4 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pemula

4 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pemula
Setiap orang pasti pernah memiliki fase terlilit hutang. Untuk menghadapi fase ini tentu saja tidak mudah. Kamu akan merasa penghasilan kamu sedikit namun, pengeluaran malah membengkak. Maka dari itu, kamu harus dapat mengelola keuangan.

4 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pemula – Tidak hanya untuk menghindari hutang, mengelola keuangan juga dapat membantu kamu untuk dapat menabung untuk masa depan. Keuangan kamu akan menjadi lebih baik jika kamu dapat mengelola keuangan. 

Uang yang kamu kumpulkan dari hasil kerja keras kamu tidak akan habis dengan begitu saja. Kamu bahkan juga dapat menyimpan uang kamu untuk investasi jangka panjang. Misalnya, uang kamu dapat kamu tabung untuk membeli tanah, rumah dan lain sebagainya.

Baca juga :  4 Tips Membagi Waktu Pekerjaan dan Usaha Sampingan

Pada saat ini, ada banyak cara untuk mengelola keuangan. Namun, masih banyak orang yang masih bingung harus melakukannya dari mana. Terlebih lagi bagi kamu yang baru ingin memulai untuk menyimpan uang.

Terlebih lagi bagi kamu yang kesulitan menangani keuangan. Maka kamu perlu membuat anggaran keuangan agar pengeluaran kamu tidak membengkak. Kamu juga akan lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang.

Kamu akan lebih disiplin dan mulai membuat list belanja sebelum kamu membelanjakan uang kamu. Sebagai pemula, kamu tentunya bingung ingin memulai mengelola keuangan dari mana. Berikut ini 4 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pemula.

1. Kurangi Tagihan Bulanan 

4 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pemula

Hal yang pertama dapat kamu lakukan jika kamu ingin mengelola keuangan adalah dengan mengurangi tagihan bulanan yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Coba pikir-pikir apa saja tagihan bulanan yang menguras kantong kamu padahal sebenarnya tidak kamu butuhkan. Kamu tentu saja tidak dapat mengurangi tagihan bulanan kebutuhan sehari-hari.

Maka dari itu, kamu harus dapat memprioritaskan tagihan bulanan kamu. Penuhi dahulu kebutuhan pokok terlebih dahulu. Hindari kebutuhan yang sifatnya hanya untuk  bersenang-seneng saja. Misalnya saja, kamu setiap bulannya  menghabiskan uang untuk kebutuhan menyewa mobil.

Kebutuhan ini tentunya akan menguras keuangan kamu.  Maka hindari pengeluaran untuk menyewa mobil. Kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi yang lebih murah.

2. Menyiapkan Anggaran Keuangan

4 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pemula

Untuk dapat mulai mengelola keuangan maka kamu dapat menyiapkan anggaran keuangan. Anggaran dibutuhkan untuk dapat merencakan finansial kamu. Kamu dapat membuat anggaran sesuai dengan keuangan.

Anggaran tersebut harus dapat kamu tuliskan secara terperinci dan sesuai dengan kenyataan. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, kebutuhan, investasi dan lain sebagainya. Semua hal tersebut harus kamu buat dalam bentuk anggaran.

Baca juga : Berikut Tips Website Toko Online Meningkatkan Penjualan

Setelah kamu membuat anggaran tersebut, kamu juga harus memiliki komitmen untuk dapat mematuhinya. Jangan sampai kamu hanya membuat anggaran semata dan tidak pernah kamu patuhi. Anggaran yang kamu buat akan menjadi sia-sia.

Salah satu cara mengelola anggaran yang baik adalah dengan membuat anggaran. Anggaran menjadi acuan dalam mengelola keuangan. Maka dari itu, kamu juga harus displin dalam membuat rencana keuangan.

3. Belajar untuk Menabung

4 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pemula

Mungkin kamu sudah mendengar kata menabung sejak kecil. Kamu juga sudah pasti bosan dengan kata menabung ini. Namun, perlu kamu ketahui bahwa salah satu cara yang paling efektif untuk mengelola dan menyimpan uang adalah dengan cara yang paling ampuh.

Dengan kamu menabung, maka kamu dapat menyisihkan uang kamu untuk kebutuhan kamu pada masa depan. Sehingga kamu juga tidak akan terlalu kesulitan pada masa depan nanti. Dengan menabung untuk masa depan, kamu akan siap untuk menghadapi hal yang tidak terduga.

Terlebih lagi, dalam kehidupan ini, kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada waktu yang akan mendatang. Misalnya saja, kamu tiba-tiba tidak dipekerjakan lagi atau kena PHK. Dengan kamu memiliki tabungan maka kamu akan tenang untuk kehidupan kamu selama beberapa bulan sembari kamu mencari pekerjaan.

Kamu juga tidak akan terlilit hutang karena kamu dapat menggunakan uang tabungan kamu. Keuangan kamu akan tetap aman dengan adanya tabungan. Banyangkan saja jika kamu tidak memiliki uang tabungan.

4. Hindari Hutang

5 Cara Mengatur Uang Hasil Dagang

Hal yang harus kamu hindari ketika ingin mengelalo keuangan dengan baik adalah menghindari hutang. Jika kamu memiliki hutang, maka kamu harus dapat mengelokasikan penghasilan kamu setiap bulannya untuk membayar hutang. Belum lagi, jika kamu mengambil pinjaman dengan bunga yang tinggi.

Kamu juga mau tidak mau harus membayar bunga tersebut. Jika kamu ingin mengelola keuangan kamu dengan baik, alangkah lebih baiknya untuk dapat menyelesaikan masalah hutang dengan secepat mungkin. Semakin cepat kamu menyelesaikan masalah hutang maka akan semakin baik untuk keuangan kamu.

Baca juga : Peluang Usaha Voucher Game Online

Salah satu keuangan yang sehat adalah ketika kamu tidak memiliki hutang. Dengan kamu tidak memiliki hutang, maka hidup kamu akan lebih merasa tenang. Maka dari itu, usahakan untuk selalu menghindari hutang dalam bentuk apapun.

Dalam bisnis kamu juga harus dapat menggunakan sofware toko yang dapat membantu Anda dalam bekerja. Salah satunya adalah sofware aplikasi kasir pintar.

Jika Anda masih menggunakan cara menghitung manual maka resiko terjadinya kesalahan dalam menghitung akan semakin besar. Kini Anda dapat menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir dan toko online. Tidak hanya mengurus masalah kasir namun aplikasir juga dapat membuat toko online dalam hitungan detik.

Kamu ingin membuat website toko online tapi bingung bagaimana caranya. Aplikasir dapat membantu kamu untuk membuat website toko online dalam hitungan detik.

4 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pemula – Pastikan sebelum kamu mengirim struk pembayaran melalui pesan whatsapp, nomor pelanggan sudah kamu catat dalam fitur pelanggan. Sebab jika data pelanggan belum ada, maka kamu tidak dapat mengirim pesan whatsapps kepada pelanggan yang bersangkutan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Kini Aplikasir juga dapat digunakan digunakan dalam mode offline. Penggunaan mode offline hanya dapat digunakan pada handphone. Namun, mode offline ini dapat digunakan pada saat hanya dalam keadaan darurat saja. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasi kasir pintar ini sangat cocok untuk berbagai jenis usaha seperti, UMKM, toko retail, toko pakaian, online shop, mini market, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya. Ada banyak keuntungan yang dapat kamu dapatkan dengan menggunakan Aplikasir

Dapatkan Aplikasir sekarang juga dengan dwonload di playstore dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Tips Membuka Coffe Shop Bagi Pemula

Tips Membuka Coffe Shop Bagi Pemula

Usaha Coffe Shop dalam beberapa tahun ini menjadi semakin populer. Gaya hidup orang perkotaan yang lebih memilih minum kopi di coffe shop kini sudah menjadi trend.  Coffe Shop kini sudah menjadi tempat nongkrong…
5 Aplikasi Pengelola Keuangan untuk Android

5 Aplikasi Pengelola Keuangan untuk Android

Sering merasa hidup boros karena tidak dapat mengatur keuangan. Pada awal bulan kamu dapat  bersenang-senang karena masih memiliki banyak uang. 5 Aplikasi Pengelola Keuangan untuk Android – Menjelang akhir bulan,…
5 Tips Jualan Takjil Bulan Ramadhan

5 Tips Jualan Takjil Bulan Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam. Pada bulan ini umat muslim akan diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. 5 Tips Jualan Takjil Bulan Ramadhan – Dengan berpuasa seharian penuh…
Tips Hidup Hemat Agar Bisa Kaya Raya

Tips Hidup Hemat Agar Bisa Kaya Raya

Tips Hidup Hemat Agar Bisa Kaya Raya –  Setiap orang pasti ingin hidup dengan berkecukupan.Terlebih lagi bagi kamu saat ini sudah lulus sekolah atau kuliah. Kamu pasti ingin segera mendapatkan…