Manajemen Pengeluaran Ramadhan bagi Ibu Rumah Tangga

Manajemen Pengeluaran Ramadhan bagi Ibu Rumah Tangga
Manajemen pengeluran Ramadhan bagi Ibu Rumah Tangga merupakan hal yang penting. Seperti yang kamu ketahui bahwa pada kebutuhan pada saat bulan ramadhan meningkat.

Manajemen Pengeluaran Ramadhan bagi Ibu Rumah Tangga – Ibu rumah tangga pasti pusing bukan bagaimana caranya mengendalikan pengeluaran pada bulan ramadhan ini. Banyak pengeluaran baru yang tidak ada pada bulan biasanya.

Kamu akan berbelanja lebih banyak di bandingkan bulan biasanya. Sebab bulan ramadhan merupakan bulan istimewa yang datangnya setahun sekali. Banyak orang yang menyambut bulan ramadhan dengan penuh kemeriahan.

Pada ramadhan identik dengan naiknya tingkat komsumtif masyarakat. Bagi ibu rumah tangga, kepintaran kamu dalam mengelola keuangan di uji saat bulan Ramadhan. Hal ini karena melambungnya berbagai harga kebutuhan. Terlebih lagi ketika menjelang lebaran. Banyak kebutuhan yang naik.

Baca juga :  Tipe Kasir yang Banyak Dibutuhkan

Bagi ibu rumah tangga harus pintar-pintar dalam memutar otak agar pengeluaran menjadi tidak membengkak. Dalam situasi seperti ini kecerdasan kamu dalam mengelola keuangan akan di uji. Apakah kamu dapat mengelola keuangan dengan baik di tengah kenaikan kenaikan berbagai bahan baku.

Lantas bagaimana cara mengatasi pengeluaran pada bulan Ramadhan. Berikut ini tips manajemen pengeluaran ramadhan bagi ibu tangga.

1. Menghitung Pemasukan

Manajemen Pengeluaran Ramadhan bagi Ibu Rumah Tangga

Hal yang pertama kali lakukan adalah dengan menghitung pemasukan. Hal ini sangat penting untuk menentukan anggaran untuk kamu berbelanja. Pengeluaran yang baik merupakan pengeluran yang tidak melebih pemasukan.

Catat semua sumber pamasukan yang kamu miliki. Setelah mengetahui seberapa banyak Jangan lupa untuk tetap menyisihkan uang untuk keperluan membayar zakat, menabung atau berinvestasi. Walaupun jumlahya kecil namun, jika kamu kumpulkan secara terus menerus maka akan bermanfaat di masa yang akan mendatang.

Menghitung pemasukan sangat penting untuk di gunakan sebagai rencana keuangan kamu. Jika kamu tidak mengetahui  berapa pemasukan kamu. Bisa-bisa kamu tidak dapat memuhi kebutuhan hidup kamu usai lebaran tiba.

Jangan langsung belanja sebelum menghitung berapa pamasukan yang kamu miliki. Bisa-bisa kamu malah kalap belanja yang tidak sesuai dengan pemasukan.

2. Membuat Daftar Pengeluaran atau Belanja

Manajemen Pengeluaran Ramadhan bagi Ibu Rumah Tangga

Setelah kamu mengetahui berapa pemasukan yang kamu peroleh. Langkah selanjutnya adalah mmbuat daftar pengeluaran. Catat terlebih dahulu pengeluran yang penting misalnya membayar tagihan listrik, membayar tagihan air, internet dan lain sebagainya. Setelah kebutuhan pokok terpenuhi maka kamu dapat membuat daftar kebutuhan lebaran.

Misalnya saja kebutuhan untuk membeli baju lebaran untuk anak-anak, membeli kue lebaran dan lain sebagainya. Usahakan untuk tidak berbelanja secara berlebihan. Sehingga uang yang harus kamu keluarkan juga tidak terlalu besar.

Baca juga :  Memulihkan Dompet Pasca Lebaran, Berikut Ini Tipsnya

Selain itu, kamu juga dapat membuat daftar belanja terlebih dahulu sebelum pergi berbelanja. Sebab jika tidak membuat daftar belanja, siap-siap saja kamu akan mudah tergiur dengan berbagai tawaran diskon.

Meskipun barang diskon, jika kamu membelinya dalam jumlah banyak dan tidak ada dalam anggaran. Maka akan menjadi boomerang pengeluaran kamu nantinya.

3. Tetap Menabung atau Berinvestasi

Manajemen Pengeluaran Ramadhan bagi Ibu Rumah Tangga – Menabung merupakan skill yang harus di miliki oleh banyak orang agar dapat mengatur keuangan dengan baik. Kunci sukses menabung adalah dengan konsisten.

Termasuk menabung pada saat lebaran. Sudah bukan hal baru lagi jika pada saat menjelang lebaran tiba banyak harga berbagai kebutuhan pokok melambung tinggi. Bagi kau ibu-ibu hal ini membuat pusing bukan. Kamu harus memikirkan bagaimana agar keuangan uang tetap stabil di tengah kenaikan berbagai bahan pangan.

Oleh kerana itu, kamu dapat berbelanja kebutuhan dengan tidak berlebihan. Atau kamu juga bisa berbelanja bahan kebutuhan pokok jauh-jauh hari sebelum mendakati lebaran. Tentunya harga yang kamu beli beli mengalami kenaikan.

Jadi tidak akan mengganggu rencana keuangan kamu. Perhatikan juga bahan kebutuhan pokok yang kamu beli. Pastikan bahan pokok yang kamu dapat tahan lama. Sehingga tidak busuk saat akan di sajikan atau di gunakan pada saat lebaran tiba.

Dengan mempersiapkan kebutuhan lebaran lebaran jauh-jauh hari maka kamu dapat  lebih menghemat pengeluaran kamu. Sehingga kamu juga tetap dapat menabung meskipun jumlahnya sedikit.

 

4. Menghindari Pinjaman

Manajemen Pengeluaran Ramadhan bagi Ibu Rumah Tangga

Ibu-ibu siapa yang abis lebaran pusing karena uangnya udah abis?. Banyak hal yang harus di beli untuk membeli untuk kebutuhan lebaran.

Kebutuhan lebaran yang beragam, belum lagi banyaknya harga kebutuhan pokok yang melambung tinggi menyebabkan kamu keuangan kamu membengkak. Oleh karena itu, mungkin saja kamu berfikir untuk meminjam pinjaman untuk memenuhi segala kebutuhan lebaran.

Baca juga :  5 Trik Menyusun Keuangan Pribadi

Kemudian kamu akan membayarkan setelah lebaran usai. Hal ini justru akan membuat keuangan menjadi lebih kacau. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu  berbelanja jauh-jauh hari sebelum hari lebaran. Kamu juga dapat jauh-jauh hari untuk mempersiapkan budget untuk kebutuhan lebaran.

Sehingga pada saat hari lebaran tiba kamu tidak pusing lagi karena semua harga sudah naik. Pengeluaran kamu juga tidak akan membengkak karena membeli harga kebutuhan pokok yang naik.

5. Membuat Budget Tiap Bulan

Membuat catatan keuangan setiap bulannya di buku jarang di lakukan oleh kebanyakan orang. Padahal hal ini membantu kamu untuk mengetahui pengeluaran apa saja yang telah terjadi.

Ketika kamu tidak mencatat pengeluaran kamu, maka kamu akan merasa uang kamu habis begitu saja. Melalui mencatat keuangan di buku setiap bulannya akan dapat membantu kamu untuk mengevaluasi pengeluaran kamu di bulan berikutnya.

Mencatat budget tidak hanya kamu laksanakan setelah bulan ramadhan saja. Membuat rencana pengeluaran dapat kamu lakukan setiap bulannya. Hal ini tentunya membutuhkan kedisiplinan.

Jika kamu dapat disiplin membuat rencangan budget, maka keuangan kamu akan semakin membaik. Sebab kamu dapat mengetahui kekurangan dalam setiap rencana budget kamu. Hal ini membantu untuk mengevaluasi keuangan secara mandiri.

Percayakan semua proses transaksi yang ada dalam bisnis kamu dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir POS dan Toko online. Aplikasir ini sangat cocok untuk di gunakan di berbagai jenis sektor usaha.

Mulai dari online shop, mini market, toko retail, restoran, rumah makan, cafee dan lain sebagainya. Aplikasi Aplikasir dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dengan bisnis kamu. Sebab segala transaksi akan terekam dalam Aplikasir.

Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah.

Aplikasi kasir yang mudah digunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
Cara Meningkatkan Penghasilan Warung Kelontong

Cara Meningkatkan Penghasilan Warung Kelontong

Warung kelontong merupakan usaha yang banyak di temui saat ini. Baik di daerah perkotaan maupun di daerah pedesaan banyak di temui warung kelontong. Cara Meningkatkan Penghasilan Warung Kelontong – Perkembangan…
Tips Jual Barang Preloved Cepat Laku

Tips Jual Barang Preloved Cepat Laku

Jual barang preloved mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Kamu mungkin beberapa kali menemukan orang yang menjual barang preloved pada media sosial, e-commerce dan lain sebagainya. Tips Jual Barang Preloved Cepat Laku –…
Mengenal Jauh Lebih Dekat 5 Konsep Pemasaran

Mengenal Jauh Lebih Dekat 5 Konsep Pemasaran

Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat banyak pelaku bisnis melakukan berbagai cara untuk dapat mempromosikan bisnisnya. Pelaku bisnis saling berlomba-lomba untuk menarik banyak pelanggan. Mengenal Jauh Lebih Dekat 5 Konsep…
Manfaat Menggunakan Point of Sale (POS) Bisnis

Manfaat Menggunakan Point of Sale (POS) Bisnis

Point of sale (POS) merupakan sistem kasir digital yang pada umumnya berbentuk aplikasi atau sofware. Point of sale atau POS dapat membantu sistem bisnis kamu menjadi lebih mudah dan cepat. Manfaat Menggunakan…