Mengenal Customer Experience dan Strategi Membangunnya

Mengenal Customer Experience dan Strategi Membangunnya
Customer Experience merupakan kesuluran gambaran konsumeen saat membeli produk atau layanan hingga pasca pembelian. Namun interaksi ini tidak harus berupa transaksi jual beli.

Mengenal Customer Experience dan Strategi Membangunnya – Namun juga dapat pada tahap awareness hingga pelayanan. Semakin baik customer experience yang pada konsumen, maka hal ini akan berdampak baik bagi bisnis Anda dan dapat meningkatkan penjualan.

Baca juga : 4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil

Untuk mencapai customer experience terhadap suatu brand, maka di butuhkan usaha yang tidak mudah. Berikut ini kita akan mengenal customer experience dan strategi membangunnya.

1. Membangun Hubungan Emosional Antara Brand dengan Konsumen

Mengenal Customer Experience dan Strategi Membangunnya

Untuk meningkatkan customer experience mengapa Anda harus melakukan hubungan emosional brand dengan konsumen. Sebenarnya mengejutkan juga karena faktor emosional merupakan faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk tertentu. Namun hal ini juga memiliki alasan yang kuat. Sebab jika seseorang merasa terhubung secara emosional maka ia pun akan royal dengan brand anda.

Baca juga : Memahami Pengertian Brand Equity dan Manfaatnya

Lantas bagaimana Agar dapat membangun hubungan emosional antara brand dengan konsumen?. Cara termudahnya adalah dengan membuat konten. Anda dapat membuat konten berupa video maupun tulisan. Misalnya produk Anda merupakan produk skincare untuk mencerahkan wajah. Nah Anda dapat membuat konten mengenai tips agar kulit tidak kusam, tips mencerahkan dan meratakan kulit wajah dan lain sebagainya.

2. Memberikan Ruang Feedback Konsumen Secara Real-time

Mengenal Customer Experience dan Strategi Membangunnya

Ketika Anda sudah melakukan layanan terbaik dengan kualitas produk yang terus di tingkatkan. Namun bagaimana cara Anda mengetahui bahwa konsumen dapat menerima produk Anda dengan baik?. Nah mengapa Anda tidak langsung menanyakan langsung kepada konsumen?.

Baca juga :  Tips Menerapkan Strategi Word Of Mount Untuk Bisnis

Untuk menyakan feedback yang di dapatkan konsumen Anda tidak perlu mengunjungi konsumen satu persatu yang akan banyak memakan waktu dan tenaga. Anda dapat memanfaatkan teknologi saat ini seperti mengiri email pada pelanggan yang sudah melakukam pembelian. Anda juga dapat menggunakan metode lain yaitu dengan cara mengisi survey pada media sosial bisnis Anda. Secara tidak langsung Anda juga dapat berinteraksi dengan mereka.

3. Memiliki Visi yang Jelas 

Mengenal Customer Experience dan Strategi Membangunnya

Salah satu terbentuknya customer experience yang baik adalah dengan memiliki visi yang jelas. Tentunya tidak sembarangan dalam menulis misi agar dapat mencapai customer experience yang baik.

Baca juga :Brand Trust Sebagai Peran Penting Dalam Bisnis

Sesuaikan visi sesuai dengan usaha Anda. Misalnya Anda bergerak pada bidang restoran cepat saji. Nah Anda memiliki visi menjadi restoran yang terbaik dan cepat. Yang di maksud terbaik adalah memiliki kualitas terbaik mulai dari pelayanan, kebersihan, kualitas, cita rasa. Sedangkan cepat ialah penyajian yang cepat dan pengantaran makanan yang cepat.

4. Memahami Target Konsumen

Bagaimana Anda dapat mencapai customer experience, jika Anda saja tidak memahami target konsumen Anda. Setiap target konsumen Anda dengan bisnis yang lain tentunya berbeda. Mulai dari jenis kelamin, usia, hobi dan lain sebagainya.

Baca juga : Mengenal Engagement Rate dan Cara Meningkatkannya

Anda dapat menemukan jawabannya dengan membuat buyer personal. Buyer personal memungkin Anda untuk membuat profil konsumen seolah-olah nyata. Dengan begitu, dengan menggunakan teknik ini membuat konsumen membantu Anda untuk memahami audiensi dengan baik. Oleh karena itu buyer personal sangat penting dalam memahaim target konsumen.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

 

You May Also Like
4 Keuntungan Customer Retention yang Perlu Kamu Ketahui

4 Tips Bangkit dari Bisnis yang Bangkrut

Perjalanan dalam sebuah bisnis tidak selalu berjalan dengan baik. Adakalanya kamu mengalami kagagalan dalam bisnis. Kegagalan merupakan resiko yang mau tidak mau harus kamu hadapi. Tentunya hal ini dapat terjadi…
4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil

4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil

Brand equity merupakan nilai kelebihan produk Anda yang tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya. Brand equity merupakan sesuatu yang harus harus di usahakan. 4 Tips Membangun Brand Equity, Agar Bisnis Stabil – Tanpa adanya…