Memulihkan Dompet Pasca Lebaran, Berikut Ini Tipsnya

Memulihkan Dompet Pasca Lebaran, Berikut Ini Tipsnya
Lebaran merupakan hari yang di nanti-nanti oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia setalah satu bulan penuh menunaikan ibadah puasa. Bagi kamu yang telah bekerja, pada umumnya banyak perusahaan yang akan memberikan kamu THR untuk memenuhi kebutuhan lebaran kamu.

Memulihkan Dompet Pasca Lebaran, Berikut Ini Tipsnya – Lebaran merupakan momen yang paling di tunggu-tunggu. Banyak umat muslim yang sudah mempersiapkan momen lebaran ini jauh-jauh hari.

Namun, setelah usai merayakan lebaran, kamu harus kembali ke rutinitas sehari-hari. Nah banyak orang yang lupa untuk mengalokasikan dana untuk kepentingan sehari-hari pasca lebaran.

Bisa saja kamu hanya memiliki sisa THR untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari setelah lebaran. Padahal masih banyak rencana yang akan kamu lakukan setelah lebaran. Misalnya saja kamu ingin mengunjungi tempat wisata untuk mengisi libur panjang.

Baca juga :  5 Trik Menyusun Keuangan Pribadi

Ketika kamu hanya memiliki sisa THR yang cukup untuk biaya hidup hingga akhir bulan. Hal ini akan membuat kamu menjadi pusing untuk mengelola keuangan pasca lebaran.

Mau tidak mau kamu harus dapat memutar otak agar kamu tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.  Kamu tidak perlu pusing lagi mengelola keuangan pasca lebaran tiba. Yuuk memulihkan keuangan pasca lebaran, berikut ini tipsnya.

1. Memulainya dengan Menyusun Kembali Anggaran

Memulihkan Dompet Pasca Lebaran, Berikut Ini Tipsnya

Usai lebaran, tanpa kamu sadari pengeluaran kamu akan membengkak. Sebelum lebaran kamu sudah membelanjakan uang kamu untuk berbagai kebutuhan lebaran seperti baju lebaran, kue lebaran, hadiah lebaran dan lain sebagainya.

Hal tersebut tentunya sangat menguras keuangan kamu bukan. Belum lagi jika kamu harus mudik lebaran. Kamu juga harus menyiapkan anggaran untuk mudik lebaran, seperti membeli tiket transportasi dan kebutuhan selama kamu di kampung halaman.

Setelah lebaran usai maka, kamu dapat menyusun kembali anggaran kamu. Kamu dapat mengevaluasi anggaran sebelumnya agar sesuai dengan keuangan kamu. Periksa kembali pengeluaran kamu selama lebaran.

Kemudian kamu dapat mencatat kembali kebutuhan apa saja yang harus kamu penuhi. Usahakan untuk membuat anggaran untuk kebutuhan yang sangat di butuhkan saja.  Pada umumnya usai lebaran, kondosi kauangan kamu yang semraut membuat kamu, untuk mau tidak mau berhemat terlebih dahulu.

2. Memeriksa Kembali Anggaran yang Ada

Pada umumnya banyak orang yang mengeluhkan keuangan mereka yang tidak stabil pasca lebaran. Terlebih lagi bagi mereka yang terlalu berfoya-foya pada saat merayakan momen lebaran. Tentu saja akan gigit jari pasca lebaran.

Baca juga : Berburu Diskon Lebaran? Berikut Ini Tipsnya

Oleh karena itu, agar keuangan kamu tidak menjadi lebih kacau lagi usahakan untuk memeriksa kembali anggaran yang ada. Kamu dapat memerikasa ulang pengeluaran-pengeluaran apa saja yang menjadi kebutuhan dan pengeluaran apa yang dapat di tunda.

Dengan begitu kamu masih dapat memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari meskipun keuangan kamu tengah memburuk. Kamu dapat memeriksa kembali anggaran yang ada.

Bisa jadi ada uang sisa lebaran yang dapat kamu gunakan. Dengan begitu uang tersebut dapat kamu gunakan menambah kebutuhan sehari-hari.

3. Membatasi Pengeluaran Harian

Memulihkan Dompet Pasca Lebaran, Berikut Ini Tipsnya

Cara lain untuk mengatasi keuangan pasca lebaran adalah dengan membatasi pengeluan harian untuk semantara waktu. Dengan kata lain kamu harus berhemat terlebih dahulu. Misalnya saja untuk sementara waktu kamu tidak makan di luar terlebih dahulu. Kamu dapat membawa bekal dari rumah dan memasak makanan rumah.

Kurangi juga aktifitas yang dapat memancing kamu untuk mengeluarkan uang. Misalnya saja jalan-jalan di mall atau nongkong di cafee. Kamu dapat menggantinya dengan aktifitas lain seperti berolahraga, membersihkan rumah, menonton film, membaca buku dan lain sebagainya.

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencatat setiap pengeluaran setiap harinya. Dengan begitu akan lebih mudah untuk kamu mengevaluasi setiap pengeluaran yang ada.

Kamu juga dapat menggunakan transportasi umum untuk bepergian untuk lebih menghemat ongkos. Hal ini jauh akan lebih hemat jika kamu bepergian menggunakan mobil yang mengharuskan kamu untuk membeli BBM yang harganya jauh lebih mahal.

4. Menetapkan Biaya Harian

Untuk dapat memulihkan keuangan kamu maka maka kamu dapat mencoa untuk menetapkan biaya harian. Lakukan hal ini dengan konsisten agar kamu dapat disiplin dalam mengelola keuangan. Selain itu, jika kamu terbiasa untuk menetapkan biaya harian maka akan lebih mudah dalam mengelola keuangan ke depannya.

Baca juga :  Panduan Kirim Struk ke WhatsApp Pelanggan

Misalnya kamu kamu menetapkan biaya harian untuk belanja kebutuhan sehari-hari sebesar 50 ribu. Jika hal ini di lakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama. Kamu akan lebih handal lagi dalam mengelola keuangan.

Dalam menetapkan biaya harian harus di lakukan dengan disiplin. Sesuaikan biaya harian sesuai dengan anggaran kamu. Perhitungkan juga besaran biaya harian kamu agar sesuai dengan kondisi keuangan.

5. Tetap Menabung untuk Menyisihkan Dana Darurat

Menabung merupakan salah satu cara untuk mengandalikan keuangan. Seseorang yang memiliki keterampilan disiplin menabung yang baik, pada umumnya dapat mengelola keuangan dengan baik pula.

Skill menabung ini harus dimiliki oleh semua orang agar dapat mengelola keuangannya. Tidak ada batasan minumum agar kamu bisa menabung.

Meskipun keuangan kamu tidak stabil pasca lebaran. Namun, jangan lupa untuk tetap menabung dan menyisihkan dana darurat. Uang untuk menabung dan menyisihkan dana darurat dapat kamu peroleh dari hasil penghematan biaya kehidupan sehari-hari.

Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun kamu harus tetap menyisihkan uang untuk menabung. Memiliki tabungan uang dalam kehidupan ini sangat penting. Sebab kamu tidak dapat mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan.

Misalnya saja tiba-tiba kamu mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Ketika kamu memiliki tabungan, maka kamu masih dapat memenuhi kebutuhan kamu untuk sementara waktu sebelum kamu mendapatkan pekerjaan lagi.

6. Menunda Membeli Kebutuhan yang Tidak Penting

Untuk semantara waktu, selama keuangan kamu belum stabil, kamu dapat menunda terlebih dahulu untuk membeli kebutuhan yang tidak penting. Jangan mudah tergoda dengan banyaknya godaan promo yang ada.  Untuk sementara waktu hindari hal-hal semacam ini karena dapat menganggu keuangan kamu.

Baca juga : Bisnis Bulan Puasa yang Dapat Kamu Coba

Percayakan semua proses transaksi yang ada dalam bisnis kamu dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir dan Toko online. Aplikasir ini sangat cocok untuk di gunakan di berbagai jenis sektor usaha. Mulai dari usaha cafee, mini market, rumah makan, restoran, toko retail, online shop dan lain sebagainya.

Aplikasi Aplikasir dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dengan bisnis kamu. Sebab segala transaksi akan terekam dalam Aplikasir. Ketika pelanggan membutuhkan struk pembayaran.

Maka kamu dapat mengirim struk pembayaran melalui pesan WhatsApps. Ada banyak lagi yang keuntungan yang kamu dapatkan dengan menggunakan Aplikasir. Jadi tunggu apa lagi?. Buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Trik Jitu Cara Mendapatkan Modal Bisnis

Trik Jitu Cara Mendapatkan Modal Bisnis

Jika berbicara bisnis pasti membutuhkan modal. Semua jenis bisnis pasti membutuhkan modal. Trik Jitu Cara Mendapatkan Modal Bisnis – Terlebih lagi jika kamu memiliki ide bisnis yang berpotensi besar. Ada…
Tips Sukses Pasang Iklan Youtube!

Tips Sukses Pasang Iklan Youtube!

Youtube merupakan salah satu platform untuk memasarkan produk kamu. Terlebih lagi keberadaan youtube saat ini sangat eksisi di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Tips Sukses Pasang Iklan Youtube! – Setiap harinya ada banyak…
Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Pada masa kini bisnis online shop atau toko online lebih banyak diminati. Banyak orang yang sudah banyak membuka bisnis online shop. Bisnis ini sangat mudah karena kamu dapat membuka toko tanpa menyewa tempat. Cara Bisnis Online…
Pentingnya Personalized Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Pentingnya Personalized Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Kamu sudah melakukan berbagai cara digital marketing untuk meningkatkan penjualan?. Namun, penjualan kamu masih belum meningkat. Bahkan dapat dikatakan malah jalan ditempat. Pentingnya Personalized Marketing untuk Meningkatkan Penjualan – Mungkin kamu…