Apa Itu Nostalgia Marketing dan Cara Menerapkannya

Apa Itu Nostalgia Marketing dan Cara Menerapkannya
Anda pernah membeli produk karena sistem promosinya yang mengingatkan pada kejadian di masa lalu. Lalu anda membeli produk tersebut sambil mengingat masa lalu yang menyenangkan.

Apa Itu Nostalgia Marketing dan Cara Menerapkannya – Cara tersebut merupakan nostalgia marketing.  Nostalgia Marketing merupakan sebuah strategi marketing yang melibatkan emosional pelanggan terhadap kejadian positif di masa lampau.

Tujuan dari nostalgia marketing ini adalah untuk menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk Anda dengan sesuatu yang di sukai dan di ingat oleh pelanggan pada masa lalu.

Banyak kasus di mana banyak orang yang membeli barang atau produk Anda karena teringat akan memori masa lalu. Bahkan mereka bersedia untuk membayar lebih untuk dapat membeli barang atau jasa yang mengingatkan pada masa lalu.

Baca juga : Mengenal Customer Chun dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Trik ini dianggap ampuh untuk membuat konsumen menjadi tertarik membeli produk. Banyak konsumen yang bahkan tidak mempermasalahkan harga.

Banyak diantara konsumen yang rela membayar produk kamu dengan harga yang mahal. Sebab dengan menggunakan produk kamu, konsumen sudah dapat bernoslatgia.

Mereka dapat mengenang kenangan lama yang dapat membuat mereka  menjadi lebih bahagia. Bahkan dapat memberikan semangat tersendiri bagi konsumen tersebut.

Oleh sebab itu strategi ini banyak di gunakan oleh banyak pelaku usaha saat ini. Strategi target pasar saat ini target utamanya adalah generasi millenial. Pada kali ini kita akan membahas apa itu nostalgia marketing dan cara menerapkannya.

1. Menggunakan Media Sosial

Apa Itu Nostalgia Marketing dan Cara Menerapkannya

Sudah bukan barang baru lagi jika media sosial kini di jadikan sebagai media promosi. Baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil kini sudah menggunakan media sosial sebagai media promosi bisnis.

Anda dapat berkampaye strategi nostalgia marketing pada media sosial. Jangkauan yang lebih luas memungkin media sosial untuk membantu Anda dalam menjangkau banyak pelanggan. Dengan nostalgia marketing juga dapat menarik perhatian banyak pelanggan untuk dapat membeli produk Anda.

Baca juga : Mengenal Customer Chun dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Hampir semua orang kini dapat mengakses media sosial dengan mudah. Setiap orang yang memiliki smartphone kini sudah dapat mengakses media sosial.

Bukan barang asing lagi jika media sosial menjadi tepat untuk pelaku bisnis melakukan promosi bisnis. Sebab kamu dapat menemukan berbagai macam terget pasar yang ada. Kamu juga dapat mengatur siapa yang dapat melihat konten promosi kamu.

2. Memperkenalkan Produk yang Dahulu Terkenal

Apa Itu Nostalgia Marketing dan Cara Menerapkannya

Trend fashion hampir sama dengan trend belanja. Jika trend fashion selalu cepat berubah sama halnya dengan trend belanja. Trend belanja juga selalu kembali ke masa lalu.

Banyak orang yang akan rindu dengan barang yang trend pada masa lalu. Sehingga jika ada yang menjual produk yang mengingatkan pada masa lalu, pelanggan cendurung untuk membeli.

Baca juga :  Strategi Customer Oriented, Bikin Bisnis Tambah Untung

Bahkan, mereka dapat membayar mahal untuk membeli barang tersebut. Nah ini merupakan kesempatan Anda untuk membuat produk dengan inovasi terbaru.

Jika konsumen sudah tertarik untuk  membeli produk kamu. Mereka bahkan rela membayarnya dengan harga yang mahal.

Sebab bagi mereka kenangan yang dapat merasakan lagi akan sebanding dengan harga yang nereka bayarkan.

3. Memperhatikan Detail

Apa Itu Nostalgia Marketing dan Cara Menerapkannya

Hal yang perlu Anda lakukan adalah saat hendak membangkitkan memori pelanggan adalah memperhatikan setiap detail tentang produk tersebut. Misalnya jika Anda ingin membuat iklan dengan tema tahun 80’an, Anda harus memperhatikan warna dan font yang sedang trend pada zaman 80’an.

Gunakan warna dan font yang sesuai dengan dengan zaman 80’an. Jangan gunakan font yang sedang trend pada masa kini. Sebab hal tersebut dapat mengurangi  untuk membangkitkan memori pelanggan.

Baca juga :  Tips Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Kamu dapat mempelajari terlebih dahulu bagaimana  kondisi pada zaman dahulu. Sehingga produk yang buat dapat membuat konsumen kamu menjadi nostalgia salah satunya adalah dengan memperhatikan konsep produk yang kamu jual.

4. Jangan Terlalu Memaksakan Diri

hg

Untuk dapat mengingat pelanggan terhadap kejadian di masa lalu memang tidak mudah. Anda harus dapat beimajinasi seolah-olah anda kembali ke masa lalu. Anda harus dapat membuat iklan dan gaya yang sedang trend pada masa tersebut.

Baca juga : Kiat Meningkatkan Customer Loyalt Raup Banyak Cuan!

Mendesain ulang memori tidaklah mudah. Jika di lakukan dengan cara yang salah maka akan membuat merasa aneh dan tidak menarik di mata pelanggan. Pastikan juga produk yang Anda sesuai dengan iklan yan berlatarkan di masa lalu.

Jangan terlalu memaksakan kehendak dalam bisnis. Kamu dapat memulai bisnis secara perlahan namun pasti. Dalam membangun bisnis terkadang memang tidak semudah yang di bayangkan. Akan ada masa dimana kamu bertemu masa sulit, jika kamu mampu melaluinya maka bisnis kamu dapat berkembang.

Anda juga harus memperhatikan perangkat kerja di toko Anda. Gunakan sofware yang dapat mendukung kecepatan dan ketepatan Anda dalam bekerja. Aplikasi adalah sofware yang tepat untuk mendukung bisnis Anda. Aplikasir merupakan Aplikasi kasir dan toko online.

Aplikasir juga dapat di gunakan dalam mode offline. Sebaiknya, gunakan mode offline ini hanya pada saat keadaan darurat saja misalnya pada saat wifi internet kamu sedang bermasalah atau kamu kehabisan paket data.

Apa Itu Nostalgia Marketing dan Cara Menerapkannya – Mode offline ini hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone. Jangan khawatir lagi untuk kehabisan ruang penyimpanan pada saat menggunakan Aplikasir. Sebab Aplikasir merupakan Aplikasi yang ringan dan kamu  tidak perlu takut akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasir juga memudahkan kamu untuk melihat laporan keuangan setiap bulannya dengan fitur neraca saldo. Dalam fitur neraca saldo kamu dapat melihat debit dan kredit berupa aset toko, kas, piutang kasbon, harga pembelian stok, harga pokok penjualan, piutang penjualan, pajak, biaya kirim, pengeluaran, modal, penjualan, pemasukan lain, hutang pembelian stok, hutang pihak lain dan total.

Aplikasir ini sangat cocok untuk berbagai kepentingan usaha  seperti UMKM, mini market, online shop, toko pakaian, toko retail, restoran atau rumah makan dan lain sebagainya. Jadi tunggu apa lagi? buruan dwonload Aplikasir sekarang di playstore Anda dan nikamati 30 hari pemakaian gratis.

Aplikasir tidak sedekar aplikasi kasir pintar. Namun Aplikasir juga dapat membantu owner  untuk mengawasi cabang toko, selain itu Anda juga tidak perlu merekap transaksi yang ada. Sebab dengan menggunakan Aplikasir sudah secara otomatis merekap semua data transaksi.

Aplikasir tidak sedekar aplikasi kasir pintar. Namun Aplikasir juga dapat membantu owner  untuk mengawasi cabang toko, selain itu Anda juga tidak perlu merekap transaksi yang ada. Sebab dengan menggunakan Aplikasir sudah secara otomatis merekap semua data transaksi.

Dapatkan Aplikasir sekarang juga dengan dwonload di playstore dan nikmati 30 hari pemakaian gratis.

Website: https://www.aplikasir.com
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/aplikasir.id
Instagram: https://www.instagram.com/aplikasir.id
Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasir.android
wa.me/6289655003100

 

You May Also Like
Mengenal Customer Chun dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mengenal Customer Chun dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tingkat keberhasilan suatu bisnis tergantung dari seberapa banyak pelanggan yang ia miliki. Semakin banyak customer loyalty maka akan semakin banyak keuntungan yang ia dapatkan dari suatu bisnis. Mengenal Customer Chun dan…
Mengenal Perbedaan Reseller dan Dropship

Mengenal Perbedaan Reseller dan Dropship

Berbicara bisnis online, tentu tidak ada habisnya. Dalam dunia bisnis online kita sering mendengar istilah reseller dan dropship. Mengenal Perbedaan Reseller dan Dropship – Ada banyak yang menganggap kedua istilah tersebut sama. Kenyataannya…
4 Cara Membagi Waktu Pekerjaan Utama dan Sampingan

4 Cara Membagi Waktu Pekerjaan Utama dan Sampingan

Memiliki pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan tentu saja memiliki tantangan sendiri. Kamu harus dapat membagi waktu dalam melakukan dua pekerjaan sekaligus. 4 Cara Membagi Waktu Pekerjaan Utama dan Sampingan –…
Cara Bisnis Petshop, Simak Selengkapnya

Cara Bisnis Petshop, Simak Selengkapnya

Pada awalnya bisnis petshop sangat jarang bahkan tidak ada. Biasanya bisnis petshop, hanya terdapat di kota besar saja. Namun saat ini bisnis petshop kian menjamur. Bisnis ini menyediakan berbagai macam kebutuhan hewan…