Masalah yang Dihadapi Banyak UMKM

Masalah yang Dihadapi Banyak UMKM
Setiap tahunnya UMKM banyak diminati oleh banyak pelaku bisnis. Dengan peminat yang semakin meningkat, tentunya membuat dampak yang baik bagi perekonomian masyarakat.

Masalah yang Dihadapi Banyak UMKM – Pemerintah juga sedang menggalakkan usaha UMKM agar terus berkembang. Semakin banyak usaha UMKM tentunya dapat membuat perekonomian Indonesia semakin membaik.

Namun, membangun bisnis UMKM tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak masalah yang akan kamu hadapi dalam membangun UMKM. Kebanyakan pelaku bisnis UMKM saat ini masih dalam skala kecil.

Kebanyakan dari mereka juga memiliki modal yang masih terbatas. Hal ini membuat pelaku bisnis UMKM sulit untuk berkembang. Belum lagi gempuran produk luar negri yang banyak beredar dimasyarakat.

Baca juga :  4 Tips Bisnis Hijab Merek Sendiri

Tentunya ada banyak cara mengatasi permasalahan UMKM ini. Misalnya, jika kamu kekurangan modal maka kamu dapat menabung terlebih dahulu agar modal yang kamu punya lebih banyak.

Atau kamu juga dapat meminjam pinjaman dari bank. Namun, jika kamu terpaksa meminjam pinjaman uang, usahakan pilih bunga yang paling kecil. Sebaiknya meminjam pinjaman dari bank adalah pilihan terakhir kamu.

Dengan kamu memiliki pinjaman dari bank, kamu memiliki kewajiban untuk membayar angsuran setiap bulannya. Padahal kamu belum mengetahui bagaimana perkembangan bisnis kamu kedepannya.

Masih ada banyak lagi permasalahan yang akan kamu hadapi dalam membangun bisnis UMKM. Berikut ini masalah yang dihadapi banyak UMKM.

1. Minimnya Modal

Masalah yang Dihadapi Banyak UMKM

Masalah modal merupakan masalah klasik setiap pelaku bisnis. Masalah ini hampir dirasakan oleh banyak pelaku bisnis. Dengan modal yang minim, mereka tidak dapat memaksimalkan produksi.

Sehingga produk jadi mereka merupakan produk ala kadarnya. Keuntungan yang mereka dapatkan menjadi lebih sedikit.

Banyak pula pelaku UMKM yang mengajukan pinjaman ke bank. Namun, mereka tidak dapat memenuhi persyaratan yang ada sehingga mereka tidak mendapatkan modal tambahan.

Modal pertama dalam UMKM sangat penting untuk perkembangan UMKM. Semakin besar modal yang dikeluarkan maka kamu dapat mengembangkan usaha UMKM kamu lebih besar.

Misalnya saja kamu dapat menyewa atau membeli tempat yang strategis, kamu juga dapat meningkatkan produksi, inovasi produk dan lain sebagainya.

Memiliki banyak modal juga dapat meningkatkan kualitas produk menjadi lebih bagus lagi. Kamu juga dapat membuat riset produk sesuai dengan target pasar.

2. Kurangnya Inovasi Produk

Masalah yang Dihadapi Banyak UMKM

Kendala yang banyak dialami oleh pelaku UMKM adalah kurangnya inovasi produk. Di Indonesia sendiri produk luar negri lebih diminati dibandingkan dengan produk UMKM.

Kualitas produk luar negri dianggap lebih baik dibandingkan produk UMKM. Jika kita mau berinovasi bukan tidak mungkin produk UMKM juga memiliki kualitas yang sama dengan produk luar negri.

Baca juga : 5 Kiat Bisnis Online Shop Fashion Muslimah

Oleh karena itu, jangan pernah puas pada satu produk. Pelajari bagaimana perkembangan trend yang ada. Ikuti perkembangan trend.

Meskipun trend hanya bersifat sementara waktu. Namun, pada umumnya konsuman lebih tartarik dengan barang yang sedang trend. Kamu dapat mengkombinasikan produk kamu dengan trend yang sedang berkembang.

Inovasi produk merupakan suatu keharusan, jika bisnis kamu akan berkembang dalam jangka waktu yang lama. Dari waktu ke waktu perkembangan zaman akan terus berubah. Oleh karena itu, kamu harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang terjadi.

3. Belum Dapat Mengoptimalkan Pemasaran Online

Masalah yang Dihadapi Banyak UMKM

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan pemasaran online. Pada beberapa tahun ini belanja online banyak diminati oleh masyarakat dan diprediksi akan terus berkembang.

Hal ini dengan didukung sarana yang cukup memadai. Kebanyakan pelaku UMKM saat ini belum dapat mengoptimalkan pemasaran online.

Bahkan kebanyak dari pelaku UMKM masih memilih penjualan dengan sistem offline. Namun, jika kamu tidak menggunakam pemasaran online maka kamu tidak akan menjangkau banyak pelanggan.

Banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan sistem pemasaran online. Kamu dapat membuka toko kamu selama 24 jam. Jadi konsumen kamu akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk berbelanja.

Selain itu konsumen kamu juga akan lebih bervariasi. Kamu akan dapat menjangkau banyak pelanggan dari berbagai penjuru wilayah. Konsumen kamu juga tidak perlu lagi pergi untuk berbelanja ditoko.

Konsumen hanya cukup menunggu barang dikirimkan ke rumah atau alamat yang dituju. Sistem pembayarannya juga beragam, konsumen dapat memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kemauannya baik membayar langsung secara tunai (COD) maupun non tunai.

4. Tidak Melakukan Program Loyalitas Pelanggan

Kebanyakan pelaku UMKM hanya fokus bagaimana caranya agar produknya laku. Hal yang banyak dilupakan oleh pelaku UMKM adalah mereka melupakan program loyalitas pelanggan.

Program ini dapat berupa program member, komunitas pelanggan hingga promo regulur. Program loyalitas pelanggan dapat mengikat konsumen melakukan repeat order.

Baca juga :  Manfaat Penting Blog Bagi Bisnis

Mereka bahkan tidak sungkan untuk mempromosikan bisnis UMKM kamu ke teman, kerabat dan orang terdekatnya. Jadi program loyalitas pelanggan ini sangat penting.

Kamu bahkan akan mendapatkan pelanggan royal yang selalu repead order. Ada banyak cara lain untuk melakukan program loyalitas pelanggan misalnya giveaway, chasback, promo dan lain sebagainya.

5. Tidak Ada Branding

Meskipun bisnis kamu masih dalam skala UMKM, namun jangan pernah untuk melupakan branding. Bagaimana orang lain dapat mengetahui produk kamu, jika kamu saja tidak melakukan branding.

Kebanyakan pelaku UMKM tidak mementingkan soal merek. Padahal merek merupakan cara agar produk kamu memiliki pembeda dari produk kompetitor.

Jika kamu sudah memiliki hal yang menonjol atau pembeda dari produk kompetitor. Usahakan untuk terus konsisten mempertahakan ciri khas yang kamu miliki. Hal ini akan membentuk branding kamu dengan sendirinya.

Pada umumnya kebanyakan bisnis UMKM masih menggunakan kasir manual. Kasir akan menghitung dengan manual atau menggunakan kalkulator barang belanjaan konsumen. Namun, bagaimana jika bisnis UMKM kamu sudah besar?

Tentunya kamu akan kerepotan jika menggunakan tenaga kasir manual. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan Aplikasir. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir POS dan Toko Online. Aplikasir ini dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis seperti UMKM, Toko Retail, Toko Online, Minimarket, Online Shop, Restoran atau Rumah Makan dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk ke pelanggan melalui pesan whatsapp. Aplikasir dapat digunakan di handphone, tablet maupun komputer.

Aplikasir tidak sedekar aplikasi kasir pintar. Namun Aplikasir juga dapat membantu owner  untuk mengawasi cabang toko, selain itu Anda juga tidak perlu merekap transaksi yang ada. Sebab dengan menggunakan Aplikasir sudah secara otomatis merekap semua data transaksi.

Aplkasir adalah solusi tepat untuk bisnis Anda. Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online. Nikmati beragam fitur menarik yang terdapat dalam Aplikasir. Jadi tunggu apa yuuk dwonload Aplikasir sekarang juga dan nikmati 30 hari pemakaian secara gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Hal yang Tidak Boleh dilakukan Saat Promosi di Media Sosial

Hal yang Tidak Boleh dilakukan Saat Promosi di Media Sosial

Kita sudah mengetahui bahwa promosi menggunakan media sosial sudah banyak di lakukan. Pelaku bisnis memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Hal yang Tidak Boleh dilakukan Saat Promosi di…
Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda

Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda

Bisnis tidak dapat lepas dari persaingan dengan kompetitor. Terlebih lagi jika bisnis kamu merupakan bisnis yan sama. Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis Anda – Saat ini banyak orang yang lebih tertarik…
Cara Bisnis Cake Rumahan, Simak Selengkapnya

Cara Bisnis Cake Rumahan, Simak Selengkapnya

Bagi kamu yang memiliki hobi membuat cake, kamu bisa lho mendapatkan uang dari hobi. Tentunya sangat menyenangkan jika kamu bisa mendapatkan uang dari hobi kamu sendiri. Salah satu usaha yang dapat kamu…