Tips Membangun Usaha Properti Pemula

5 Tips Menyiapkan Dana Pensiun
Usaha properti merupakan bisnis yang menjanjikan. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, maka kebutuhan akan rumah hunian juga semakin meningkat.

Tips Membangun Usaha Properti Pemula – Oleh karena itu, tidak heran bahwa saat ini bisnis hampers mulai menjamur di Indonesia. Hal ini terbukti dengan banyaknya perumahan yang mulai dibangun.

Bisnis properti ini sangat menjanjikan, makanya banyak orang yang saat ini yang ingin membangun bisnis properti. Jenis bisnis properti juga banyak misalnya, tanah, kosan, perumahan, apartemen, ruko, gedung dan lain sebagainya.

Baca juga : 5 Tips Menghilangkan Rasa Takut Gagal Dalam Memulai Bisnis

Bisnis investasi merupakan bisnis yang tidak murah. Namun, jangan takut untuk memulai bisnis properti. Sebab bisnis properti dapat kamu jadikan sebagai investasi jangka panjang dan tabungan untuk hari tua.

Untuk memulai bisnis properti ini dibutuhkan modal yang banyak. Setelah kamu dapat mengumpulkan modal bisnis properti. Kamu perlu melakukan perencanaan.

Bagi kamu yang baru pertama membangun bisnis properti membutuhkan perencaan yang matang. Berikut ini tips membangun usaha properti pemula.

1. Pemilihan Lokasi

Tips Membangun Usaha Properti Pemula

Pemilihan lokasi adalah hal yang penting bagi banyak bisnis. Terlebih lagi bisnis properti pemilihan tempat sangat penting. Usahakan tempat bisnis properti kamu sudah memiliki akes yang mudah.Pikirkan terlebih dahulu kemudahan akses. Perhatikan juga fasilitas yang mendukung bisnis properti kamu.

Pemilihan lokasi juga harus dipikirkan secara matang. Sebab lokasi menentukan naik turunnya nilai properti kamu dimasa yang akan mendatang. Kamu dapat melakukan survei terlebih dahulu untuk memilih lokasi yang tepat.

Jangan terburu-buru untuk langsung membuka bisnis properti. Kamu harus perlu ingat bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang banyak. Sehingga kamu membutuhkan persiapan yang matang. Terutama dalam pemilihan lokasi yang tepat.

2. Memilih Pengembang yang Terpercaya

Tips Membangun Usaha Properti Pemula

Kamu sudah memiliki lokasi yang strategis. Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah memilih pengembang yang terpercaya. Jangan buru-buru untuk memilih pengembang. amu dapat mencari terlebih dahulu informasi yang ada. Lakukan banyak riset terlebih dahulu sebelum kamu memilih pengembang.

Baca juga : 4 Cara Negosiasi dengan Supplier

Kerjasama yang kamu lakukan dengan pengembang akan berjalan dalam jangka panjang. Pastikan pengembang ini dapat memberikan produk investasi yang berkualitas. Lebih baik kamu lama dalam melakukan riset mencari pengembang, daripada kamu salah mencari pengembang. Bekerja sama dengan pengembang yang salah akan berdampak buruk bagi bisnis investasi kamu dimasa yang akan mendatang.

3. Menyediakan Fasilitas yang Lengkap

Tips Membangun Usaha Properti Pemula

Ada banyak tujuan tujuan konsumen membutuhkan properti. Ada yang bertujuan untuk membuka usaha, investasi untuk hari tua, tempat tinggal dan lain sebagainya.

Konsumen pasti membutuhkan fasilitas yang lengkap. Oleh karena itu, usahakan untuk menyediakan kebutuhan konsumen. Semakin lengkap fasilitas kamu dapat kamu berikan, maka akan semakin banyak konsumen yang tertarik. Misalnya saja, kamu membuka bisnis kos-kosan untuk kalangan mahasiswa. Kamu dapat menyediakan fasilitas seperti meja belajar, lemari pakaian, rak buku agar banyak mahasiswa yang ingin menyewa kosan ditempat kamu.

Jika kamu membuka bisnis perumahan. Maka kamu dapat menyediakan fasilitas seperti ruang terbuka hijau, tempat olahraga, lapangan dan lain sebagainya. Pastikan fasilitas pendukung rumah dalam keadaan baik. Misalnya, aliran listrik dan air. Semakin baik fasilitas yang kamu berikan, maka konsumen akan lebih tertarik. Harga properti kamu juga atomatis akan naik. Jadi, jangan ragu-ragu untuk memberikan fasilitas terbaik untuk pelanggan kamu.

4. Melakukan Promosi

Dalam bisnis apapun kamu harus melakukan promosi. Promosi tentu saja berlaku untuk bisnis properti. Kamu tentunya sering menemui benner atau poster dijalan mengenai promosi perumahan atau ruko. Selain menjalankan promosi melalui offline. Kini kamu juga dapat melakukan promosi melalui online. Terlebih lagi bagi kamu yang bisnis properti kos-kosan.

Kebanyakan orang yang membutuhkan kos-kosan adalah golongan mahasiswa yang pekerja yang berusia muda. Kebanyakan dari mereka lebih aktif pada media sosial. Kamu dapat memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya.

Lebih bagus lagi jika kamu sudah membuat google bisnis. Jadi konsumen dapat dengan mudah mencari kosan kamu dengan mencari dimesin pencarian google. Selain itu, mahasiswa atau pekerja dari luar kota juga akan lebih mudah untuk dapat menemukan alamat kos kamu.

5. Jadikan Bisnis Properti Sebagai Aset Kekayaan

Tips Membangun Usaha Properti Pemula

Modal bisnis properti tidaklah sedikit. Kamu membutuhkan modal yang tidak sediki untuk bisnis properti. Namun, bisnis properti ini dapat kamu jadikan sebagai aset kekayaan. Bayangkan saja jika kamu memiliki 10 pintu kosan dengan biaya sewa 500 ribu perbulan. Maka kamu setiap bulannya akan menerima penghasilan uang sewa.

Belum lagi jika kamu kamu memiliki tanah atau sawah yang dekat dengan jalan raya. Sejalan dengan berkembangnya zaman, akan terjadi peningkatan harga tanah. Jadikan bisnis ini sebagai aset kekayaan dimasa depan. Pengelolahan keuangan yang tepat disertai dengan pemeliharaan aset kekayaan dapat menguntungkan kamu pada masa tua.

 

6. Mengelola Keuangan dengan Baik 

Bisnis Properti menghabiskan modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kamu harus dapat mengelola keuangan dengan baik. Sebelum mengelola keuangan kamu harus mengetahui apakah bisnis ini untuk jangka panjang atau jangka pendek.

Baca juga :  Tips Menghadapi Konsumen yang Suka Kasbon

Jika kamu sudah menentuan jangkauan bisnis kamu. Maka akan lebih mudah dalam mengeloa keuangan. Pastikan untuk hanya menggunakan uang bisnis hanya untuk kebutuhan bisnis. Jangan sampai kamu menggunakan untuk kepentingan bisnis.

Apapun jenis bisnis kamu, pastikan untuk dapat meningkatkan pelayanan konsumen. Salah satunya dalam segi kasir. Udah gak jaman lagi pake kasir manual. Kini kamu perlu menggunakan kasir pintar. Aplikasir  dapat menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis kamu.

Aplikasir merupakan Aplikasi kasir dan toko online. Ada banyak kemudahan yang kamu dapatkan dengan menggunakan Aplikasir.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat menjual produk dengan harga grosir maupun harga ecer. Aplikasir juga dapat mencetak struk pembayaran, struk dapur bahkan kamu dapat mengirim struk langsung ke pembeli melalui pesan pesan whatsapp.

Selain itu, Aplikasir dapat kamu gunakan baik dihandphone, laptop maupun tablet. Kamu dapat melihat laporan keuangan pada fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat dengan mudah mengetahui debit dan kredit aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Kamu dapat mengetaui laporan tersebut perbulan dengan menggunakan fitur neraca saldo. Aplikasir sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis usaha misalnya UMKM, bisnis pakaian, bisnis retail, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya.

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
Memahami Pengertian Brand Equity dan Manfaatnya

Memahami Pengertian Brand Equity dan Manfaatnya

Seringkali banyak orang yang pesimis untuk mulai bisnis karena takut kalah saing dengan merek terkenal. Nah hal ini karena Anda belum mengenal brand equity. Memahami Pengertian Brand Equity dan Manfaatnya – Brand…
Tips Pasang Iklan di Facebook Ads

Tips Pasang Iklan di Facebook Ads

Melakukan promosi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan ke website. Salah satu fitur yang dapat kamu lakukan untuk promosi di facebook ialah facebook ads. Tips Pasang Iklan di Facebook Ads – Facebook ads…
Tips Memilih Media Sosial yang Sesuai Bisnis Anda

Tips Memilih Media Sosial yang Sesuai Bisnis Anda

Tidak dapat dipungkuri bahwa saat ini banyak orang yang membutuhkan media sosial. Media sosial saat ini tidak hanya di gunakan sebagai media untuk mengunggah aktifitas sehari-hari atau bersosialisasi saja. Tips…