Simak 4 Cara Riset Produk untuk Jualan Online

Simak 4 Cara Riset Produk untuk Jualan Online
Ingin jualan online kamu laku keras?. Tapi gak tau mau dagang apa?. Maka kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Simak 4 Cara Riset Produk untuk Jualan Online – Sebelum kamu memulai pertempuran dalam bisnis. Ada baiknya kamu melakukan riset produk terlebih dahulu. Dengan kamu melakukan riset produk terlebih dahulu, kamu akan mengetahui produk apa saja yang banyak kompetitornya dengan harga yang cukup bersaing.

Riset produk merupakan proses mencari informasi mengenai suatu produk untuk bisnis, baik dari segi harga, pesaing maupun kuantitas. Tujuan dari riset produk ini adalah agar kamu memiliki bahan pertimbangan agar kamu dapat memilih jenis produk apa yang akan kamu jual nantinya.

Tentunya kamu menginginkan bisnis kamu dapat bertahan lama bukan?. Maka dari itu kamu harus melakukan riset terlebih.

Banyak orang yang menganggap riset hanya membuang-buang waktu. Padahal ada banyak manfaat yang kamu dapatkan dengan melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai bisnis.

Baca juga :  Langkah Cerdas Memilih Influencer untuk Bisnis!

Dengan melakukan riset, kamu dapat lebih mudah pada saat menjalankan bisnsis. Kamu dapat lebih mudah dalam menjalankan bisnis. Kamu mengetahui ke arah mana bisnis kamu akan kamu bawa.

Lantas bagaimana cara riset produk untuk jualan online?. Yuuk simak 4 cara riset produk untuk jualan online.

1. Menggunakan Google Trend

Simak 4 Cara Riset Produk untuk Jualan Online

Cara riset produk yang pertama adalah dengan menggunakan google trend, sebuah tool yang menunjukkan seberapa sering produk atau informasi di bahas dalam google. Dengan google trend yang di lengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan Anda untuk mencari sebuah topik.

Cakupannya juga cukup beragam mulai dari lokasi, rentang waktu, kategori, hingga jenis pencarian. Selain itu dengan menggunakan google trend kamu dapat mengetahui dengan cepat kepopuleran yang ada di masyarakat saat ini.

Caranya juga sangat mudah, Kamu hanya tinggal memasukkan kata kunci di kolom pencarian google trend. Kemudian kamu dapat mengetahui kata  kunci apa yang sedang dicari oleh banyak orang.

2. Mencari di E-commerce Populer

Simak 4 Cara Riset Produk untuk Jualan Online

Sudah tidak dapat di pungkiri lagi bahwa saat ini keberadaan e-commerce sangat populer. Bagi kamu yang ingin memulai membuka bisnis online maka kamu dapat melirik e-commerce untuk melakukan riset produk.

Dalam e-commerce terdapat kolom pencarian produk terlaris dan produk terpopuler. Dalam hitungan detik saja Anda sudah dapat mengetahui barang apa saja yang saat ini tengah laris. Namun produk terlaris dan produk terpopuler dalam suatu e-commerce dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan trend yang ada.

Baca juga :  Mengenal Jauh Lebih Dekat 5 Konsep Pemasaran

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan media sosial. Media sosial akan membantu trafik pengunjung ke e-commmerce  kamu. Salah satu media sosial yang dapat sangat populer saat ini adalah instagram.

Instagram merupakan media sosial yang memungkinkan penggunakan untuk membagikan foto dan video singkat.  Banyak pelaku bisnis yang kini telah membuat akun instagram. Membuat akun instagram dapat membantu pelaku bisnis untuk dapat menjangkau target pasarnya dengan mudah.

3. Melihat Review Pelanggan

Simak 4 Cara Riset Produk untuk Jualan Online

Pada umumnya produk yang banyak di sukai oleh banyak orang akan mendapatkan banyak riview positif di kalangan masyarakat luas. Oleh karena itu itu kamu dapat melihat review beberapa toko online.

Kamu dapat mengamati kolom komentar yang tersedia. Kemudian kamu dapat melihat satu persatu produk yang ada di toko tersebut. Kemudian Anda dapat mengamati produk mana yang memiliki nilai review positif yang paling banyak.

Cara seperti ini dapat Anda lakukan bagi Anda yang ingin bisnis reseller, untuk produk-produk tertentu. Dengan cara ini pula Anda dapat mengetahui keunggulan dan kekurangan produk yang akan jual.

Dengan informasi yang kamu dapatkan, kamu juga dapat menyusun strategi untuk menjalankan bisnis Anda nantinya, agar terlihat berbeda dari kompetitor yang lainnya. Perlu kamu ketahui bahwa review dari konsumen sebelumnya merupakan hal yang penting.

Semakin banyak review postif dari pelanggan sebelumnya, maka akan semakin baik bagi konsumen selanjutnya. Namun, jika banyak komentar negatif, maka konsumen kamu juga akan semakin sepi.

4. Melakukan Survey dengan Kuisioner

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk riset produk sebelum mulai jualan online adalah melakukan survey dengan kuisioner. Cara ini Anda lakukan langsung kepada konsumen. Namun dalam melakukan survey dengan kuisioner, Anda perlu membuat pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga : Pentingnya Marketing Communication Bisnis Online

Jika pertanyaan Anda mendapatkan tanggapan yang baik dari banyak konsumen, maka Anda dapat membuat pertanyaan yang lebih dalam lagi. Jadi agar jualan kamu sukses, kamu harus melakukan riset produk terlebih dahulu. Usahakan untuk membuat riset pasar terlebih dahulu. Sediakan waktu yang cukup untuk melakukan riset pasar agar bisnis online Anda dapat berjalan maksimal.

Dalam bisnis kamu juga perlu meningkatkan pelayanan kepada konsumen agar dapat bekerja dengan cepat dan tepat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi kasir pintar. Aplikasi kasir pintar yang dapat di gunakan dalam segala jenis bisnis kamu adalah Aplikasir.

Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir POS dan Toko Online. Kapasitas Aplikasir yang ringan dapat di gunakan di perangkat mana saja mulai dari ponsel, tablet hingga komputer.

Kamu juga gak  perlu takut lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan. Sebab, aplikasir memiliki kapasitas yang sangat ringan sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan.Aplikasir dapat membantu kamu membuat toko online dalam hitungan detik. Buat toko 24 jam hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir juga dapat di gunakan dalam mode offline. Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data.

Kemudahan yang Ditawarkan Menggunakan Instagram Bisnis – Mode offline ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone. Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan kamu  tidak perlu takut akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir ini sangat cocok untuk berbagai kepentingan usaha  seperti UMKM, mini market, online shop, toko pakaian, toko retail, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya. Jadi tunggu apa lagi? buruan dwonload Aplikasir sekarang di playstore Anda dan nikamati 30 hari pemakaian gratis.

Aplikasir merupakan aplikasi kasir dan toko onlineAplikasir juga merupakan aplikasi yang mobile friendly sehingga dapat di gunakan dengan praktis. Jadi tunggu apa lagi, dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore kamu ya, dan nikmati 30 hari pemakain gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Rahasia Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Rahasia Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Salah satu faktor yang menjadi tolak ukur keberhasilan suatu bisnis adalah pelanggan. Pelanggan yang memiliki loyalitas yang tinggi akan membuat bisnis kamu menjadi sukses. Rahasia Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan –…
Tips Jitu Berani Berbisnis Bagi Entrepreneur Pemula

Tips Jitu Berani Berbisnis Bagi Entrepreneur Pemula

Terjun dalam dunia bisnis merupakan keputusan yang tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Bagi seorang entrepreneur pemula, Anda harus melatih mental untuk terjun dalam dunia bisnis. Tips Jitu Berani Berbisnis…
Solusi Pintar Mengelola Modal Kecil Bisnis

Jalan Keluar Mengelola Modal Kecil Bisnis

Modal merupakan hal yang paling penting dalam bisnis. Tanpa adanya modal kamu tidak dapat mengembangkan bisnis. jalan Keluar Mengelola Modal Kecil Bisnis – Lantas bagaimana jika kamu harus mengelola bisnis…
Alasan Mengapa Bisnis Online Tidak Berkembang

Alasan Mengapa Bisnis Online Tidak Berkembang

Pada saat ini banyak orang yang memilih jalan untuk membangun usaha bisnis online. Daya tarik terhadap bisnis online saat ini sangat tinggi. Alasan Mengapa Bisnis Online Tidak Berkembang – Produk…