Trik Kelola THR Agar Tidak Cepat Habis

Trik Kelola THR Agar Tidak Cepat Habis
Salah satu hal yang paling dinanti pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Terlebih lagi bagi mereka yang bekeja pada suatu perusahaan. Menjelang lebaran kamu pasti sudah menulis daftar belanjaan.

Trik Kelola THR Agar Tidak Cepat Habis – Pada umumnya THR akan di berikan kepada pegawai dua pekan sebelum hari raya idul fitri. Namun, alangkah baiknya kamu dapat menggunakan THR kamu dengan sebaik mungkin. Usahakan jangan menggunakan THR kamu untuk berfoya-foya.

Alangkah lebih baik untuk mengalokasikan dana THR untuk kepentingan yang lebih produktif lainnya. Kamu juga tidak akan mengetahui bagaimana keadaan di masa yang akan mendatang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelolah uang THR dengan benar. Meski sifatnya uang tambahan namun, jika kamu tidak mengelolanya dengan baik. Uang tersebut akan terasa masih kurang saja tidak kamu tidak dapat mengelolanya dengan baik.

Baca juga : Kesalahan Nabung yang Sering Ditemui

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar uang tunjangan hari raya kamu tidak cepet abis lho. Tips ini sangat penting bagi kamu yang suka kalap nih pas belanja. Apalagi mau lebaran pasti banyak diskon yang bertebaran dimana-mana bukan.

Lantas bagaimana cara untuk mengelola THR agar tidak cepat habis?. Penasaran kelola THR agar tidak cepat habis. Berikut ini trik kelola THR agar tidak cepat habis.

1. Gunakan Untuk Membayar Zakat Fitrah atau Beramal

Trik Kelola THR Agar Tidak Cepat Habis

Sebelum merayakan hari kemenangan, sebagai umat muslim kita di wajibkan untuk membayar zakat fitrah terlebih dahulu. Pastinya kamu sebelumnya sudah menerima THR dari tempat kamu bekerja bukan.

Oleh karena itu, kamu dapat mengalokasikan THR kamu untuk membayar zakat fitrah atau beramal pada bulan ramadhan. Banyak amalan yang dapat perbuat dengan uang THR kamu.

Sehingga gaji bulanan kamu akan tetap utuh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan. Kamu dapat bersedekah lebih banyak dari bulan biasanya agar mendapatkan ganjangan yang berlipat.

Uang THR kamu akan lebih bermanfaat ketika kamu menggunakannya untuk berbagi ke sesama. Jangan melewatkan kesempatan pada bulan Ramadhan ini untuk bersedekah hanya karena ingin berfoya-foya pada bulan ramadhan.

Alangkah lebih baiknya untuk menyisihkan sedikit rezeki yang kamu terima untuk di gunakan pada bulan Ramadhan. Hal ini membuat ramadhan kamu menjadi lebih berkah bukan.

2. Gunakan Untuk Kebutuhan Keluarga

Menjelang lebaran pasti kamu akan menemui banyak kebutuhan pokok yang naik. Oleh karena itu kamu dapat memanfaatkan 20% dari THR kamu digunakan sebagai memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di tambah lagi jika kamu memiliki anak sekolah yang masuk tahun ajaran baru.

Pasti kamu membutuhkan uang untuk membeli kebutuhan sekolah baru. Kamu dapat mengambilnya dari uang THR yang kamu terima. Jadi, kamu tidak menghabiskan uang kamu hanya untuk berfoya-foya pada saat lebaran saja.

Baca juga :  Penyebab Boros Pada Bulan Ramadhan

Sebelum kamu membelanjakan uang kamu, ada baiknya kamu membuat anggaran terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengatur keuangan untuk menuhi kebutuhan rumah tangga.

Selain itu, kamu juga dapat membuat daftar belanja. Daftar belanja memudahkan kamu pada saat berbelanja. Terlebih lagi bagi kamu yang suka kalap belanja melihat barang diskonan.

Nah daftar belanja ini membantu kamu untuk tetap fokus membeli barang yang kamu butuhkan. Sehingga anggaran yang kamu ambil dari uang THR dapat kamu gunakan dengan baik.

3. Gunakan untuk Konsumsi

wkwkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

Pengeluaran konsumsi pada saat bulan ramadhan cukup besar. Kamu perlu membeli pakaian baru, hadiah untuk orang tua, belum lagi agenda bukber dan lain sebagainya. Jika kamu hanya mengandalkan gaji kamu saja, maka kamu pengeluaran kamu tidak akan stabil.

Belum lagi kamu juga harus membeli kebutuhan sehari-hari. Hal ini tentu saja akan membuat keuangan kamu membengkak. Nah kamu dapat menfaatkan THR untuk dapat memenuhi segala kebutuhan kamu.

Gunakan THR untuk membeli hadiah untuk orangtua, membeli baju, membeli kebutuhan lebaran dan lain sebagainya. Namun, usahakan untuk tidak membeli barang kebutuhan lebaran secara berlebihan. Cukup membeli sesuai dengan kebutuhan.

Maka dari itu, pada saat kamu berbelanja untuk pengeluaran konsumsi maka kamu dapat menggunakan daftar belanja. Buatlah daftar belanja, sebelum kamu pergi untuk berbelanja.

Kamu akan dapat memperkiran berapa banyak uang yang kamu gunakan untuk berbelanja. Sehingga kamu tidak berbelanja dengan sesuka hati.

4. Membayar Hutang

Trik Kelola THR Agar Tidak Cepat Habis

Kamu memiliki hutang yang belum dapat kamu lunasi?. Alih-alih menggunakan THR untuk berfoya-foya maka kamu dapat menggunakannya untuk membayar hutang. Beban yang ada di pikiran kamu akan berkurang jika kamu membayar hutang kamu.

Gunakan 10% dari THR kamu untuk membayar hutang. Jangan biarkan hutang kamu terus menumpuk. Jika kamu sudah berani untuk berhutang, maka kamu juga memiliki kewajiban untuk melunasinya.

Baca juga : Penyebab Kagagalan Bisnis Kecil Berikut ini

Gunakan uang THR kamu untuk mengurangi sedikit demi sedikit hutang yang kamu punya. Jangan gunakan semua uang THR kamu untuk berfoya-foya.

Meskipun kamu tidak bisa melunasi semua hutang tersebut. Setidaknya kamu dapat mengurangi jumlah hutang kamu. Selain itu, kamu dapat meringankan beban kamu di masa depan.

Dengan membayar hutang penggunaan uang THR kamu menjadi lebih berguna lagi. Pada bulan berikutnya keuangan kamu akan lebih teratur karena kamu sudah mengurangi hutang kamu menggunakan uang THR.

5. Gunakan untuk Investastasi atau Menabung

Trik Kelola THR Agar Tidak Cepat Habis

Jangan habiskan semua uang THR untuk memenuhi segala kebutuhan. Pastikan kamu untuk menyimpan uang kamu baik berupa investasi maupun menabung. Hal ini sangat penting untuk masa depan.

Sebab kamu tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa yang akan mendatang. Sangat penting untuk memiliki uang lebih atau dana simpanan.

Sebelum kamu berbelanja kebutuhan lebaran, ada baiknya untuk menyimpan terlebih dahulu uang untuk menabung. Meskipun jumlahnya kecil, namun dengan kamu menyisihkan uang THR untuk menabung sama saja kamu memikirkan masa depan.

Dalam hidup kita tidak pernah mengetahui hal apa yang akan terjadi di masa yang akan mendatang. Oleh karena itu, memiliki tabungan uang merupakan hal yang sangat penting.

Jangan lupa untuk tetap mempercayakan keuangan kamu dengan Aplikasir. Aplikasi Aplikasir merupakan Aplikasi kasir dan Toko onlineAplikasir dapat membantu pekerjaan kasir kamu menjadi lebih ringan lagi.

Aplikasir sangat cocok di gunakan untuk berbagai urusan usaha kamu. Mulai dari mini market, cafee, restoran, rumah makan, online shop dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan Aplikasir,  kamu dapat meminimalisir kesalahan pada bagian keuangan. Jadi tunggu apa, buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore kamu sekarang juga ya dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: halo@aplikasir.com
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Hobi Ngedrakor? Berikut Ini Peluang Bisnisnya

Hobi Ngedrakor? Berikut Ini Peluang Bisnisnya

Memiliki hobi merupakan salah satu cara untuk dapat menenangkan diri dari aktivitas sehari-hari. Hobi dapat meningkat mood menjadi lebih baik lagi. Hobi Ngedrakor? Berikut Ini Peluang Bisnisnya – Kamu akan lebih bersemangat…
Tips Hemat Belanja dengan Promo dan Chasback

4 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Instagam merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk dapat membagikan foto dan video singkat. Media sosial instagram saat ini sangat populer. 4 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram – Kebanyakan penggunanya adalah…
Tips Jitu Mempertahankan Bisnis Pada Masa Pandemi

Tips Jitu Mempertahankan Bisnis Pada Masa Pandemi

Masa Pandemi merupakan masa yang suli bagi semua orang. Banyak usaha yang rugi bahkan gulung tikar karena pandemi covid-19. Bagi pelaku usaha dapat bertahan pada masa pandemi merupakan suatu keberkahan. Banyak…
Tips Mengelolah Cuan Saat Membangun Berbisnis

Tips Mengelolah Cuan Saat Membangun Berbisnis

 Pada saat membangun bisnis tentunya kamu membutuhkan manajeman keuangan yang jelas untuk menjalankan usaha kamu. Kamu harus dapat memisahkan keuangan pribadi, modal bisnis dan keuntungan bisnismu.  Tips Mengelolah Cuan Saat…