi…
Peran Customer Service dalam Bisnis Online

Peran Customer Service dalam Bisnis Online

Menjamurnya bisnis online juga dapat membuka lapangan pekerjaan yang baru. Salah satunya adalah customer service. Peran Customer Service dalam Bisnis Online – Tentu kamu sudah tidak asing dengan pekerjaan customer service. Ketika kamu…