Cara Melakukan Analisis Kompetitor Sebelum Bisnis

Cara Melakukan Analisis Kompetitor Sebelum Bisnis
Dalam bisnis pasti kita tidak terlepas dari keberadaan kompetitor. Semakin hari keberadaan kompetitor semakin banyak.

Cara Melakukan Analisis Kompetitor Sebelum Bisnis – Terlebih lagi saat ini bisnis memilik daya tarik tersendiri. Belum lagi setiap harinya ada saja pelaku bisnis baru. Daya tarik untuk membuka bisnis di bandingkan menjadi seorang karyawan juga menjadi primadona tersendiri dalam masyarakat.

Hal ini melahirkan peluang bisnis kamu dan kompetitor baru pula. Kamu merupakan orang yang tertarik dalam dunia bisnis?. Namun, sebelum kamu berbisnis ada baiknya kamu memahami kompetitor kamu terlebih dahulu.

Semakin banyak orang yang ingin berbisnis, maka kompetitor bisnis juga akan semakin banyak. Sangat penting untuk dapat memahami keberadaan kompetitor. Dengan memahami kompetitor yang ada membantu kamu juga untuk mendapatkan celah dan strategi untuk bisnis kamu.

Baca juga : Kunci Membuat Konten Menarik Bisnis Online

Jika kamu tidak memantau gerak gerik perkembangan bisnis kompetitor, maka pesaing kamu dapat mematikan bisnis kamu. Maka dari itu sangat penting untuk mengamati perkembangan kompetitor.

Keberadaan kompetitor tidak selamanya membuat persaingan. Kamu juga dapat belajar lho dengan kompetitor kamu. Kamu dapat belajar bagaimana cara kompetitor dapat berkembang. Strategi apa yang dilakukan oleh kompetitor dan lain sebagainya.

Namun perlu kamu ingat bahwa hal ini kamu lakukan dengan cara yang sehat. Berikut ini cara melakukan analisis kompetitor sebelum bisnis.

1. Identifikasi Pesaing Bisnis

Cara Melakukan Analisis Kompetitor Sebelum Bisnis

Hal yang dapat kamu lakukan untuk menganalisi kompetitor adalah mengidentifikasi pesaing bisnis terlebih dahulu. Kamu harus mengenal dan mengetahui terlebih dahulu seperti apa kompetitor kamu.

Produk apa saja yang mereka jual, bagaimana pelayanan. Kemudian kamu dapat melakukan survey terlebih dahulu seberapa besar pasar yang di kuasai oleh pesaing.

Kemudian kamu juga dapat mengindentifikasi seberapa besar peluang ancaman terhadap bisnis kamu. Kamu juga harus mengetahui kelebihan dan kelemahan yang di miliki oleh pesaing. Dengan begitu kamu dapat mengisi celah yang ada pada bisnis kamu.

Usahakan untuk mencari data sebanyak mungkin. Dengan mengetahui latar belakang kompetitor, akan lebih mudah untuk menentukan strategi selanjutnya.

Jangan terburu-buru untuk langsung terjun dalam bisnis kamu. Lebih baik kamu melakukan study identifikasi pesaing bisnis lebih lama sehingga kamu dapat menentukan strategi yang tepat. Daripada kamu malah terburu-buru dalam riset, namun hasilnya kurang memuaskan.

 

2. Menentukan Sasaran Pesaing

Cara Melakukan Analisis Kompetitor Sebelum Bisnis

Setelah kamu dapat mengidentifikasi pesaing bisnis langkah selanjutnya adalah menentukan sasaran pesaing. Mengapa kamu perlu menentukan sasaran pesaing?.

Karena dengan menentulam sasaran pesaing kamu dapat menentukan arah bisnis kamu agar dapat bersaing dengan kompetitor kamu yang sebenarnya.

Baca juga : Manfaat Bagi Kamu yang Punya Usaha

Kamu dapat mengetahui siapa pesaing kamu sebenarnya. Sehingga kamu dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam berbisnis.

Perlu di ingat juga, bahwa waktu kamu tidak hanya digunakan untuk mengamati pesaing saja. Kamu juga harus melakukan perubahan agar bisnis kamu mengalami kemajuan yang lebih dari kompetitor kamu.

3. Identifikasi Target Pasar Pesaing

Cara Melakukan Analisis Kompetitor Sebelum Bisnis

Jangan pernah menganggan remeh identifikasi target pasar pesaing. Penting bagi kamu untuk melakukan identifikasi terget pasar pesaing. Sebab bisa saja produk yang kamu jual merupakan produk yang sama namun dengan terget pasar yang berbeda.

Misalnya saja kamu dan kompetitor kamu menjual produk skincare. Namun skincare yang kamu jual adalah skincare untuk anak remaja yang memakai bahan ringan.

Sedangkan kompetitor kamu menjual produk yang khusus untuk orang yang dewasa yang mengutamakan hasil yang cepat. Dengan begitu target pasar kalian berbeda. Cara promosi yang kalian lakukan juga akan berbeda.

Jika produk kamu diperuntukan untuk remaja, maka kamu dapat mempromosikannya lewat media sosial seperti instagram, twitter, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat bekerja sama dengan influencer agar bisnis kamu cepat dikenal oleh banyak orang.

Dalam memilih influencer usahakan untuk melihat latar belakang influencer tersebut terlebih dahulu. Apakah sesuai dengan produk kamu atau tidak.

Jangan sampai hanya ke influencer tersebut memiliki banyak pengikut di akun media sosialnya. Namun, latar belakangnya tidak sesuai dengan produk yang kamu jual maka akan sia-sia.

 

4. Pertahankan Pelanggan Lama dan Raih Pelanggan Baru

Persaingan dalam dunia bisnis memang wajar terjadi. Namun kamu perlu mengingat bahwa bisnis kamu tidak dapat hidup tanpa adanya pelanggan.

Oleh karena itu kamu kamu tetap harus fokus untuk mempertahankan pelanggan lama dengan selalu meningkatkan pelayanan bisnis. Jangan lupa untuk tetep mencari pelanggan baru.

Ada banyak cara yang dapat dilakuakan untuk mendapatkan pelanggan lama dan pelanggan baru sekaligus. Misalnya Kamu dapat mengadakan program member. 

Setiap konsumen yang berbelanja di toko kamu akan mendapatkan koin. Jika koin dapat mencapai jumlah tertentu, maka konsumen yang berkaitan dapat menukar dengan barang belanjaan.

Hal ini akan membuat konsumen berulang kali untuk melakukan transaksi di toko kamu. Pelanggan lama akan tetap tertarik belanja ditoko kamu. Kemudian pelanggan baru akan mulai tergiur dengan penawaran yang kamu berikan.

Baca juga : Alasan Mengapa Pembisnis Pemula Sering Gagal

Saatnya kamu menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir POS dan Toko Online.

Ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembelian, pembayaran bahkan dapat mengelola pegawaian.

Kamu juga dapat menjual barang produk dengan harga grosir, dan harga ecer. Aplikasir dapat mencetak struk dapur, struk dapur bahkan kamu dapat mengirim langsung struk penjualan ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp.

Pastikan untuk data pelanggan dapat sudah terdaftar dalam fitur pelanggan agar bisa langsung membuat untuk dapat mengirim pesan whatsapp. Kamu gak usah pusing lagi jika kamu paket data atau wifi kamu sedang eror.

Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Mode Offline dapat digunakan menggunakan handphone. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir dapat membantu kamu menjual produk dengan menggunakan harga grosir maupun harga pokok. Aplikasir sangat cocok untuk berbagai usaha misalnya, membuat toko baju, toko sembako, mini market, online shop, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya.

Gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir. Dapatkan aplikasir sekarang juga dengan cara dwonload Aplikasir di playstore kamu, dan nikmati pemakaian gratis selama 30 hari.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore Aplikasir: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
Playstore Tokoa : https://play.google.com/store/apps/details?id=tokoa.aplikasir.com
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Manajeman Keuangan Warung Kelontong, Simak Selangkapnya!

Manajeman Keuangan Warung Kelontong

Warung kelontong merupakan usaha informal berskala UMKM. Meskipun usaha ini tergolong usaha kecil, namun banyak orang yang tergiur dengan usaha warung kelontong. Manajeman Keuangan Warung Kelontong, Simak Selangkapnya! – Hal…
Bisnis Bulan Puasa yang Dapat Kamu Coba

Bisnis Bulan Puasa yang Dapat Kamu Coba

Bulan Puasa atau ramadhan tidak hanya di jadikan sebagai bulan untuk mendapatkan pahala namun, juga bulan yang mendatangkan banyak rezeki. Ramadhan di Indonesia tidak hanya identik dengan puasa. Bisnis Bulan…
Penyebab Kagagalan Bisnis Kecil Berikut ini

Penyebab Kagagalan Bisnis Kecil Berikut ini

Kamu memiliki bisnis kecil-kecilan namun sering gagal?. Atau mungkin ini bukan yang pertama kamu mengelami kegagalan pada bisnis?. Penyebab Kagagalan Bisnis Kecil Berikut ini – Membuka bisnis memang bukan perkara yang…
Tips Kerja Marketing yang Harus Dipahami Pembisnis

Tips Kerja Marketing yang Harus Dipahami Pembisnis

Marketing merupakan kegiatan perusahan yang bertujuan untuk menarik konsumen atau pelanggan untuk menggunakan produk maupun jasa. Media yang di gunakan untuk marketing saat ini sangat beragam. Tips Kerja Marketing yang…