Tips Hidup Hemat Anak Kost

Cara Mendapatkan Uang dengan Handphone
Bagi kamu yang harus belajar atau bekerja di luar kota, kamu harus dapat menyewa kamar kos atau sering disebut dengan anak kos. Menjadi anak kos berarti mengharuskan kamu untuk dapat hidup mandiri.

Tips Hidup Hemat Anak Kost – Ada banyak masalah yang kamu hadapi ketika kamu memutuskan  untuk menjadi anak kos. Masalah yang paling besar yang banyak ditemui oleh anak kos adalah  masalah keuangan.

Pada saat kamu gajian atau menerima uang bulanan, tentunya kamu akan sangat senang. Kamu dapat membeli berbagai barang keinginan kamu. Selain itu, kamu juga dapat nongkrong di cafe sesuka kamu.

Namun, pada saat akhir bulan kamu kebingungan karena keuangan kamu sudah menipis. Kamu bahkan bingung untuk membeli makan sehari-hari. Hasilnya kamu berlangganan makan mie instan setiap harinya.

Baca juga : Tips Cerdas Mengelola Modal Usaha Bagi Pemula

Hal ini banyak terjadi pada kebanyakan anak kost. Terlebih lagi rata-rata anak kos saat ini adalah anak muda yang belum bisa mengelola keuangan mereka sendiri. Mereka masih tidak dapat menahan diri untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan.

Oleh karena itu, perlu mengelola keuangan kamu dengan baik. Salah satu cara untuk mengelola keuangan kamu adalah dengan mencatat semua pengeluaran kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa mencatat keuangan ini harus kamu lakukan secara tertib. Mau tau bagaimana cara menghemat pengeluaran anak kost. Berikut ini Tips Hidup Hemat Anak Kost.

1. Mencatat Semua Pengeluaran

Tips Hidup Hemat Anak Kost

Apakah kamu pernah merasa uangmu selalu hilang entah kemana?. Hal ini sering terjadi tidak hanya anak kost saja. Banyak orang yang merasakan hal ini.

Hal ini dapat terjadi ketika kamu tidak mencatat pengeluaran kamu. Salah satu cara untuk mengendalikan keuangan kamu adalah dengan mencatat semua pengeluaran kamu.

Namun, kamu harus berkomitmen untuk selalu mencatat pengeluaran kamu setiap harinya. Hal ini tentunya dibutuhkan sebuah kedisiplinan yang kuat.

Kamu dapat mencatat pengeluaran kamu pada saat kamu sedang beristirhat. Hal ini membuat kamu lebih fokus untuk mengingat apa yang telah kamu beli.

Dari mencatat pengeluaran harian ini, akan mambantu kamu untuk dapat melihat hal apa saja yang sebenarnya tidak kamu butuhkan namun tetap kamu beli. Catatan pengeluaran ini juga dapat membantu sebagai bahan evaluasi.

2. Jangan Malas Memasak

Tips Hidup Hemat Anak Kost

Sebagai anak kos kamu bisa sesekali memasak sendiri untuk menghemat pengeluaran kamu. Tidak dipungkiri kebutuhan perut merupakan kebutuhan yang setiap harinya harus selalu ada.

Kebanyakan anak kost malas untuk memasak karena memasak tentu akan sangat merepotkan. Padahal jika kamu mau untuk memasak kamu dapat menghemat pengeluaran kamu lho.

Baca juga :  Tips Promosi Murah dan Menjangkau Konsumen

Bayangkan saja jika kamu harus makan satu kali dengan harga lima belas ribu rupiah. Dalam satu hari kamu biasa tiga kali makan maka uang yang harus kamu keluarkan adalah empat puluh lima ribu rupiah.

Jika kamu memasak sendiri tentunya pengeluaran kamu tidak sebanyak itu. Kamu dapat  membeli bahan makanan yang harganya jauh lebih murah, kemudian kamu oleh sendiri menjadi makanan. Hal ini akan jauh lebih hemat.

Jika kosan kamu terbatas dan tidak ada kompor, kamu masih dapat menghemat dengan cara memasak nasi sendiri. Kemudian kamu dapat membeli lauk sendiri. Hal ini tentunya akan lebih hemat.

3. Membeli Camilan yang Mengenyangkan

Peluang Usaha Voucher Game Online

Kamu merupakan tipe orang yang suka ngemil?. Tentunya akan sangat boros pada saat kamu menjadi anak kos.

Oleh karena itu, kamu dapat  membeli camilan yang dapat bertahan lama dan mengenyangkan. Memilih camilan yang mengenyangkan juga dapat membantu kamu agar tidak boros.

Camilan yang dapat kamu pilih ialah biskuit, crackes dan lain sebagainya. Hindari makanan ringan yang tidak mengenyangkan. Hal ini akan membuat pengeluaran kamu menjadi semakin boros.

Sebab kamu akan  terus menerus membeli camilan tersebut. Hasilnya pengeluaran kamu akan terus membengkak hanya untuk membeli camilan saja. Padahal uang kamu tidak hanya kamu gunakan untuk membeli camilan namun, ada kebutuhan lain yang harus kamu penuhi juga.

4. Jangan Malu untuk Membawa Minum

Ketahui Manfaat Website Pribadi

Jangan pernah malu untuk membawa minum kemanapun kamu pergi. Hal ini akan membantu kamu untuk tidak membeli air mineral.

Tentunya kamu akan jauh lebih hemat. Selain itu, membawa minum sendiri juga dapat membuat kamu hidup lebih sehat.

Baca juga :  Tips Menabung Ala Miliarder yang Dapat Kamu Tiru

Tentunya momen membawa minuman ini akan mengingatkan kamu pada masa sekolah bukan. Hal yang paling  adalah jangan malu untuk membawa minum. Sebab saat ini banyak orang yang bekerja di kantor juga memilih  untuk membawa minum sendiri dari rumah untuk menghemat pengeluaran.

Selain itu, kamu juga dapat mulai membuka bisnis sampingan.  Kamu juga perlu memperhatikan perangkat kerja di toko Anda. Gunakan sofware yang dapat mendukung kecepatan dan ketepatan Anda dalam bekerja. Aplikasi adalah sofware yang tepat untuk mendukung bisnis Anda. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir dan toko online.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mengelola toko, penjualan, pembelian hingga kepegawaian. Aplikasir dapat digunakan dihandphone, laptop maupun komputer. Kamu gak usah takut lagi bakalan kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir.

Tips Hidup Hemat Anak Kost – Sebab Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyempanan lagi. Salain itu Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Namun, penggunaan mode offline hanya dapat digunakan dihandphone.

Sebaiknya kamu hanya menggunakan mode offline hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data. Mode offline Aplikasir hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone.

Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir tidak sedekar aplikasi kasir pintar. Namun Aplikasir juga dapat membantu owner  untuk mengawasi cabang toko, selain itu Anda juga tidak perlu merekap transaksi yang ada. Sebab dengan menggunakan Aplikasir sudah secara otomatis merekap semua data transaksi.

Dapatkan Aplikasir sekarang juga dengan dwonload di playstore dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
5 Persiapan Menyambut Bulan Puasa

Manfaat Ekonomi Kreatif Untuk Bisnis!

Ekonomi kreatif merupakan sebuah usaha untuk menempatkan kreatifitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakaan ekonomi. Manfaat ekonomi kreatif telah dirasakan negara Indonesia yang manyoritas pertumbuhan ekonomi pada industri seni.…
Tips Memilih Nama Domain Bisnis Online Anda!

Tips Memilih Nama Domain Bisnis Online Anda!

Pada saat ini sudah banyak bisnis maupun perusahaan yang memakai website sebagai sarana menyampaikan informasi. Anda membutuhkan nama domain agar banyak orang dapat mengakses informasi. Tips Memilih Nama Domain Bisnis…
Sederet Usaha yang Menjanjikan Dimasa Pensiun

Sederet Usaha yang Menjanjikan Dimasa Pensiun

Salah satu cara mencari uang adalah dengan berbisnis. Bisnis yang mampu bertahan dalam jangka panjang merupakan bisnis dambaan banyak orang. Sederet Usaha yang Menjanjikan Dimasa Pensiun – Terlebih lagi kamu…
Tips Mengatur Keuangan Liburan Akhir Tahun

Tips Mengatur Keuangan Liburan Akhir Tahun

Libur akhir tahun merupakan momen yang paling ditunggu oleh banyak orang. Banyak orang yang sudah mulai merencanakan libur akhir tahun. Tips Mengatur Keuangan Liburan Akhir Tahun –Untuk dapat membuat diri…