Tips Belanja Biar Dompet Gak Kempes

Tips Belanja Biar Dompet Gak Kempes sangat penting bagi kamu yang suka belanja.  Siapa sih disini yang gak suka belanja? Pasti disini banyak kan yang suka belanja. Nah bagi kamu yang hobi belanja tentunya membuat pengeluaran kamu membengkak. Banyak brand yang menawarkan promo atau bahkan diskon besar-besaran pada setiap bulan atau momen tertentu.

Baca juga : Terapkan 5 Tips Ini, Biar Hidupmu Gak Boros

Nah tentunya kamu pasti akan tergiur untuk membeli barang yang kamu incar. Jika kamu selalu tergiur dengan berbenja setiap bulan tentunya kamu tidak dapat mengerem pengeluaran kamu. Pada saat ini godaan untuk berbelanja tidak hanya datang dari pusat berbelanjaan, namun juga dari banyak e-commerce, cukup dengan membuka ponsel saja kamu dapat tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya barang tersebut tidak kamu perlukan. Nah berikut ini kita akan membahas bagaimana cara agar kamu bisa menghemat pengeluaran belanjamu.

1.Beli Barang Sesuai Kebutuhan

membeli barang

Kamu perlu merenungi diri sendiri apakah  barang yang kamu beli saat ini adalah barang yang kamu perlukan atau hanya keinginan semata. Jika barang yang kamu incar adalah barang yang hanya kamu inginkan dan sebenarnya tidak kamu butuhkan maka kamu perlu memperbaiki pola belanjamu. Kamu dapat memperhatikan barang-barang yang telah kamu beli. Nah kamu dapat merenungi sendiri jika ternyata kamu selama ini membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan tetapi hanya barang keinginanmu sendiri.

2. Menghindari godaan

menghindari godaan

Setiap wanita tidak bisa terlepas dari barang diskon. Apalagi barang tersebut sudah lama kamu incar. Jika kamu tidak ingin dompetmu selalu kosong karena kamu tidak bisa mengatur pola belanjamu. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah kamu wajib menggindari barang diskonan. Coba untuk mengurangi rutinitas kamu jalan-jalan di pusat perbelanjaaan. Kamu dapat mengganti agenda jalan-jalan di pusat perbelanjaaan dengan berolahraga, memasak, membaca buku, menanam bunga dan kegiatan lain yang membuat harimu lebih bermakna. Dengan kamu melakukan kegiatan lain yang positif dan melupakan jalan-jalan di pusat perbelanjaan, sedikit demi sedikit akan melupakan barang-barang yang saat ini tengah promo.

3. Catat Dahulu Sebelum Belanja

mencatat

Kamu tentunya membutuhkan barang untuk menunjang kegiatan kamu sehari-hari. Mengatur belanja tentu saja boleh, tetapi bukan berarti kamu tidak boleh belanja sama sekali. Kamu masih tetap bisa belanja kok dengan cara kamu mencatat dahulu barang sebelum berbelanja. Kamu dapat mencatat barang-barang sesuai dengan kebutuhanmu pada kertas kecil. Nah dengan kamu mencatat terlebih dahulu barang yang akan kamu belanjanya, akan mengontrol kamu dalam berbelanja barang yang tidak penting. Mencatat sebelum belanja juga memudahkan kamu dalam memperkirangan pengeluaran juga lho. Kamu sudah mengetahui barang apa saja yang akan kamu beli dan kamu sudah dapat memperhitungkan berapa budget yang kamu perlukan untuk kamu berbelanja.

4. Terus Mengulangi

merenungi

Jika kamu sudah dapat membeli barang yang kamu butuhkan, kamu sudah dapat menghindari godaan dan mencatat dahulu sebelum belanja kamu harus mengulangi secara terus menerus  3 tips belanja secara terus menerus. Jika kamu sudah dapat melakukan tiga hal tersebut, tetapi tidak dilakukan pada bulan berikutnya kamu akan tetap tidak menjadi mengendalikan pengeluaranmu. Dengan mengulangi tiga hal tersebut secara terus menerus dan berkelanjutan, maka kamu dapat mengendalikan keuangan. Jika kamu sudah dapat mengendalikan keuanganmu, hal yang perlu kamu lakukan adalah menabung. Jika kamu sudah bekerja kamu dapat menabung setidaknya 20% dari pendapatanmu. Menabung memberikan keuntungan bagi kamu untuk masa depanmu atau jika kamu dalam keadaan darurat kamu dapat menggunakan uang tabunganmu.

You May Also Like
Manajeman Keuangan Warung Kelontong, Simak Selangkapnya!

Manajeman Keuangan Warung Kelontong

Warung kelontong merupakan usaha informal berskala UMKM. Meskipun usaha ini tergolong usaha kecil, namun banyak orang yang tergiur dengan usaha warung kelontong. Manajeman Keuangan Warung Kelontong, Simak Selangkapnya! – Hal…
4 Keuntungan Customer Retention yang Perlu Kamu Ketahui

4 Keuntungan Customer Retention yang Perlu Kamu Ketahui

Customer retention adalah upaya yang dilakukan oleh suatu pengusaha atau perusahaan untuk mempertahankan pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Tujuan dari customer retention adalah untuk menjaga hubukonngan antara…
4 Cara Memulai Bisnis Online Agar Menghasilkan Cuan

4 Tips Gunakan Telegram untuk Jualan Online

Di era yang serba canggih seperti kita sudah tidak asing lagi dengan berjualan di media sosial. Kita dapat mulai berjualan dengan mudah di media sosial. 4 Tips Gunakan Telegram untuk…
5 Tips Menyiapkan Dana Pensiun

Tips Membangun Usaha Properti Pemula

Usaha properti merupakan bisnis yang menjanjikan. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, maka kebutuhan akan rumah hunian juga semakin meningkat. Tips Membangun Usaha Properti Pemula – Oleh karena itu, tidak heran…