Yuuk Intip Kriteria Startup Unicorn di Indonesia

Yuuk Intip Kriteria Startup Unicorn
Pada beberapa tahun terakhir ini kita sering mendengar istilah startup unicorn. Mungkin istilah ini masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Yuuk Intip Kriteria Startup Unicorn di Indonesia – Startup unicorn merupakan startup yang sudah memiliki nilai valuasi USD 1 milliar atau jika di rupiahkan menjadi 14 triliun.  Lantas mengapa di sebut unicorn seperti nama hewan mitologi Yunani?. Hal ini karena perusahaan yang meraih valuasi dengan nilai tersebut masih sangat langkat.

Baca juga :  Mengenal Valuasi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Startup unicorn ini telah membuktikan bahwa potensi bisnis sangat di butuhkan oleh masyarakat. Nah investor juga akan melihat peluang bisnis agar dapat berkembang. Startup unicorn yang ada di Indonesia antara lain GoTo dengan status unicorn Gojek (2016) dan Tokopedia (2017), Bukalapak (2017), J&T Express (2021), Traveloka (2017), Ovo (2018), Xendit (2021), dan Ajaib (2021).

Peluang bagi Anda untuk menjadi perusahaan startup unicorn masih terbuka lebar. Yuuk intip kriteria startup unicorn di Indonesia.

1. Menjadi Pionir

Yuuk Intip Kriteria Startup Unicorn di Indonesia

Startup yang meluncurkan ide-ide baru dalam membantu kehidupan manusia akan mudah di terima olah masyarakat. Misalnya saja Traveloka merupakan startup pertama di Indonesia yang membantu masyarakat untuk merencakan perjalanan.

Baca juga : Kunci Sukses Budaya Kerja Sehat Perusahaan

Jika terdapat kompetitor lainnya maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Sebab Anda adalah startup pertama yang akan mudah di ingat oleh masyarakat. Kebiasaan masyarakat adalah selalu mengingat produk pertama yang di luncurkan begitu pula dengan startup.

2. Berbasis Teknologi

Yuuk Intip Kriteria Startup Unicorn di Indonesia

Ciri startup adalah komitmen yang tinggi dalam memanfaatkan teknologi. Baik dengan aplikasi, web app maupun website. Pada saat ini berbagai perusahaan mengkombinasikan berbagai teknologi untuk mendukung startup dapat menyajikan fitur yang terus berkembang.

Baca juga :  Tips Mengurangi Churn Rate, Penghasil Banyak Cuan!

Misalnya saja, salah satu e-commerce terkenal di Indonesia yaitu Shopee menggunakan teknologi augmented reality bernama BeautyCam.  Dengan menggunakan BeautyCam pengguna shopee dapat mencoba produk kecantikan seperti lipstik, bedak, maskara secara virtual melalui BeautyCam. Hal ini akan membantu konsumen untuk menentukan produk yang cocok digunakan sebelum membeli.

3. Customer Oriented

Yuuk Intip Kriteria Startup Unicorn di Indonesia

Setiap startup di buat untuk menjawab masalah dari kehidupan sehari-hari. Dalam membuat startup tidak hanya memikirkan keuntungan semata. Namun mereka memikirkan manfaat startup bagi kehidupan sehari-hari. Jika manusia membutuhkan startup yang di luncarkan maka akan menjadi gaya hidup sehari-hari.

Baca juga :  Tips Mengurangi Churn Rate, Penghasil Banyak Cuan!

Makin luas layanan produk yang yang digunakan maka akan lebih tinggi juga valuasi startup tersebut. Oleh karena itu seorang pengembang startup tidak dapat hanya puas dengan hasil mereka saat ini. Mereka dapat menambahkan fitur atau menambah layanan yang lebih inovasi agar tidak kalah dengan kompetitor lainnya.

4. Fokus Pada Pertumbuhan

Untuk dapat mencapai startup unicorn tidak dapat di dapatkan dengan puas dengan hasil kerja yang di lakukan saat ini saja. Agar dapat mencapai valuasi miliaran dolar, di butuhkan kerja keras dan selalu menghadirkan inovasi terbaru dalam startup.

Baca juga :  Tips Mengurangi Churn Rate, Penghasil Banyak Cuan!

Misalnya Startup Gojek yang telah memperbaharui fitur layanan mereka. Mulai dari mengenalkan Gopay dan Play Later untuk memudahkan konsumen dalam pembayaran. Fitur mengantarkan belanja, barang atau makanan. Hal ini memudahkan konsumen dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Hanya dengan satu aplikasi namun dapat digunakan untuk berbagai kepentingan.

Dalam sebuah bisnis pada perkembangan teknologi digital saat ini. Anda membutuhkan sofware yang dapat membuat pekerjaan Anda semakin mudah. Aplikasir merupakan jawaban dari permasalahan yang Anda hadapi.

Aplikasir merupakan Aplikasi Kasir dan Toko Online. Ada banyak fitur yang Anda dapatkan dengan menggunakan Aplikasir. Mulai dari sistem kasir untuk kasir, jurnal transaksi, kemudahan transaksi, pemantauan berbagai toko bagi owner hingga Anda dapat membuat website toko online sendiri dengan menggunakan Aplikasir.

Jadi tunggu apa lagi, buruan dwonload Aplikasir sekarang juga di playstore Anda dan nikmati 30 hari pemakaian secara gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

You May Also Like
Panduan transaksi hutang dengan uang muka Aplikasir

Panduan modal kas dan aliran kas Aplikasir

Aplikasir memiliki fitur baru yaitu modal kas dan aliran kas, fitur modal kas berfungsi untuk mencatat modal kas atau uang kas yang ada di usahamu, dan dengan fitur aliran kas…

Cara Melakukan Personalized Marketing dalam Bisnis

Dalam konsep personalized marketing, konsumen di anggap sebagai pribadi yang unik. Sehingga palaku bisnis memandang konsumen secara personal dalam melakukan strategi marketing. Cara Melakukan Personalized Marketing dalam Bisnis – Untuk dapat melakukan…
Tips Menghadapi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Tips Menghadapi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Kenaikan harga bahan pokok membuat banyak orang harus berputar otak. Hal ini harus membuat kamu putar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tips Menghadapi Kenaikan Harga Bahan Pokok – Hal yang perlu…
Ciri Usaha yang Berpotensi Mendatangkan Keuntungan

Ciri Usaha yang Berpotensi Mendatangkan Keuntungan

Setiap usaha yang di rintis dengan ketekunan, kesabaran, ketelitian dan keuleran akan mencapai hasil yang bagus. Banyak pelaku usaha yang menginginkan usahanya dapat memberikan keuntungan yang sangat banyak. Hal tersebut…