Alasan Mengapa Pembisnis Pemula Sering Gagal

Alasan Mengapa Pembisnis Pemula Sering Gagal
Setiap pembisnis memiliki keinginan agar bisnisnya dapat tercapai sukses. Terlebih lagi bagi mereka yang baru saja menapaki dunia bisnis.

Alasan Mengapa Pembisnis Pemula Sering Gagal – Dalam mencapai sebuah kesuksesan di butuhkan kerja keras dalam waktu yang tidak singkat. Kamu juga di tuntut mau belajar dan bekerja keras.

Zaman yang terus mengalami perubahan juga menuntut kamu untuk selalu update. Salah satunya adalah mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Keputusan untuk mulai berbisnis di bandingkan kerja kantoran memang bukan pilihan yang buruk. Bahkan kamu dapat mengerjakan sesuatu yang kamu sukai sesuai dengan passion kamu kemudian menghasilkan uang.

Baca juga : Jualan Tetap Laris Meski Tanggal Tua

Tidak semua pelaku bisnis dapat langsung sukses. Sebelum mencapai kesuksesan terkadang kamu harus melalui banyak kegagalan terlebih dahulu.

Banyak pembisnis pemula yang hanya hanya fokus mengembangkan ide bisnisnya saja. Mereka melupakan untuk membuat rencana keuangan dalam bisnis.

Padahal rencana keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi pelaku bisnis. Jangan sampai sebagai pelaku bisnis, bisnis pemula kamu melakukan hal ini. Ada banyak yang menjadi alasan mengapa bisnis kamu selalu menemui kegagalan. Berikut ini alasan mengapa pembisnis pemula sering gagal.

1. Rencana Keuangan yang Tidak Matang

Alasan Mengapa Pembisnis Pemula Sering Gagal

Rencana keuangan yang tidak matang akan keuangan kamu menjadi kacau. Sebab banyak sekali pelaku bisnis pemula tidak dapat mengatur keuangan antara pemasukan dan pengeluarannya. Hal ini menyebabkan jumlah pengeluaran lebih besar daripada jumlah pemasukan.

Jika keadaan ini berlangsung secara terus menerus maka kemungkinan besar kamu guling tikar akan sangat besar. Sebab pemasukan yang kamu dapatkan melebihi pengeluaran.

Oleh karena itu, sangat penting sekali membuat rencana keuangan yang matang agar kamu dapat mengatur pemasukan, pengeluaran, keuntungan, utang dan lain sebagainya.

Alangkah lebih baiknya untuk membuat rencana keuangan sejak awal. Kamu dapat membuat rencana keuangan yang sesuai dengan modal yang kamu miliki. Buatlah rencana keuangan yang sesuai dengan harga yang nyata.

Membuat rencana keuangan juga dapat membuat kamu tidak lupa pada saat membeli barang. Selain itu, kamu juga tidak berbelanja melebihi budget yang telah kamu tentukan.

 

2. Tidak Merencakan Keuangan yang Tidak Terduga

Alasan Mengapa Pembisnis Pemula Sering Gagal

Hal selanjutnya yang sering di lupakan oleh pemula adalah tidak merencakan keuangan yang tidak terduga. Pada awal membuat bisnis baru kamu tidak mengalokasikan dana untuk keuangan yang di peruntukan untuk keadaan darurat atau kebutuhan yang mendesak. Sebab kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa yang akan mendatang.

Baca juga :  Tantangan yang Dihadapi Pembisnis dalam Hal Pembayaran

Sehingga ketika terjadi hal yang tidak terduga. Maka kamu akan kebingungan karena tidak merencanakannya dari awal. Sehingga kamu akan memilih untuk meminjam pinjaman. Alhasil pengeluaran kamu juga akan semakin bertambah.

Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan cara menyisihkan penghasilan kamu untuk menyimpan dana darurat. Kamu tidak harus menyimpan dana darurat dalam jumlah yang besar.  Cukup dengan nominal yang kecil namun dapat kamu lakukan secara rutin setiap hari.

 

3. Tidak Memiliki Strategi yang Tepat

Alasan Mengapa Pembisnis Pemula Sering Gagal

Banyak pelaku bisnis pemula yang tidak memiliki pengetahuan mengenai cara mengatur keuangan. Mereka terlalu bersemangat untuk dapat memulai bisnis sehingga terkesan terburu-buru dalam membangun bisnis mereka.

Namun, ada banyak hal yang mereka lupakan dalam membangun bisnis baru. Salah satunya ialah mereka tidak memiliki strategi yang tepat dalam mengelola bisnis.

Bisa saja mereka hanya mengikuti trend yang ada, tanpa mempertimbangkan apakah strategi tersebut sesuai dengan bisnis kamu atau tidak. Apakah strategi tersebut dapat membantu bisnis kamu atau tidak dan lain sebagainya.

Perlu kamu kamu ketahui bahwa tidak semua trend cocok digunakan untuk strategi bisnis kamu. Ada beberapa trend yang jika kamu gunakan malah tidak sesuai dengan bisnis kamu.   Membuat strategi yang tepat juga membutuhkan riset. Semua hal pasti membutuhkan waktu untuk dapat berjalan sukses.

 

 

4. Tidak Fokus Terhadap Rencana Bisnis 

Kebanyakan pelaku bisnis pemula banyak yang mengesampingkan rencana keuangan bisnis mereka. Mereka lebih fokus bagaimana cara membuat produk yang dapat di terima oleh banyak lapisan masyarakat.

Sayangnya salah satu pondasi bisnis yang dapat membuat kamu bertahan lama adalah rencana keuangan yang matang dan rencana bisnis. Namun, banyak pelanggan hanya fokus bagaimana mereka membangun bisnis saja.

Baca juga :  Cara Menjadikan Layanan Pelanggan sebagai Prioritas

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi digital. Kamu membutuhkan sarana yang dapat meningkatkan pelayanan dan kinerja karyawan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat dengan mudah mengelola toko, penjualan, pembelian bahkan kepegawaian.

Kamu dapat dengan mudah untuk menjual barang dengan harga grosir maupun harga ecer. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk pembayaran kamu bahkan langsung mengirim struk langsung ke pelanggan melalui pesan whatsapps.

Pingin buka toko online, tapi gak tau gimana caranya. Gak usah bingung lagi, hanya dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat membuat toko online dalam hitungan detik. Buat toko kamu 24 jam hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir juga dapat digunakan dalam mode offline. Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data.

Mode offline ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone. Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Alasan Mengapa Pembisnis Pemula Sering Gagal –  Aplikasir sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis usaha kamu misalnya, online shop, mini market, UMKM, toko retail, toko pakaian, rumah makan atau restoran dan lain sebagainya.

Jadi gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir sekarang juga. Jumlah maksimal data penjualan, pemasukan lain, dan pengeluaran dalam mode offline maksimal 50.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasi Aplikasir membantu kamu untuk mengolah pekerjaan yang berhubungan dengan kasir, seperti penyetokan produk, struk pembayaran dan lain sebagainya. Aplikasir merupakan aplikasi yang ringan dan dapat di gunakan dalam berbagai jenis bisnis apapun.

Gak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasir sekarang juga ya. Caranya gampang banget kamu cukup dwonload Aplikasir sekarang juga dan nikmati 30 hari pemakaian gratis. Aplikasir selusi untuk semua masalah bisnis kamu.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
5 Tips Meningkatkan Keuntungan Bisnis Anda

5 Tips Meningkatkan Keuntungan Bisnis Anda

Mendapatkan keuntungan atau profit adalah tujuan dalam menjalankan bisnis. Tanpa adanya profit, mustahil sebuah perusahaan dapat berjalan dengan baik. Bahkan, ketika sudah mendapatkan profit, mereka akan mencari cara agar dapat…
Peluang Jasa Fotografi Dari Hobi Jadi Cuan

Peluang Jasa Fotografi Dari Hobi Jadi Cuan

Bisnis fotografi merupakan bisnis yang memerlukan keahlian dalam bidan fotografi. Hanya orang-orang yang memiliki keterampilan ini yang dapat menjalankan bisnis ini. Perkembangan bisnis fotografi pada saat ini cukup meningkat. Peluang…
6 Cara Jitu Membangun Usaha Warung Kelontong

Usaha Warung Kelontong? Yukk Simak 6 Tipsnya

Di sekitar rumah kamu pasti selalu ada saja orang yang membuka usaha warung kelontong. Setiap desa pasti ada yang membuka usaha warung kelontong. Usaha warung kelontong sudah ada sejak dulu…
4 Solusi Menganggulangi Resiko Bisnis!

4 Solusi Menganggulangi Resiko Bisnis!

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika dalam berbisnis selalu ada saja resiko yang membayangi. Hal tersebut tentu membuat kita ragu dalam melakukan tindakan. 4 Solusi Menganggulangi Resiko Bisnis!  – Hal…