Tips Mengatur Keuangan Menjelang Ramadhan

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Ramadhan
Tak terasa bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Bagi umat muslim tentunya bulan ramadhan di jadikan sebagai bulan untuk berlomba-lomba menjalankan kebaikan.

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Ramadhan – Bulan Ramadhan ini memberikan kita peluang agar fokus dalam meningkatkan ibadah. Semangat menjalankan ibadah puasa ini melahirkan banyak tradisi di Indonesia.

Banyak keseruan yang hanya di temui pada saat bulan ramadhan saja. Misalnya saja, buka bersama, ngabuburit, belanja baju baru untuk lebaran dan lain sebagainya. Tradisi ini sudah turun temurun di lakukan oleh masyarakat Indonesia.

Kamu juga akan mendapatkan THR dari tempat kamu bekerja untuk memenuhi segala kebutuhan kamu pada saat lebaran tiba. Namun karena ibadah puasa ramadhan dan lebaran hanya dilakukan satu tahun sekali, banyak orang yang malah berfoya-foya pada momen ini.

Baca juga : Pengeluaran Boomerang di Bulan Ramadhan

Pengeluaran kamu menjadi tidak terkendali pada saat bulan ramadhan. Terlebih lagi menjelang ramadhan banyak harga kebutuhan pokok yang naik. Hal ini akan memperparah pengeluaran kamu pada saat ramadhan. Agar keuangan kamu tidak membengkak pada saat bulan puasa. Kamu dapat membuat anggaran sebelum bulan ramadhan tiba. Sehingga kamu akan tahu apa saja yang menjadi kebutuhan kamu dan keinginan kamu. Mau tau caranya membuat anggaran agar pengeluaranmu tidak membengkak pada saat bulan ramadhan. Berikut ini tips mengatur keuangan menjelang ramadhan.

1. Memprioritaskan Kebutuhan Bukan Keinginan

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Ramadhan

Pada saat bulan suci ramadhan terjadi perubahan pola konsumsi. Bila pada hari biasanya kamu makan tiga kali sehari. Pada bulan puasa kamu akan makan 2 kali sehari. Namun, menu pada bulan puasa lebih istimewa di bandingkan dengan bulan lainnya. Terlebih lagi setelah kamu seharian menjalankan ibadah puasa kamu pasti menginginkan menu buka puasa yang istimewa.

Mulai dari rendang, opor, kurma dan lain sebagainya. Nah sebelum kamu menjalankan ibadah puasa ada baiknya kamu membuat prioritas terlebih dahulu. Menu buka puasa yang istimewa tidak melulu makanan mahal. Kamu dapat membuat jadwal menu sahur dan berbuka puasa agar keuangan kamu tidak membengkak selama bulan puasa.

2. Belanja Secukupnya di Awal

wkwkwksfdsfb

Sudah menjadi tradisi setiap menjelang bulan ramadhan tiba, banyak harga kebutuhan pokok yang melonjak tajam. Jika kamu berbelanja kebutuhan ramadhan pada saat awal ramadhan, tentunya uang yang kamu keluarkan akan jauh lebih besar. Oleh karena itu, ada baiknya kamu berbelanja pada sebelum awal bulan ramadhan.

Baca juga :  Manfaat Menggunakan Point of Sale (POS) Bisnis

Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan harga yang terjadi pada setiap awal bulan Ramadhan. Dengan merencakan belanja pada awal bulan, maka setidaknya kamu dapat menghemat pengeluaran yang ada. Berbelanja sesuai dengan kebutuhan agar pada saat awal bulan ramadhan, barang yang telah kamu tidak busuk atau menjadi tidak terpakai.

3. Menyisihkan Anggaran untuk Lebaran

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Ramadhan

Lebaran merupakan momen sekali dalam setahun. Dapat di katakan lebaran merupakan bulan dimana pola puncak konsumtif meningkat. Kamu akan membeli baju baru, membeli kebutuhan lebaran untuk menyambut dan lain sebagainya. Oleh karena itu ada baiknya kamu sudah menyisihkan anggaran jauh-jauh hari untuk memenuhi kebutuhan lebaran.

Meskipun kamu merupakan seorang karyawan yang akan mendapatkan THR pada nantinya. Namun, bisa saja THR kamu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu. Sebab kebutuhan lebaran merupakan puncak dari konsumsi masyarakat Indonesia. Kamu akan banyak mengeluarkan banyak dana untuk lebaran dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

4. Mengendalikan Pengeluaran yang Konsumtif

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Ramadhan

Pada saat bulan Ramadhan tiba, tentunya akan banyak e-commerce yang mengadakan promo besar-besaran. Hal ini sangat menggoda kamu untuk berbelanja. Tidak hanya sekali, bahkan kegiatan belanja di toko online atau e-commerce menjadi lebih meningkat. Nah perlu kamu sadari apakah yang kamu perbelanjakan saat ini merupakan barang kebutuhan kamu atau barang keinginan.

Baca juga : Cara Melakukan Analisis Kompetitor Sebelum Bisnis

Jika kebanyakan barang yang kamu belanjakan merupakan barang yang menjadi keinginan kamu berarti kamu menjadi lebih konsumtif pada saat bulan ramadhan. Belum lagi jika setiap berbuka puasa kamu selalu buka puasa bersama diluar dan membeli takjil, berbagai macam es. Jika hal ini kamu lakukan setiap hari, maka pengeluaran kamu akan semakin membengkak.

5. Merencanakan Keuangan Selama Ramadhan

Untuk menghindari pengeluaran yang membengkak selama bulan ramadhan. Alangkah lebih baiknya untuk kamu merencakan keuangan selama ramadhan. Kamu dapat membuat budget yang sesuai dengan kebutuhan. Utamakan untuk mengalokasikan dana untuk kebutuhan terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu kamu untuk tidak membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Berkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi digital. Sebagai pelaku bisnis, kamu membutuhkan sarana yang dapat meningkatkan pelayanan dan kinerja karyawan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online. Aplikasi Aplikasir membantu kamu untuk mengolah pekerjaan yang berhubungan dengan kasir, seperti penyetokan produk, struk pembayaran dan lain sebagainya. Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan dan dapat di gunakan dalam berbagai jenis bisnis apapun. Dwonload Aplikasir sekarang juga dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Strategi Customer Focus Bikin Usaha Laris

Strategi Customer Focus Bikin Usaha Laris

Pendekatan customer focus merupakan pendekatan lebih untuk meningkatkan kepuasan serta pelayanan pelanggan sehingga dapat memperoleh keuntungan dari pelanggan. Strategi Customer Focus Bikin Usaha Laris – Faktor utama yang menentukan keberhasilan konsumen adalah…
4 Tips Jalani Bisnis UMKM Makin Seru

4 Manfaat Penggunaan Sofware Akuntansi

Seiring berkembangnya teknologi digital saat ini tentunya membuat banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Terlebih lagi pada bidang bisnis. 4 Manfaat Penggunaan Sofware Akuntansi – Setiap jenis usaha pasti membutuhkan akuntansi.…
5 Persiapan Menyambut Bulan Puasa

Manfaat Ekonomi Kreatif Untuk Bisnis!

Ekonomi kreatif merupakan sebuah usaha untuk menempatkan kreatifitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakaan ekonomi. Manfaat ekonomi kreatif telah dirasakan negara Indonesia yang manyoritas pertumbuhan ekonomi pada industri seni.…
5 Fitur yang Harus Diperhatikan pada Saat Memilih Aplikasi Kasir

4 Tips Meningkatkan Brand Value Perusahaan

Persaingan yang ketat dalam dunia bisnis membuat setiap pelaku bisnisnya harus memiliki strategi yang baik untuk dapat mempertahankan produk mereka. Saat ini banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba agar dapat mempertahankan…