4 Trik Merintis UMKM Kuliner Modal Kecil

4 Trik Merintis UMKM Kuliner Modal Kecil
Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Selama manusia hidup membutuhkan makanan maka bisnis ini akan terus berkembang.

4 Trik Merintis UMKM Kuliner Modal Kecil – Bisnis kuliner tidak selamanya membutuhkan modal yang besar. Kamu juga dapat memulainya bahkan dengan modal yang kecil.

Hal ini karena jenis makanan yang dijual sangat beragam. Mulai dari camilan, makana ringan hingga makanan berat. Penjual kuliner juga dapat kamu jumpai di berbagai tempat.

Mulai dari tempat yang mewah hingga tempat pedagang pinggir jalan kaki lima. Mengawali bisnis UMKM Kuliner dengan modal yang kecil bukan hal yang mudah.

Baca juga : 5 Tips Jualan Takjil Bulan Ramadhan

Kamu harus dapat memanfaatkan modal yang  terbatas untuk dapat memenuhi bisnis kamu. Jika kamu memiliki modal yang kecil maka kamu juga dapat memilih jenis makanan yang mudah kamu dapatkan dengan harga terjangkau.

Ada banyak bisnis UMKM Kuliner yang dapat kamu lakukan dengan modal kecil. Misalnya bisnis jajanan seperti cilok, dimsum, siomay dan lain sebagainya.

Pilihan jajanan seperti ini banyak menjadi camilan yang paling di sukai oleh banyak orang. Meskipun keuntungannya sedikit namun, jika banyak penggemarnya maka keuntungan yang kamu dapatkan juga akan semakin tinggi.

Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan bisnis UMKM Kuliner dengan modal yang kecil. Berikut ini 5 Trik Merintis UMKM Kuliner Modal Kecil.

1. Konsep yang Jelas

Hal pertama yang harus kamu pikirkan ketika memulai bisnis UMKM Kuliner adalah dengan menentukan konsep yang jelas. Jangan hanya kamu jual hanya karena iseng-iseng atau hanya ikut-ikutan saja.

Terlebih lagi, pada saat ini ada banyak jenis kuliner yang dapat kamu coba untuk ide bisnis kamu. Mulai dari camilan hingga makanan berat.

Pastikan kamu juga juga menguasai masakan jenis makanan yang kamu buat. Dalam bisnis kuliner hal yang paling utama adalah rasa.

Rasa yang nikmat dan harga yang murah akan membuat konsumen kembali lagi untuk membeli makanan kamu. Maka dari itu, kamu harus mengutamakan rasa dan kualitas makanan yang kamu buat.

Bisnis UMKM yang dapat bertahan lama adalah mereka yang menjaga kualitas dan rasa dari makanan yang mereka jual. Tidak heran banyak pelanggan yang datang setiap saat.

2. Membuat Rencana Bisnis dengan Jelas

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana bisnis dengan jelas. Bagaimana bisnis kamu dapat membangun bisnis kamu jika kamu tidak membuat rencana bisnis yang jelas.

Jauh sebelum kamu membuka bisnsi maka kamu harus memiliki perencaan yang jelas akan dibawa nantinya bisnis kamu nanti.

Baca juga : 5 Pengeluaran Lebaran yang Perlu Diketahui

Jangan sampai ketika kamu sudah berjalan di tengah jalan kamu malah kebingungan dengan bisnis yang kamu buat. Sebab dengan membuat rencana bisnis itu artinya kamu membuat sebuah petunjuk untuk mengelola bisnis kamu.

Berbeda hal ketika kamu sudah memiliki rencana bisnis yang jelas. Maka kamu sudah memiliki petunjuk untuk melakukan tujuan apa yang sebenarnya ingin kamu capai.

3. Memilih Tempat Usaha yang Strategis

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan memilih tempat usaha yang strategis. Tempat usaha yang strategis ini memiliki banyak keuntungan.

Misalnya saja, kamu akan dapat mudah untuk menjangkau pelanggan dari mana saja. Baik mereka yang menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum maupun jalan kaki.

Peluang ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Maka dari itu, pemilihan tempat usaha yang strategis sangat mempengaruhi bisnis kamu.

Semakin strategis tempat bisnis kamu maka peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan akan semakin terbuka lebar. Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar dalam memilih tempat usaha.

4. Promosikan Produk

Setelah memiliki tempat yang strategis kamu juga harus mempromosikan produk. Gunakan media sosial sebagai sarana promosi sebaik mungkin.

Pada saat ini media sosial merupakan saran yang efektif untuk mempromosikan bisnis. Kamu dapat mempromosikan bisnis dengan mudah dan gratis melalui media sosial.

Terlebih lagi pengguna media sosial saat ini juga semakin meningkat. Kamu juga dapat menemukan target konsumen kamu dengan media sosial.

Baca juga : 5 Tips Persiapan Belanja Sebelum Ramadhan

Pada saat ini, hampir semua orang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan barang atau jasa yang dijual. Promosi ini akan berdampak pada bisnis kamu akan semakin dikenal oleh banyak orang.

Maka dari itu, kamu harus gencar dalam melakukan promosi. Tidak hanya promosi dari media sosial saja.

Kamu juga dapat melakukan promosi sederhana seperti mempromosikan barang dagangan kamu ke orang-orang sekitar kamu. Paling tidak lingkungan keluarga dan teman dekat kamu mengetahui dan meminta bantuan mereka untuk mempromosikan bisnis kuliner kamu.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan cara review makanan kamu. Pada saat ini banyak orang yang jika ingin membeli sesuatu terlebih dahulu ia akan melihat review makanan tersebut.

Cara ini dapat membantu konsumen untuk lebih percaya dan tidak ragu membeli produk kamu. Jadi kamu harus melakukan promosi  semaksimal mungkin. Usahakan untuk selalu memahami apa yang saat ini menjadi trend atau yang konsumen inginkan.

Dengan begitu bisnis kamu tidak akan mudah dilupakan oleh banyak orang. Maka dari itu sangat penting untuk mengikuti perkembangan zaman yang akan selalu mengalami perubahan.

Selain itu, dalam berbisnis Anda juga membutuhkan sofware Aplikasi untuk membantu bisnis Anda. Aplikasir dengan fitur terlangkap mulai dari kasir, menghitung data transaksi, memilih supplier hingga membuat webisite adalah Aplikasir. Aplikasi kasir dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah.

4 Trik Merintis UMKM Kuliner Modal Kecil  – Aplikasir dapat membantu kamu untuk mengelola toko, penjualan, pembayaran dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencetak struk dapur, struk penjualan bahkan kamu juga dapat mengirim struk pembayaran ke pelanggan langsung melalui pesan whatsapp. 

Selain itu Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasi kasir POS (Point of Sale) dengan fitur lengkap untuk semua jenis usaha anda. Membantu anda mengelola toko dan meningkatkan penjualan dengan mudah.

Aplikasi kasir yang mudah di gunakan dan sesuai dengan usaha anda. Dengan aplikasir jualan semakin mudah dan untung bertambah.

Aplikasir membantu mengembangkan usaha anda. Jalankan usaha dan pantau transaksi secara realtime dari mana saja. Kontrol akses kasir dan dapatkan laporan langsung ke handphone anda. Aplikasir adalah solusi untuk semua kebutuhan usaha anda.

Download Aplikasir
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android

Website: https://www.aplikasir.com
Youtube: https://www.youtube.com/c/aplikasir
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id

 

You May Also Like
Kenali Pilihan Investasi di Usia Muda

Kenali Pilihan Investasi di Usia Muda

Dengan memikirkan investasi pada usia muda  maka kamu dapat selangkah lebih maju daripada teman-teman kamu lainnya.  Perlu kamu ketahui kunci menjadi orang kaya adalah  mulai berinvestasi sejak usia muda. Kenali…
Resolusi Tahun Baru untuk Kelancaran Bisnis

Resolusi Tahun Baru untuk Kelancaran Bisnis

Saat ini kita telah tiba pada awal tahun baru 2023. Menyambuat tahun baru tentu saja kamu memiliki semangat yang baru. Resolusi Tahun Baru untuk Kelancaran Bisnis – Bagi kamu pelaku…
4 Tips Memilih Pinjaman untuk Modal Usaha

Tips Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Salah satu cara agar bisnis kamu tetap berkembang ialah memiliki konsumen yang loyal. Namun, untuk mendapatkan konsumen yang loyal tidaklah mudah. Pelaku bisnis harus melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan…
Lakukan 4 Hal Ketika Kamu Merilis Produk Baru

Lakukan 4 Hal Ketika Kamu Merilis Produk Baru

Kebanyakan pelaku bisnis lebih fokus dalam menentukan ide baru. Hal yang pertama mereka lakukan saat membuka bisnis adalah bagaimana caranya mereka dapat membuat produk baru yang belum pernah ada. Lakukan…