Tips Menerapan Referral Marketing pada Bisnis Online

Tips Menerapan Referral Marketing pada Bisnis Online
Pada saat ini bisnis online kian merebak. Hal ini menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu di butuhkan strategi agar bisnis Anda dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Tips Menerapan Referral Marketing pada Bisnis Online – Salah satunya adalah dengan menggunakan strategi referral marketing pada bisnis online. Referral merupakan strategi marketing dengan upaya mengajak orang lain untuk membeli produk atau layanan di toko online Anda.

Strategi ini dapat di katakan strategi marketing yang efektif. Sebab kebanyakan banyak orang yang akan membeli produk di toko online Anda karena rekomendasi dari teman, kerabat dan lain sebagainya.

Mungkin kamu pernah membeli suatu barang kemudian kamu bertanya terlebih dahulu kepada orang terdekat kamu seperti teman. Jika teman kamu menyarankan untuk membeli barang tersebut pada toko tertentu.

Maka kamu akan lebih percaya karena yang merekomendasikan toko tersebut merupakan orang kepercayaan kamu. Padahal kamu belum pernah belanja ke toko tersebut sebelumnya.

Keuntungan dari referral marketing  antara lain untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan customer loyalty, dapat memberikan layanan promosi secara berkala, penggunaan dana yang minim dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana penerapan strategi refferal marketing pada bisnis online?. Berikut ini Tips Menerapan Referral Marketing pada Bisnis Online

1. Mengadakan Giveaway 

Tips Menerapan Referral Marketing pada Bisnis Online

Siapa sih yang tidak suka dengan giveaway. Semua orang pasti menyukai giveaway ini. Nah salah satu cara referral marketing adalah dengan mengadakan giveaway. Tentu ada ketentuan yang harus di penuhi peserta untuk mendapatkan giveaway ini.

Pada umumnya untuk mengadakan giveaway ada beberapa cara yang harus di penuhi peserta untuk memperoleh hadiah.

Misalnya dengan membuat story, tag teman atau membagikan ke beberapa grup. Keuntungan yang Anda dapatkan dari giveaway ini, produk Anda akan di promosikan secara besar-besaran. Produk Anda juga akan lebih di kenal oleh banyak orang.

Semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda. Maka akan semakin banyak orang yang tertarik dengan produk Anda.

Keuntungan yang kamu dapatkan dengan dengan adanya program giveaway ini adalah kamu secara tidak langsung mempromosikan produk kamu. Masyarakat luas akan lebih mengenal produk kamu.

2. Mengadakan Gamify Referral

Tips Menerapan Referral Marketing pada Bisnis Online

Pada saat ini banyak orang yang suka bermain game. Game saat ini juga dapat di kemas untuk strategi referral marketing. Cara ini dapat di lakukan dengan cara mengajak konsumen untuk mempromosikan jasa atau produk Anda dengan cara bermain game.

Anda dapat menyediakan sistem permainan dengan beberapa level. Misalnya, jika konsumen berhasil melalui level satu berarti ia akan mendapatkan reward.

Baca juga :  Kenali Jenis Chat Marketing Untuk Meningkatkan Engagement

Kemudian pada level berikutnya akan mendapatkan reward yang lebih menarik. Reward yang Anda sediakan dapat berupa diskon, chasback, potongan harga dan lain sebagainya.

Akan banyak anak muda yang menyukai program Gamify Referral ini. Kebanyakan anak muda saat ini menyukai  tantangan. Pasti banyak anak muda yang tertarik dengan program gramify referral.

3. Mengadakan Donasi Referral

Tips Menerapan Referral Marketing pada Bisnis Online

Donasi donasi referral merupakan pendekatan pada sisi kemanusiaan. Misalnya suatu brand pasta gigi mengadakan program pembelian satu pasta gigi adalah satu kotak sahur.

Konsumen yang tersentuh hatinya akan membeli produk pasta gigi tersebut karena dengan ia membeli satu pasta gigi berarti ia juga berdonasi satu kotak makan sahur bagi yang membutuhkan.

Hal ini banyak biasanya di lakukan pada bulan puasa. Sehingga banyak konsumen yang akan tertarik untuk membeli pasta gigi brand tersebut.

Program donasi referral  juga dapat menebarkan kebaikan. Sehingga kamu tidak hanya berbisnis saja namun, kamu juga dapat membagikan kebaikan.

4. Mengadakan Refferal Contest

Cara lain yang dapat Anda lakukan dalam referral marketing adalah dengan mengadakan refferal contest. Akan banyak orang yang tertarik ketika ada kontes. Selain banyak orang yang mencari hiburan. Dengan menggelar kontes Anda juga akan mudah untuk mempromosian produk Anda.

Tidak hanya memberikan hiburan semata. Dengan memberikan hadiah menarik bagi pemenang kontes juga akan membuat banyak konsumen menjadi lebih tertarik. Dengan begitu produk kamu akan lebih dekat masyarakat.

Baca juga : Kesalahan Telemarketing yang Perlu Kamu Ketahui

Salah satu cara untuk dapat dekat dengan masyarakat adalah dengan mengadakan berbagai program konten atau hiburan lainnya. Masyarakat juga dapat lebih mengenal produk kamu secara dekat melalui program refferal contest.

Dalam bisnis online, selain menggunakan strategi referral marketing, Anda juga membutuhkan sofware untuk membantu pelayanan yang baik pada konsumen. Bayangkan saja jika Anda kebanjiran orderan namun, Anda masih menggunakan cara manual maka pelayana terhadap konsumen akan semakin lama.

Selain itu, dalam bisnis saat ini kamu membutuhkan aplikasi kasir pintar. Aplikasir merupakan aplikasi kasir pintar dan toko oniline. Udah gak jaman lagi masukin data satu persatu dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat memasukkan banyak data dalam hitungan detik.

Sebagai pelaku bisnis, kamu juga harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan memiliki website toko online. Gak usah pusing-pusing untuk membuat website toko online.

Sebab Aplikasir dapat membantu kamu membuat toko online dalam hitungan detik. Buat toko 24 jam hanya dengan menggunakan Aplikasir.

Aplikasir juga dapat di gunakan dalam mode offline. Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data.

Tips Menerapan Referral Marketing – Mode offline ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone. Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan kamu  tidak perlu takut akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir ini sangat cocok untuk berbagai kepentingan usaha  seperti UMKM, mini market, online shop, toko pakaian, toko retail, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya. Jadi tunggu apa lagi? buruan dwonload Aplikasir sekarang di playstore Anda dan nikamati 30 hari pemakaian gratis.

Aplikasir tidak sedekar aplikasi kasir pintar. Namun Aplikasir juga dapat membantu owner  untuk mengawasi cabang toko, selain itu Anda juga tidak perlu merekap transaksi yang ada. Sebab dengan menggunakan Aplikasir sudah secara otomatis merekap semua data transaksi.

Jadi tunggu apa lagi buruan dwonload aplikasir sekarang juga di playstore kamu dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

 

You May Also Like
7 Usaha Sampingan Karyawan Buat Nambah Cuan

7 Usaha Sampingan Karyawan Buat Nambah Cuan

Bagi kamu yang sudah kerja tapi masih banyak cita-cita yang masih belum tercapai? Kamu dapat membuka usaha sampingan untuk nambahin cuanmu biar tambah banyak. Membuka usaha tidak harus dengan modal…
4 Tips Mengelolah Banyak Bisnis Sekaligus

4 Tips Mengelolah Banyak Bisnis Sekaligus

Banyak orang saat ini yang lebih memilih untuk mengelola bisnis. Banyak wirausahawan yang lebih memilih fokus pada satu usaha. Namun ada banyak orang yang lebih mengelolah banyak bisnis sekaligus. 4…
Tips Memenangkan Hati Customer Gen Z

Tips Memenangkan Hati Customer Gen Z

Kamu mungkin sering mendengar istilah gen Z. Gen Z merupakan kependekan dari generasi Z. Gen Z merupakan mereka yang lahir pada tahun 1995-2015. Tips Memenangkan Hati Customer Gen Z –…
4 Kelebihan Beriklan pada Youtube

4 Kelebihan Beriklan pada Youtube

Youtube merupakan mesin pencarian  kedua setelah google. Pada saat ini banyak orang yang beriklan di youtube saat AdWords meluncurkan TrueView. 4 Kelebihan Beriklan pada Youtube – Beriklan di youtube di anggap…