5 Tips Cara Mengatur Stok Barang Bisnis

5 Tips Cara Mengatur Stok Barang Bisnis
Mengatur stok barang tentu saja bukan perkara yang mudah bagi pelaku bisnis. Ada banyak hal yang perlu kamu perhatian untuk mengendalikan stok barang. Terlebih lagi jika bisnis kamu sudah berkembang besar tentunya kamu juga membutuhkan staf khusus untuk mengatur stok barang.

5 Tips Cara Mengatur Stok Barang Bisnis – Terlebih lagi jika bisnis kamu merupakan bisnis barang retail. Tentunya kamu membutuhkan mengatur stok barang. Jika barang kamu sudah banyak maka kamu harus dapat mengatur stok barang dengan baik.

Kamu membutuhkan waktu dan tenaga untuk dapat mengatur stok. Bahkan kamu kadang membutuhkan pegawai untuk mengatur stok barang. Jika terjadi kesalahan pada saat mengatur stok barang tentunya akan berdampak pada bisnis kamu.

Baca juga : Manfaat Penting Blog Bagi Bisnis

Misalnya saja, jika pada saat bisnis kamu banyak pelanggan. Kemudian barang stok barang kamu berantakan. Maka kamu tidak dapat menemukan barang yang diinginkan oleh konsumen.

Hal ini tentu saja akan membuat konsumen merasa kecewa. Maka dari itu, sangat penting untuk dapat mengatur stok dengan baik. Dengan mengatur stok barang kamu juga dapat mengatasi kerugian. Sebab, kamu sudah mengetahui stok barang yang kamu jual tersedia atau tidak.

Untuk dapat memudahkan kamu dalam mengelola stok maka kamu harus dapat mengelola stok dengan benar. Berikut ini 5 Tips Cara Mengatur Stok Barang Bisnis.

1. Memberikan Kode bagi Setiap Barang

5 Tips Cara Mengatur Stok Barang Bisnis

Hal yang pertama dapat kamu lakukan adalah memberikan kode bagi setiap barang. Dengan membuat kode barang akan memudahkan kamu dalam mencari barang. Usahakan kode yang kamu buat mudah untuk dimengerti.

Pada umumnya kode dapat berupa angka, huruf, warna dan lain sebagainya. Banyangkan saja, jika kamu tidak memberikan kode barang kamu di gudang. Tentu saja akan sangat sulit untuk mencari barang.

Cara lain untuk memudahkan kamu untuk membuat kode adalah dengan menggunakan barcode. Pada saat ini kamu tidak perlu pusing-pusing lagi dalam membuat barcode dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir merupakan aplikasi kasir dan toko online. Kamu dapat dengan mudah untuk dapat membuat barcode dengan menggunakan Aplikasir. Dengan menggunakan satu aplikasi kamu dapat menggunakannya untuk segala kepentingan bisnis kamu.

2. Mengeluarkan Stok Lama Terlebih Dahulu

5 Tips Cara Mengatur Stok Barang Bisnis

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah mengeluarkan stok lama terlebih dahulu. Hal ini tentu saja untuk meminimalisir kerugian. Salah satu prinsip mengatur stok barang adalah dengan mengeluarkan stok lama terlebih dahulu.

Jika stok kamu akan habis maka kamu dapat memesan barang lagi. Dengan mengeluarkan stok lama terlebih dahulu juga akan mengurangi kerusakan pada stok barang lama. Barang yang terlalu disimpan juga akan mengalami resiko kerusakan.

Baca juga : Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Retail

Jadi, alangkah lebih baiknya jika kamu menjual stok barang yang lama terlebih dahulu. Dengan begitu barang lama tidak akan rusak sebelum terjual. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh banyak pelaku bisnis untuk meminimalisir kerugian.

Barang lama kamu tidak akan menumpuk dan rusak. Jika kamu tidak mengeluarkan barang lama terlebih maka barang kamu akan menumpuk sehingga rusak dan tidak layak untuk dijual.

3. Menjaga  Hubungan Baik dengan Supplier

5 Tips Cara Mengatur Stok Barang Bisnis

Menjaga hubungan baik dengan supplier merupakan salah satu tips untuk menjaga hubungan baik dengan supplier. Hubungan yang baik antara kamu dengan supplier akan berdampak pada pengiriman barang antara kamu dengan supplier.

Bayangkan saja, jika kamu memiliki hubungan yang tidak baik dengan supplier. Supplier akan enggan untuk mengirim barang, hal ini menyebabkan kamu menjadi kesulitan dalam menjual barang.

Maka dari itu, kamu harus dapat menjaga hubungan baik dengan supplier agar pihak supplier dapat mengirim barang dengan waktu yang tepat. Kamu tidak akan dipersulit untuk mendapatkan barang.

Bisnis kamu juga akan berjalan dengan baik jika memiliki supplier yang dapat bekerja sama dengan baik. Maka dari itu, sangat penting untuk dapat menjaga kerja sama dengan baik dengan supplier agar bisnis kamu menjadi lancar.

4. Catatan Data yang Akurat

Memiliki stok barang yang banyak tentu saja membuat kamu membutuhkan catatan data barang yang akurat. Dengan adanya catatan data yang akurat akan membuat kamu mudah untuk mencari barang. Kamu tidak akan kebingungan untuk mencari stok barang.

Terlebih lagi jika stok barang kamu banyak. Tentunya kamu harus memiliki data yang akurat untuk dapat memastikan stok barang kamu tetap aman. Saat ini kamu  sudah tidak perlu pusing-pusing lagi untuk memikirkan cara mengelola data produk.

Baca juga :  4 Cara Mengelola Arus Kas Bisnis Anda

Kini kamu dapat menggunakan Aplikasir juga sebagai media untuk mencatat data yang akurat. Selain itu, dengan menggunakan Aplikasir kamu juga dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah kasir dan penjual. Selain itu, Aplikasir juga dapat membantu kamu untuk mengatasi segala masalah bisnis yang ada. Jadi hanya dengan menggunakan satu aplikasi kamu dapat mengatur bisnis kamu menjadi lebih mudah lagi.

Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat konsumen betah dengan bisnis kamu. Salah satu cara agar kamu dapat melayani konsumen secara cepat dan tepat. Kamu dapat menggunakan AplikasirAplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko online. Kamu dapat upload semua produk kamu, menawarkan diskon hingga membuat struk pembayaran hanya melalui satu aplikasi yaitu Aplikasir.

Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Retail – Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah. Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

You May Also Like
Simak Tips Marketing Campaign untuk Mencuri Hati Konsumen

Simak Tips Marketing Campaign untuk Mencuri Hati Konsumen

Jika Anda membeli mie instant di toko kelontong, pasti kamu tidak bilang ke penjual akan membeli instant. Kamu sudah pasti menyebutnya “beli indimie atau sarimi” walaupun yang kamu beli bukan merek tersebut. Padahal…
4 Cara Seru Jalani Bisnis UMKM

4 Cara Memulai Bisnis Online Agar Menghasilkan Cuan

Bisnis online merupakan salah satu kegiatan yang saat ini banyak pelaku bisnis online terapkan. Ada banyak keuntungan dari bisnis online. Salah satunya adalah pelaku bisnis online dapat dengan mudah untuk menjangkau konsumennya pada berbagai wilayah.  4 Cara…
Cara Kreatif Melunasi Hutang dengan Cepat

Cara Kreatif Melunasi Hutang dengan Cepat

Bagi kamu yang memiliki hutang tentunya kamu sangat menginginkan hutang kamu dapat lunas. Lantas bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat?.  Cara Kreatif Melunasi Hutang dengan Cepat – Dapat melunasi hutang…