4 Tips Bangkit dari Bisnis yang Bangkrut

4 Keuntungan Customer Retention yang Perlu Kamu Ketahui

Perjalanan dalam sebuah bisnis tidak selalu berjalan dengan baik. Adakalanya kamu mengalami kagagalan dalam bisnis. Kegagalan merupakan resiko yang mau tidak mau harus kamu hadapi. Tentunya hal ini dapat terjadi oleh siapa pun yang sedang menjalani bisnis.

4 Tips Bangkit dari Bisnis yang Bangkrut – Setiap ada kejadian yang menghimpit ini maka kamu jangan pernah menyerah oleh keadaan. Masih ada banyak jalan bisnis untuk bangkit dan mencari jalan keluar. Sebagai pelaku bisnis, kamu juga harus dapat menguasai diri kamu pada saat keadaan pada saat ini,

Banyak pelaku bisnis yang tidak dapat mengendalikan diri mereka. Hal ini tentunya akan membuat kamu tidak dapat berfikir jernih. Kamu tidak dapat mengatasi masalah dan mencari jalan keluar yang benar.

Baca juga : 5 Tips Memasarkan Street Food dengan Branding yang Kuat

Setiap bisnis pasti ada jatuh bangun, hal tersebut tidak dapat kamu hindari. Maka dari itu, kamu harus dapat menyiapkan skenario terbaik bagi bisnis kamu. Pada saat bisnis kamu tertimpa musibah kamu tidak lagi panik.

Bisnis bangkrut bukan masalah yang besar bagi meraka yang mereka yang memiliki jiwa bisnis yang kuat. Justru dari kegagalaan dapat kamu jadikan sebagai pembelajaran untuk bisnis kamu kedapannya. Berikut ini 4 Tips Bangkit dari Bisnis yang Bangkrut yang perlu kamu ketahui.

1. Pangkas Anggaran yang Tidak Perlu

4 Pentingnya Ilmu Akuntansi Bagi UMKM

Kamu dapat mencoba berpikir ulang mengenai anggaran yang kamu selama ini. Pada saat menghadapi masa-masa yang sulit, sekecil apapun pengeluaran kamu maka akan sangat berarti. Misalnya saja, kamu terbiasa untuk makan di restoran elit. Biaya untuk sekali makan bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Pada saat menghadapi masa yang sulit seperti saat ini. Cobalah untuk memangkas pengeluaran makan di restoran. Uang ratusan ribu akan sangat berarti pada saat masa sulit. Jangankan uang ratusan ribu, uang sepuluh ribu rupiah akan sangat berarti pada saat masa sulit.

Pertimbangkan kembali pengeluaran yang seharusnya tidak terlalu kamu butuhkan. Prioritaskan kebutuhan pokok untuk dapat bangkit. Rencanakan juga pengeluaran kamu agar kamu tidak belanja secara berlebihan.

2. Memikirkan Cara Melunasi Hutang

4 Tips Bangkit dari Bisnis yang Bangkrut

Pada saat kamu berada pada saat masa-masa sulit, cobalah untuk mengatur kembali pengeluaran kamu. Pikirkan juga hutang-hutang yang kamu miliki saat ini. Kamu harus dapat mulai memiikirkan bagaimana cara melunasi hutang tersebut.

Misalnya saja, kamu memiliki hutang lima puluh juta. Kamu harus mulai berfikir bagaimana cara kamu untuk melunasi hutang tersebut. Pertimbangkan bagaimana cara kamu untuk dapat melunasi hutang tersebut segera mungkin.

Baca juga :4 Tips Membagi Waktu Pekerjaan dan Usaha Sampingan

Entah dengan menjual aset yang saat ini kamu miliki atau dengan dengan menekuni pekerjaan lainnya. Semakin cepat hutang kamu dapat lunas maka akan semakin baik bagi kamu dan bisnis kamu. Kamu dapat segera mungkin dapat terlepas dari masalah keuangan yang saat ini membuat diri kamu menjadi pusing.

Kamu juga akan lebih siap untuk kembali mengembangkan bisnis kamu jika kamu sudah terlepas dari hutang. Jika kamu masih memiliki hutang, maka kamu memiliki kewajiban untuk membayar angsuran pada setiap bulannya. Belum lagi kamu juga harus membayar denda jika kamu telat membayar angsuran.  Maka dari itu, alangkah lebih baiknya untuk membereskan semua hutang yang saat ini kamu miliki.

3. Melakukan Inovasi

4 Tips Membangun Kerja Sama dengan Supplier

Pada saat bisnis kamu gagal, dan kamu mencoba untuk bangkit kembali untuk membangun bisnis kamu. Kejadian kegagalan pada bisnis kamu sebelumnya. Maka kamu sudah mendapatkan pelajaran yang berharga. Jadikan kegagalan yang kamu alami sebagai pembelajaran atau belajar dalam mengembangkan bisnis.

Kamu akan lebih mengerti dan berhati-hati dalam berbisnis. Jangan mengulangi kesalahan untuk kedua kalinya. Maka dari itu, kamu harus membuat inovasi yang berbeda lagi untuk bisnis kamu.

Untuk mendapatkan ide dan peluang usaha, kamu dapat melihat trend bisnis saat ini. Bisnis apa yang saat ini tengah banyak dicari oleh banyak orang. Kamu dapat melihatnya dengan media sosial. Media sosial akan membantu kamu untuk dapat menemukan inovasi yang cocok dengan bisnis kamu.

4. Jangan Gengsi untuk Meminta Bantuan 

5 Stretegi Cerdas Bisnis Minimarket

Kamu dahulu memang pernah gagal dalam membangun bisnis. Namun, jangan jadikan kegagalan ini untuk ragu untuk meminta bantuan kepada orang lain. Jatuh bangun dalam bisnis merupakan hal wajar.

Kamu tidak malu atau gengsi untuk meminta bantuan kepada orang lain. Justru kamu harus belajar banyak dari orang lain agar bisnis kamu dapat kembali pulih. Kamu juga dapat menambah wawasan untuk bekal kamu dalam berbisnis.

Baca juga : Berikut Tips Website Toko Online Meningkatkan Penjualan

Perluasan wawasan dan relasi kamu dalam berbisnis. Semakin banyak relasi yang kamu miliki maka akan semakin baik. Kamu akan mendapatkan banyak pembelajaran berharga dari relasi yang kamu kenal.

Dalam bisnis kamu juga harus dapat menggunakan sofware toko yang dapat membantu Anda dalam bekerja. Salah satunya adalah sofware aplikasi kasir pintar.

Jika Anda masih menggunakan cara menghitung manual maka resiko terjadinya kesalahan dalam menghitung akan semakin besar. Kini Anda dapat menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir dan toko online. Tidak hanya mengurus masalah kasir namun aplikasir juga dapat membuat toko online dalam hitungan detik.

Kamu ingin membuat website toko online tapi bingung bagaimana caranya. Aplikasir dapat membantu kamu untuk membuat website toko online dalam hitungan detik.

4 Tips Bangkit dari Bisnis yang Bangkrut – Pastikan sebelum kamu mengirim struk pembayaran melalui pesan whatsapp, nomor pelanggan sudah kamu catat dalam fitur pelanggan. Sebab jika data pelanggan belum ada, maka kamu tidak dapat mengirim pesan whatsapps kepada pelanggan yang bersangkutan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Kini Aplikasir juga dapat digunakan digunakan dalam mode offline. Penggunaan mode offline hanya dapat digunakan pada handphone. Namun, mode offline ini dapat digunakan pada saat hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasi kasir pintar ini sangat cocok untuk berbagai jenis usaha seperti, UMKM, toko retail, toko pakaian, online shop, mini market, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya. Ada banyak keuntungan yang dapat kamu dapatkan dengan menggunakan Aplikasir

Dapatkan Aplikasir sekarang juga dengan dwonload di playstore dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

 

You May Also Like
4 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Usaha Kecil

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Usaha Kecil

Memulai suatu bisnis dapat di lakukan oleh siapa saja. Memulai bisnis juga tidak harus dengan modal yang besar. 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Usaha Kecil – Alangkah lebih baiknya…
5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan

5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan

Salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim adalah ibadah ramadhan. Pada saat ini ramadhan sudah tinggal menghitung hari. 5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan – Bulan ramadhan merupakan…
Menguak Fakta Alasan Konsumen Sering Belanja Online

Menguak Fakta Alasan Konsumen Sering Belanja Online

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi juga melahirkan kebiasaan baru. Termasuk perubahan pada bidang bisnis. Menguak Fakta Alasan Konsumen Sering Belanja Online – Salah satunya adalah bisnis online. Kini belanja online bukan…
Lebih Mengenal Kekurangan E-Commerce

Lebih Mengenal Kekurangan E-Commerce

Siapa yang tidak kenal dengan e-commerce. Setiap harinya e-commerce di kunjungin oleh ribuan bahkan jutaan orang. Lebih Mengenal Kekurangan E-Commerce – Nah e-commerce merupakan singkatan dari  electronic commerce. Artinya segala jenis jual beli…